Kenapa Anda Perlu Banyak Istirahat Untuk Menambah Berat Badan?

category: Training

sleep for weight Kenapa Anda Perlu Banyak Istirahat Untuk Menambah Berat Badan?

Kita sering mendengar bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu buruk, dan ini berlaku juga dalam hal latihan. Orang cenderung berpikir bahwa melakukan latihan keras akan membantu menambah berat badan lebih cepat. Tapi ini lebih merupakan mitos daripada fakta, karena latihan yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti:

  • Cedera
  • Kejenuhan
  • Produktivitas rendah
  • Berat badan kurang atau kenaikan berat badan tidak optimal

Setelah melakukan latihan berat, istirahat sangat diperlukan karena beristirahat membantu membangun jaringan otot baru yang telah rusak akibat latihan berat dan butuh waktu beberapa lama untuk membuat jaringan tubuh bisa benar-benar pulih, sehingga yang sebenarnya terjadi adalah bahwa otot akan tumbuh pada waktu Anda beristirahat. Itulah sebabnya Anda harus menunggu sampai rasa sakit atau nyeri yang Anda rasakan setelah latihan sudah benar-benar hilang sebagai tanda bahwa Anda telah benar-benar pulih.

Melakukan latihan sebelum otot sudah diperbaiki sepenuhnya dapat memiliki efek negatif bagi tubuh Anda. Jika Anda memulai latihan sebelum perbaikan dan pemulihan otot Anda optimal, maka otot-otot Anda akan rusak lagi karena akan terjadi pemecahan otot Anda lagi, sehingga perbaikan jaringan otot yang terjadi selama Anda beristirahat pun akan sia-sia. Ini adalah salah satu alasan sebagian besar orang yang melakukan usaha keras dengan melakukan latihan lebih sering dan tidak mendapatkan istirahat yang cukup akan mendapatkan hasil kenaikan berat badan yang lebih rendah daripada yang mereka harapkan. Inilah kesalahan banyak orang yang ingin menambah berat badan, yaitu melakukan latihan berat tanpa mempertimbangkan istirahat mereka.

Dengan beristirahat untuk memulihkan otot Anda sepenuhnya, akan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan hasil paling optimal dari latihan Anda, yaitu dengan bertambahnya massa otot secara optimal. Satu latihan yang dilakukan dengan cara yang benar, didukung oleh asupan nutrisi dan istirahat yang cukup, akan sama dengan 10 latihan yang dilakukan tanpa istirahat yang baik.

Alasan penting lain untuk mendapatkan istirahat berhubungan dengan metabolisme. Jika Anda berlatih terlalu sering atau terlalu lama, maka itu akan meningkatkan metabolisme Anda sehingga menyebabkan pembakaran kalori lebih cepat dan dalam jumlah lebih banyak. Dengan mengurangi durasi dan intensitas latihan Anda, secara tidak langsung tubuh Anda akan membakar kalori lebih sedikit dan karena Anda akan membakar kalori lebih sedikit, maka kenaikan berat badan Anda akan lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat.

Jadi sebaiknya Anda tidak mencoba untuk melatih kelompok otot yang sama lebih dari dua kali dalam seminggu, tetapi berikan istirahat bagi kelompok otot Anda tersebut satu atau dua hari sebelum kembali melatihnya lagi. Tidak disarankan juga untuk melakukan jenis latihan yang sama lebih sering karena bisa menimbulkan cedera akibat adanya stres yang berulang.

Melakukan latihan yang sering tanpa istirahat akan memberikan lebih banyak kerusakan daripada hasil positif yang Anda peroleh, jadi lebih baik untuk beristirahat dalam waktu yang cukup kemudian kembali segar dan bersemangat daripada merusak tubuh Anda sendiri. Selamat berlatih!