Lebih Dekat dengan Michael Chandler, Sang Jawara Bellator Fighting Championship

category: Training

Fitness mania mungkin masih ingat olahraga pertarungan gaya bebas Ultimate Fighting Championship (UFC) yang dulu tahun 2000-an sempat fenomenal di layar kaca Indonesia. Kini, pertandingan mixed martial arts (MMA) terbesar kedua di Amerika Serikat yaitu Bellator Fighting Championship juga menjadi buah bibir di kalangan penggemar pertarungan gaya bebas ini.

 Lebih Dekat dengan Michael Chandler, Sang Jawara Bellator Fighting Championship

Salah satu petarung terbaik Bellator yang saat ini tengah naik daun adalah Michael Chandler asal Las Vegas, Amerika Serikat. Namun sebelum kita mengupas profil Chandler lebih dalam, kita kenali dulu apa itu Bellator Fighting Championship.

Bellator Fighting Championship

Didirikan oleh Bjorn Rebney pada tahun 2008, Bellator pertama kali dipertandingkan tanggal 3 April 2009. Bellator memakai sistem turnamen sehingga peserta dapat memilih pertandingan sesuai berat badannya. Peserta Bellator terbuka untuk umum dari seluruh dunia dengan aturan bertanding Unified Rules of Mixed Martial Arts. Setiap pertandingan dibagi dalam 5 ronde untuk Championship dan 3 ronde untuk non-Championship.

 Lebih Dekat dengan Michael Chandler, Sang Jawara Bellator Fighting Championship

Masing-masing ronde berdurasi 5 menit dengan istirahat 1 menit antar ronde. Bellator dibagi dalam 7 kelas berat badan untuk pria yaitu Bantamweight (61,2 kg), Featherweight (65,8 kg), Lightweight (70,3 kg), Welterweight (77,1 kg), Middleweight (83,9 kg), Light Heavyweight (93 kg), dan Heavyweight (120,2 kg). Sementara kategori wanita terbagi dalam kelas 115 pounds (57,5 kg), 125 pounds (62,5kg), 135 pounds (67,5 kg), dan 145 pounds (72,5 kg). Juara setiap kelas akan mendapat gelar Bellator World Champion dan hadiah uang U$D 100,000. Luar biasa!

Tingginya minat para penggila olahraga ‘ekstrim’ ini membuat MMA bekerjasama dengan perusahaan hiburan Viacom dan Fremantle Entertainment, terus menyelenggarakan musim pertandingan. Nah, musim yang terbaru, yaitu Season 6, hadir untuk pertama kalinya di Indonesia 28 Mei 2012 yang lalu melalui saluran televisi KIX (Channel 427) dalam salah satu paket televisi satelit yang tayang setiap Senin pukul 8 malam.

Saat ini Bellator Fighting Championship dipuji banyak kritisi karena menyajikan pertandingan yang sangat berkualitas, turnamen terbaik, dan juara terbaik dibandingkan dengan UFC. Tak heran Bellator memakai motto, “Where title shots are earned, not given…

 Lebih Dekat dengan Michael Chandler, Sang Jawara Bellator Fighting Championship

Nah, salah satu petarung Bellator terbaik adalah Michael Chandler. Michael Chandler, adalah petarung MMA (mixed martial artist) yang belum terkalahkan dalam 10 kali pertandingan Bellator sehingga berhasil meraih gelar Bellator Lightweight Champion di pertandingan Bellator 58 dengan mengalahkan Eddie Alvarez dan menjuarai Bellator Season Four: Lightweight Tournament.

Kini Chandler juga tengah menikmati popularitasnya di dunia hiburan karena promosi yang gencar oleh anak perusahaan Viacom yaitu MTV2 yang menjadi sponsor Bellator. Meski menjadi bintang, Michael Chandler dikenal sangat rendah hati, relijius, dan dermawan sehingga ia dijuluki the Blessed Champion. Ia memiliki clothing line bernama Blessed Threads di mana 10% dari setiap hasil penjualan Blessed Threads T-Shirt akan didonasikan ke yayasan kanker anak-anak.