Hindari Kesalahan-Kesalahan Ini Saat Berlatih

category: Training

Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam tanpa mendapatkan apapun dari latihan yang Anda lakukan. Bahkan tidak jarang, Anda mendapatkan nyeri otot atau cedera yang seharusnya tidak perlu Anda alami. Teknik yang salah, adalah salah satu penyebab ketidakberhasilan Anda dalam berlatih. Inilah alasan mengapa banyak orang segera menghentikan latihan mereka sebelum benar-benar mendapatkan apa yang mereka inginkan.

 Hindari Kesalahan Kesalahan Ini Saat Berlatih
Jika dilakukan dalam waktu yang lama, teknik yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera parah yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk pemulihan sebelum Anda bisa berlatih kembali. Nah, untuk menghindari teknik yang salah saat berlatih, berikut ini ada beberapa contoh latihan yang benar untuk membantu Anda berlatih dengan baik.

Lat Pull Down
Seringkali saat melakukan latihan ini, bar ditarik menuju ke belakang kepala. Latihan yang salah pada gerakan ini bisa menyebabkan pergeseran bahu dan dapat mencederai tulang belakang. Cara berlatih lat pull down yang baik adalah, gunakan pegangan yang lebih luas dari bahu, posisikan bar di atas wajah Anda Anda. Kemudian tarik bar menuju ke arah dada menggunakan kekuatan otot bahu secara bersama-sama. Kontraksikan otot perut untuk menstabilkan tubuh Anda.
 Hindari Kesalahan Kesalahan Ini Saat Berlatih
source : www.webmd.com
Tingkatkan Kekuatan Dan Daya Tahan Otot Anda Selama Berlatih Di Sini!

Military Press
Latihan ini memiliki risiko cedera yang sama dengan latihan lat pull down saat bar diarahkan ke bagian belakang kepala. Agar lebih aman, Anda bisa melakukan latihan ini dengan cara, tahan bar atau dumbbell di depan dada Anda dan jaga tulang punggung Anda dalam posisi netral saat melakukan angkatan. Latihan ini juga bisa Anda lakukan dalam posisi duduk.

 Hindari Kesalahan Kesalahan Ini Saat Berlatih
source : www.webmd.com

Upright Row
Gerakan menarik beban menuju dagu dalam latihan ini dapat memampatkan saraf di daerah bahu sehingga meningkatkan potensi cedera otot bahu. Ada latihan yang lebih aman bagi pemula sebagai pengganti latihan upright row, yaitu lateral shoulder raise. Latihan ini memungkinkan Anda menggerakkan beban ke depan dan ke samping tubuh, sehingga dapat meminimalisir cedera.

 Hindari Kesalahan Kesalahan Ini Saat Berlatih
source : www.webmd.com

Leg Press
Kesalahan pada latihan leg press biasanya terjadi karena kaki Anda menekuk terlalu dalam melebihi 90 derajat, sehingga membuat otot punggung dan lutut Anda nyeri. Latihan leg press yang baik seharusnya, kaki membentuk sudut tidak lebih dari 90 derajat dan jaga pinggul Anda tetap stabil selama latihan.

 Hindari Kesalahan Kesalahan Ini Saat Berlatih
source : www.webmd.com

Squat Dengan Smith Machine
Saat squat menggunakan bantuan alat, posisi kaki cenderung terlalu jauh ke depan, sehingga tidak mendapatkan tumpuan yang ideal. Pada dasarnya latihan squat bisa Anda lakukan tanpa bantuan alat apapun. Latihan ini bisa menggunakan berat badan sebagai beban latihan, sehingga lebih aman untuk dilakukan.

 Hindari Kesalahan Kesalahan Ini Saat Berlatih
source : www.webmd.com

Latihan Untuk Mengurangi Lemak Pada Bagian Tertentu
Banyak orang yang salah mengerti bahwa dengan melakukan latihan pada bagian tertentu tubuh dapat mengurangi lemak di bagian tubuh tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa tubuh menentukan sendiri di bagian mana lemak tubuh akan dibakar. Untuk membakar lemak berlebih, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan latihan kardio dengan intensitas tinggi.

Menggunakan Sabuk Angkat Beban
Anda mungkin pernah menggunakan sabuk pengaman saat melakukan angkat beban. Menggunakan sabuk pengaman memang tidak dilarang, namun jika Anda menggunakannya terlalu sering maka hal ini dapat mengendurkan otot perut Anda. Gunakan sabuk pengaman hanya apabila Anda mengalami cedera punggung atau alasan medis lainnya.

 Hindari Kesalahan Kesalahan Ini Saat Berlatih
source : www.webmd.com

Menggunakan Sepatu Yang Kurang Tepat
Sepatu memiliki peran yang besar sebagai penunjang latihan Anda. Daripada memilih sepatu yang asal-asalan untuk berolahraga, pilihlah sepatu yang dirancang khusus untuk berolahraga yang dapat menjauhkan Anda dari risiko cedera. Sebaiknya biasakan menggunakan sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga dan tidak membiasakan menggunakan sepatu asal-asalan untuk segala latihan. Sepatu juga harus sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki, dan jangan terlalu dipaksakan.

Berlatih membutuhkan lebih dari sekedar semangat untuk melakukannya. Lebih dari itu, penguasaan teknik latihan yang tepat juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan, agar latihan yang Anda lakukan bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Gabung dan dapatkan informasi seputar kebugaran dan gaya hidup sehat dalam forum diskusi SixReps.Com di sini!