Cara Membentuk Otot Terbaik Ala Trainer Of Champions

category: Training

Kemana Anda akan mencari jawaban dari cara membentuk otot Anda? Ke mana lagi kalau bukan ke Vince Gironda. Vince Gironda, seorang atlet binaraga profesional sekaligus personal trainer, dan pemilik Vince Gym yang terkemuka asal Amerika Serikat. Gironda telah menulis berbagai artikel tentang cara membentuk otot dan diet yang dimuat secara rutin di majalah Ironman dan juga dalam bentuk buku.


Prinsip Latihan
Cara membentuk otot bukan semata-mata hanya berorientasi pada ukuran otot saja. Namun, lebih kepada bentuk, simetri, proporsi seimbang, definisi, estetika, dan garis-garis otot klasik yang indah. Vince Gironda menyebutnya cosmetic bodybuilding. Sebuah seni cara membentuk otot tubuh yang kini sudah jarang dijalankan.

Gironda membantu klien yang dilatihnya untuk menciptakan ilusi bentuk otot tubuh. Ia menunjukkan bagaimana cara membentuk otot atas samping (lateral head) deltoid, membentuk otot punggung seperti huruf V, meminimalisir pertumbuhan otot pantat dan pinggul, mengecilkan ukuran lingkar pinggang, dan sebagainya. Menurut Gironda, ukuran saja tapi tak berbentuk adalah aneh sekali.
Tingkatkan Massa Otot Dengan Whey Protein Berkualitas Tinggi DI SINI!
Maksimalkan Kontraksi
Banyak di antara pemula atau amatir yang mengeluhkan susahnya menumbuhkan bagian otot tubuh tertentu. Banyak yang merasa ototnya tidak bisa nge-pump atau tidak bisa merasakan nyeri otot sesudah latihan (sore). Vince Gironda punya solusi melalui cara membentuk otot yang lebih baik, yaitu, tahan gerakan latihan Anda pada posisi puncak kontraksi dalam hitungan 6 detik di setiap repetisi. Cara ini akan memperkuat impuls syaraf yang lemah dan meningkatkan apa yang dikenal dengan “mind-to-muscle connection. Sesudah itu, otot Anda akhirnya akan mulai tumbuh.

Setelah mengalami pertumbuhan otot dengan cara membentuk otot di atas, Anda bisa kembali lagi ke metode latihan Anda seperti biasanya. Namun, pastikan untuk sesekali melakukan cara diatas lagi terutama jika Anda mulai merasa bagian otot tertentu “membandel” untuk tumbuh.

Pertahankan Tegangan Diantara Repetisi
Untuk lebih meningkatkan intensitas dan merangsang pertumbuhan otot, Gironda menyarankan untuk langsung meneruskan repetisi berikutnya tanpa jeda istirahat yang lama. Hasilnya , otot Anda akan terus mengalami kontraksi yang konstan. Cara membentuk otot seperti ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bentuk peningkatan beban latihan. Maksudnya, misalnya Anda sedang melakukan front squat barbell 110 kg sebanyak 10 kali repetisi dengan jeda istirahat beberapa detik diantara repetisi.

Konsentrasi Penuh
Mengucapkannya mungkin tidak semudah menjalankannya. Namun jika Anda menerapkan semua cara membentuk otot tetapi hasilnya masih belum juga optimal, maka faktor konsentrasi mungkin adalah jawabannya. Gironda mengatakan bahwa semua anak didiknya yang berhasil mempunyai keyakinan yang teguh bahwa dirinya akan berhasil. Cobalah melakukan semacam self-hypnosis yang memacu diri sendiri.

Perhatikan Tempo
Gironda juga tidak merekomendasikan interval istirahat yang terlalu lama diantara set gerakan latihan. Bahkan Ia berkata bahwa kunci dari perkembangan otot yang berkualitas adalah melakukan lebih banyak latihan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Cara membentuk otot seperti ini sekarang biasa disebut dengan density training. Gironda merekomendasikan jeda istirahat antar set adalah selama 15-20 detik saja.

Pilihlah salah satu gerakan latihan. Lalu lakukan 10 set kali 10 repetisi. Metode ini tidak sama dengan misalnya melakukan 3 jenis gerakan latihan sebanyak 3-4 set kali 10 repetisi. Cukup satu gerakan sebanyak 10×10. Cara membentuk otot dengan cara ini memungkinkan serat otot terlatih sampai ke intinya.

Isolate the Muscle
Vince Gironda merekomendasikan cara membentuk otot dengan metode latihan terpisah untuk perkembangan otot yang maksimal dan membentuk otot tubuh yang indah. Anda ingin otot lengan terlihat lebar? Fokuskan melakukan gerakan yang melatih bagian serat samping lengan, misalnya melatih otot samping atas deltoid dengan beberapa gerakan lateral raises. Anda ingin otot punggung terlihat seperti huruf V besar? Pilihlah gerakan yang melatih serat otot latissimus dorsi yang memanjang vertikal.

Jadi jika personal trainer Anda menyalahkan cara membentuk otot terpisah yang Anda lakukan, bilang saja, “Ini adalah teknik cosmetic bodybuilding ala Vince Gironda”.