Circuit Training buat Pemula

category: Training

Akhir-akhir ini, nampaknya artikel Circuit Training atau yang biasa disebut CT di DuniaFitnes.com cukup menarik perhatian banyak orang. Circuit Training adalah latihan cardio-resistance, dimana bisa digunakan sebagai pengganti cardio, tetapi memiliki benefit terhadap otot tubuh karena sekaligus melatih otot. Cardio biasa pada umumnya hanyalah seperti jogging di treadmill, sepeda, kelas aerobic. Tetapi CT menggabungkan semuanya.

Beberapa waktu yang lalu di DuniaFitnes.com di posting artikel “The Sixpack Abs Circuit Training”. Banyak sekali yang mengikutinya tetapi beberapa orang nampaknya belum terlalu kuat untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu pada artikel kali ini, saya akan memberikan contoh Circuit Training yang lebih ringan untuk pemula.

Lakukan gerakan ini 2 sampai 3x dalam seminggu:

Squat 20 detik

 

 

 

Push up 20 detik

 

 

 

Jumping jack 20 detik

 

 

 

Mountain Climber 20 detik

 

 

 

 

Istirahat (2 menit, kalau sudah semakin biasa, turunkan jadi 1:30 menit). Ulang semuanya ini 10x.

Circuit Training patokannya adalah waktu, bukan repetisi, sehingga nanti semakin lama, tubuh Anda semakin biasa dan terlatih, sehingga repetisinya akan bisa meningkat dengan sendirinya. Contoh misalnya, squat pertama Anda hanya mampu melakukannya sebanyak 10x dalam 20 detik, tanpa Anda sadari, semakin Anda berlatih CT ini, mungkin minggu depannya Anda sudah berhasil melakukan 12-13x dalam waktu yang sama. Itu berarti badan Anda sudah mendapatkan kemajuan yang luar biasa. Jadi pastikan Anda menggunakan timernya dengan tepat.

Silahkan dicoba di rumah, dan kalau Anda pergi ke gym untuk penurunkan berat badan, lakukan CT ini sebagai pengganti latihan cardio Anda. Jadi misalnya 2 hari Anda latihan beban, hari ketiga boleh menggunakan CT ini.

Note: Dalam contoh ini sebaiknya memisahkan CT dengan latihan beban, jangan digabung di dalam 1 sesi atau Anda akan overtraining. Siap-siap mengubah celana Anda lebih kecil:)

Salam
@dennysantoso

BACA JUGA : Menaikkan Berat Badan Lebih Susah daripada Menurunkannya