Apakah Anda Tahu Tipe Tubuh Anda?

category: Training

body types Apakah Anda Tahu Tipe Tubuh Anda?

Manusia memiliki bentuk dan tipe tubuh yang berbeda satu sama lain. Perbedaan mencolok dapat dilihat antara pria dan wanita. Adalah William H. Sheldon, seorang ahli psikologi di Amerika yang menggagas dan memperkenalkan teori “somotype” yang membagi manusia ke dalam 3 tipe tubuh yang berbeda. Teori Sheldon ini menjadi pedoman dalam penelitian tentang berat badan, olahraga, dan bodybuilding.

Karakter tubuh setiap orang mungkin akan masuk kedalam beberapa tipe yang ada, tidak hanya satu tipe saja. Sheldon membedakan tipe tubuh ke dalam 3 kategori, yaitu: Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph.

Berikut ini adalah 3 tipe tubuh yang disebutkan:

  1. Ectomorph
    Ectomorph adalah bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun otot di tubuh semacam ini. Pertumbuhan berat badan dan otot membutuhkan kesabaran karena memakan waktu lebih lama untuk mencapai dan sulit untuk mempertahankannya.
     
    Tipe ectomorph ini sangat ramping dengan hanya sedikit lemak tubuh dan massa otot. Tipe tubuh ini cocok untuk menjadi atlet dengan keahlian seperti lari maraton jarak jauh atau model. Tipe ectomorph harus memakan lebih banyak kalori dalam diet untuk menambah berat badan.
     
    Tips latihan: lakukan lebih banyak latihan beban untuk membangun otot dengan sedikit repetisi dan beban yang berat. Waktu istirahat harus cukup banyak, pisahkan waktu latihan 2 sampai 3 hari untuk istirahat menuju latihan berikutnya.
     
  2. Mesomorph
    Ini adalah tipe tubuh idaman. Mesomorph adalah bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh padat dan berotot dengan tampilan yang kekar. Tipe tubuh ini biasanya paling mudah membentuk tubuh dan mendapatkan massa otot optimal.
     
    Rekomendasi latithan: latihan beban sebanyak minimal 3 kali per minggu dan aerobik setiap hari atau pada hari tertentu. Prioritaskan latihan untuk mencapai tujuan Anda.
     
  3. Endomorph
    Karakter tubuh endomorph biasanya ditunjukan pada mereka yang memiliki bentuk badan yang bulat, gempal dan biasanya bertubuh besar. Orang dengan tipe tubuh ini sulit untuk menurunkan berat badan. Diet sehat dan olahraga teratur sangat penting untuk dilakukan oleh orang yang memiliki tipe tubuh ini. Porsi makanan harus lebih kecil dan lebih sering, tetapi dengan gizi yang seimbang. Makan setiap 3 jam sekali atau sebanyak 6 kali sehari untuk melancarkan metabolisme. Kurangi karbohidrat dan perbanyak protein dalam diet.
     
    Rekomendasi latihan: latihan aerobik secara teratur seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda. Lari selama 30 menit per hari sebanyak 5 kali seminggu. Lakukan juga latihan beban secara rutin 4-5 kali per minggu dengan istirahat yang cukup antar sesi latihan.

Tipe Tubuh Apakah Anda?
Kira-kira Anda termasuk tipe yang mana? Apapun tipe tubuh yang dimiliki, bukan berarti Anda hanya bisa pasrah. Anda tentu harus berusaha untuk menjaga serta membentuk tubuh dengan baik. Kerja keras, komitmen, dan ketekunan akan membuat Anda berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Semoga berhasil!