Latihan Beban dengan Aman

category: Training
Latihan Beban dengan Aman

Latihan Beban dengan Aman @ Dunia Fitnes

Tidak seorang pun datang ke gym dan berencana untuk cedera. Namun, hampir tiap orang pasti pernah mengalami cedera, saat melakukan latihan beban untuk mendapatkan tubuh yang diidamkan. Ada beberapa langkah yang mudah diterapkan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko cedera saat latihan beban.

Langkah 1 – Warm-Up atau Pemanasan

Hal ini mungkin terdengar sangat klise, tetapi banyak para pelaku fitnes, terutama yang masih muda, terlalu bersemangat untuk latihan beban dan melewatkan pemanasan dengan alasan untuk menghemat waktu. Ini adalah kesalahan besar. Pemanasan yang tepat akan meningkatkan suhu tubuh Anda, sehingga metabolisme Anda juga akan siap untuk latihan beban berat sekalipun. Selain itu, otot yang telah melalui proses pemanasan dapat menyerap oksigen lebih efektif, sehingga dapat mencegah terjadinya kelelahan. Pemanasan bisa berupa latihan kardio selama 5-10 menit di treadmill atau sepeda statis.

Langkah 2 – Stretching atau Peregangan

Kegagalan untuk meregang akan membuat otot Anda makin kurang fleksibel dari waktu ke waktu, sehingga latihan beban Anda malah bisa sia-sia. Sebagai tambahan, peregangan antar set dapat meluruhkan asam laktat, dan bersamaan dengan itu juga membawa nutrisi, sehingga membuat Anda lebih kuat untuk melanjutkan ke set berikutnya. Peregangan juga dapat membantu Anda untuk pulih lebih cepat antara sesi latihan.

Langkah 3 – Seimbang

Ada 2 sisi mata uang dalam hal ini, seimbang dalam artian Anda berdiri dan duduk saat Anda melakukan latihan beban harus dalam posisi yang baik dan benar, dan juga seimbang dalam konteks kekuatan otot. Anda harus yakin bahwa otot Anda berada dalam kondisi yang kuat. Salah satu cara meningkatkan kekuatan otot Anda adalah dengan melakukan latihan beban. Menurut Mitchel Beazley, dalam buku The Complete Book of Men’s Health, latihan beban juga dapat mencegah kehilangan massa tulang atau osteoporosis, yang berisiko menimbulkan cedera.

Langkah 4 – Pencegahan yang Aman

Salah satu yang berperan penting dalam pencegahan cedera adalah pengetahuan tentang peralatan yang digunakan untuk latihan beban. Selain itu hati-hatilah juga dengan tehnik yang Anda pergunakan dalam melakukan latihan beban. Kesalahan teknik memegang beban dapat berakibat fatal bagi otot Anda. Jadi selalu tanyakan kepada trainer Anda tentang penggunaan alat dan tehnik yang benar dalam berlatih. Jika Anda sudah merasakan sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda, segeralah beristirahat. Jangan memaksakan diri Anda karena akan memperparah cedera yang Anda alami.

Jadi mulailah berlatih dengan aman dan hindarilah cedera dengan langkah-langkah sederhana tersebut. Ingat kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?