Apa Itu Pilates?

category: Training

Pilates mulai menjadi trend dalam dunia kebugaran. Namun, muncul pertanyaan dalam benak kita, apakah latihan ini akan tetap populer dalam jangka waktu yang lama?. Latihan pilates menghubungkan fokus pada pikiran dan tubuh yang kuat dalam rangka meningkatkan kekuatan tubuh secara menyeluruh. Inilah alasan kuat yang menjadikan latihan pilates akan tetap bertahan dan bahkan tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun.

Fokus Pilates adalah pada kualitas bukan kuantitas

Secara umum, latihan pilates berbeda dengan latihan yoga. Latihan pilates masih mempunyai sebuah fokus yang berbeda dan memberikan hasil yang berbeda. Apa yang membuat Pilates berbeda dari Yoga adalah bahwa Pilates lebih terfokus pada menstabilkan dan memperkuat otot panggul dengan dinamis serta keseimbangan antara kekuatan dan kelenturan otot perut. Sedangkan Yoga lebih menekankan pada fleksibilitas pada tubuh.

Tidak seperti banyak program pelatihan lain, Pilates mampu membuat seluruh bagian tubuh terlatih dengan baik. Latihan ini lebih menekankan pada kekuatan, kontrol, ketepatan dan konsentrasi dalam pikiran dan tubuh. Gerakan pada latihan pilates tidak dilakukan dengan cepat atau diulang secara berlebihan, namun lebih berfokus pada kualitas daripada kuantitas latihan.