Bagaimana Memilih Bra yang Tepat? Simak 5 Tip Ini!

category: Training

Selain sebagai pelindung payudara, bra juga menjadi fashion untuk mempercantik tubuh wanita. Memilih bra yang tepat tak hanya baik untuk meningkatkan rasa percaya diri, tapi juga dapat menjaga kesehatan tubuh terutama di bagian payudara.

 Bagaimana Memilih Bra yang Tepat? Simak 5 Tip Ini!

Berikut 5 tip bagaimana memilih bra yang tepat untuk Anda.

  1. Pilih Dari Bahan Katun
    Pilihlah bra yang terbuat dari bahan katun atau serat mikro karena akan memberikan rasa nyaman saat dikenakan. Bahan dasar katun dapat mengikuti kontur tubuh dan memiliki pori-pori, sehingga memungkinkan kulit disekitar payudara dapat bernapas lebih leluasa.
  2. Temukan Ukuran yang Tepat
    Ukuran bra biasanya ditentukan oleh lingkar tubuh bagian dada dan besarnya payudara. Ukuran lingkar dada biasanya ditunjukkan dengan angka 32, 34, 36 (AS) atau 79, 75, 80 (untuk ukuran Eropa/Internasional). Sedangkan besarnya payudara ditunjukkan dalam huruf, misalnya A, B, C, dan seterusnya. Bila ukuran payudara Anda berbeda antara kanan dan kiri, maka pilihlah ukuran yang lebih besar sebagai patokan.
  3. Pilih Bra dengan Tali Elastis
    Tali bra yang elastis, tidak terlalu kaku tapi juga tidak terlalu kendur. Tali bra yang terlalu kaku dapat menyebabkan nyeri otot. Terutama di bagian otot bahu. Tali yang terlalu kendur juga dapat membuat payudara Anda terlihat kendur. Oleh karena itu pilihlah tali bra yang benar-benar nyaman dan elastis agar terhindar dari cedera.
  4. Coba Sebelum Beli
    Memang tidak semua toko mengijinkan untuk mencoba bra sebelum membelinya. Tapi jika diperbolehkan sebaiknya Anda mencobanya lebih dulu. Bra yang tepat dapat memberikan kenyamanan dan menahan payudara Anda dengan baik. Jangan termakan dengan informasi yang diberikan pramuniaga karena Anda sendiri yang dapat menentukan kenyamanan bra tersebut.
  5. Gunakan Bra khusus Olahraga
    Saat Anda berolahraga dianjurkan untuk mengenakan bra yang dirancang khusus untuk berolahraga. Bra untuk olahraga biasanya digunakan untuk mengurangi goncangan payudara saat berolahraga, sehingga biasanya didesain tidak berkerangka dan memiliki tali yang besar.

Pastikan untuk mengganti bra setiap tiga bulan agar payudara tetap tertopang dengan sempurna. Jangan gunakan bra lebih dari dua hari. Selain karena alasan kebersihan, kebiasaan ini dapat mengganggu kesehatan payudara Anda.

BACA JUGA : 3 Tip Mengatasi Kendala Pada Program Fitnes Wanita