Desain Program Circuit Training Anda!

category: Training

Circuit training merupakan rangkaian latihan yang dilakukan secara berurutan dengan menggabungkan latihan kekuatan dan latihan kardio dalam rangkaian latihan. Dalam rangkaian ini terdapat latihan-latihan untuk otot-otot yang berbeda dalam masing-masing latihan tersebut.

Desain Program Circuit Training Anda Desain Program Circuit Training Anda!
Banyak orang menganggap circuit training hanya dilakukan dengan latihan-latihan angkat beban, padahal sebenarnya bisa saja memasukkan latihan-latihan jenis kardio. Circuit training bisa Anda lakukan dalam waktu 2-4 kali dalam seminggu.

Cara Mendesain Circuit Training Anda
Berikut ini cara mendesain circuit training yang baik untuk mendapatkan hasil maksimal latihan Anda

  • Pilih Jenis Latihan Beban Anda
    Pilih jenis latihan beban, latihan beban bisa dilakukan dengan menggunakan beban seperti dumbbell atau alat fitnes lainnya atau bisa juga dengan menggunakan beban berat Anda sendiri (contohnya, push up, crunch, dan lainnya). Pilihlah jenis latihan circuit training yang memungkinkan tubuh Anda terlatih secara merata.
  • Pilih Jenis Latihan Kardio Anda
    Ada berbagai pilihan latihan latihan kardio yang bisa Anda masukkan dalam program circuit training seperti, berlari, bersepeda, berenang, dan latihan kardio lain yang Anda suka. Latihan kardio berguna untuk membakar kalori dan kelebihan lemak tubuh untuk menurunkan berat badan.
  • Bakar Lemak Lebih Cepat Di Sini!

  • Desain Rutinitas Latihan Circuit Anda
    Setelah Anda memilih jenis latihan yang akan Anda lakukan, saatnya untuk mengatur dan menyusunnya menjadi satu urutan yang optimal, panduan umum adalah jangan melatih dua otot yang sama berurutan.
  • Variasi Dan Kombinasikan Latihan Circuit Anda
    Variasikan jenis gerakan dan kombinasikan beberapa jenis latihan circuit Anda, evaluasi setiap bulannya agar Anda mendapatkan hasil yang optimal.

Tips Sebelum Melakukan Circuit Training

  • Jika ini pertama kalinya Anda mendesain circuit training, mulai dengan memilih beberapa jenis latihan saja dan batasi latihan aerobik Anda menjadi 10-15 menit saja per latihan
  • Jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum berlatih
  • Tambahkan jumlah latihan dan repetisi ketika Anda mulai terbiasa dengan circuit training.

Menurut beberapa penelitian, melakukan circuit training 8-20 minggu juga berguna untuk meningkatkan kapasitas paru-paru sebesar 4-8% dan membantu menurunkan kelebihan berat badan. Untuk itu, mulailah latihan Anda.