Apakah Kita Membutuhkan Suplemen Untuk Menurunkan Berat Badan?

category: Training

 Apakah Kita Membutuhkan Suplemen Untuk Menurunkan Berat Badan?Apakah kita membutuhkan suplemen untuk menurunkan berat badan? Industri suplemen pembakar lemak selama ini sudah menjadi industri jutaan dollar karena semua orang berjuang ingin menurunkan berat badannya dan para perusahaan suplemen berlomba-lomba menciptakan banyak sekali produk pengurus. Tetapi apakah kita benar-benar membutuhkannya? Bisakah kita menurunkan berat badan tanpa suplemen?

Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa iya tetapi bisa juga tidak. Seperti halnya kita ingin pergi dari kota A ke kota B yang berjarak 20km. Apa kita perlu menggunakan mobil untuk mencapai kota B? Apakah tidak ada jalan lain selain menggunakan mobil? Tentu saja tidak. Kita masih bisa menggunakan sepeda motor, bahkan kita masih bisa mencapainya dengan mengayuh sepeda.

Kembali lagi ke pertanyaan apa kita membutuhkan suplemen untuk menurunkan berat badan? Yang pertama harus diperhatikan adalah asupan protein kita sehari-hari. Banyak dari kita kekurangan protein dan kelebihan karbohidrat sehingga berat badan kita selalu bertambah. Anda bisa menggunakan BMR Calculator di http://www.duniafitnes.com/tools untuk menghitung kebutuhan kalori Anda sehari-hari. Sebagai contoh, pilih sistem Metric sehingga Anda bisa menggunakan satuan yang kita kenal di Indonesia yaitu centimeter dan kilogram. Pilih ‘Male’ untuk laki-laki dan masukkan informasi yang lain. Misalnya, Age kita isi 25, kemudian Weight 80kg dan Height 170cm. Kemudian pilih Activity Level yang menunjukkan tingkat keaktifan Anda. Misalnya Anda tidak pernah berolah raga sama sekali, dan hanya bekerja di belakang meja maka pilihlah Sedentary – none or very little exercise. Setelah itu klik ‘Calculate’ untuk meghitung hasilnya. Maka akan muncul hasil perhitungan kalori sehari untuk mempertahankan berat Anda yaitu 2532 kalori dan apabila Anda ingin menurunkan berat badan, makan jumlah kalori yang harus Anda konsumsi adalah 2032.

 Apakah Kita Membutuhkan Suplemen Untuk Menurunkan Berat Badan?Beranjak dari sini, untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, kebutuhan akan Protein adalah sekitar 30%, Karbohidrat adalah 50% dan Lemak 20% dalam sehari. 30% Protein dari 2032 adalah 609 kalori. Seperti yang kita ketahui bahwa 1 gram Protein sama dengan 4 kalori, maka apabila kita membutuhkan 609 kalori berarti kita membutuhkan 152 gram protein dalam sehari. Dapat kita lihat bahwa dada ayam rebus mengandung 29 gram protein per 100 gram dada ayam. Tetapi kita membutuhkan 152 gram, jumlah yang sangat besar. Apabila kita mampu makan 500 gram dada ayam sehari maka kita akan mencukupi kebutuhan kita. Tetapi apakah kita mampu makan sebanyak itu? Kalau kita makan soto ayam misalnya, ayamnya bahkan tidak ada 100 gram melainkan cuma beberapa lembar saja bukan. Misalnya kita berhasil mengkonsumsi 300 gram dada ayam sehari, maka kebutuhan kita baru terpenuhi 90 gram saja. masih kurang 62 gram. Pada saat inilah kita membutuhkan tambahan suplemen berupa whey protein yang terbuat dari susu sapi yang dibuang lemaknya.

Protein adalah salah satu nutrisi dasar yang kita butuhkan saat berdiet. Jadi apakah kita membutuhkan suplemen protein? Jawabnya adalah ya kalau Anda kekurangan dalam kebutuhan sehari-hari dan jawabnya adalah tidak kalau Anda bisa mencukupi kebutuhan Anda dalam sehari. Sekarang Anda sudah menghitung sendiri kebutuhan Anda sehari hari.

Lalu bagaimana dengan berbagai dengan berbagai macam fat burner? Fat burner datang dalam berbagai macam bentuk dan komposisi dengan tujuan untuk membantu Anda mengurangi lemak di tubuh. Ada satu hal penting yang Anda perlu ingat ketika Anda hendak memakai fat burner. Sebenarnya apabila metabolisme tubuh Anda sudah berada di jalur yang benar dan tidak kekurangan gizi, maka berat badan Anda pun pasti akan turun ke titik ideal, dan fat burner tidak diperlukan. Tetapi fat burner bisa membantu Anda mencapai berat badan ideal lebih cepat lagi.

Perlukah menggunakan fat burner? Untuk yang satu ini semuanya terserah kembali kepada Anda, hanya satu yang perlu saya ingatkan, bahwa apabila metabolisme Anda belum berada di jalur yang benar, maka penggunaan fat burner APAPUN tidak akan membantu Anda sama sekali.

Semoga membantu