Membentuk Otot Dengan Benar

category: Training

 Membentuk Otot Dengan Benar

Untuk membentuk otot, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat rencana dan memiliki tujuan yang spesifik. Latihan beban sangat baik untuk meningkatkan kekuatan, menambah massa otot Anda, atau pembentukan tubuh. Artikel ini akan berfokus pada teknik-teknik yang dibutuhkan untuk membentuk dan meningkatkan massa otot.

Untuk menambah massa otot, maka Anda harus merusak otot-otot dalam tubuh untuk kemudian diperbaiki dalam proses pembangunan otot. Berikan tekanan dan beban yang tepat, maka tubuh Anda secara efisien akan memperbaiki dengan membuat jaringan otot baru yang lebih kuat dan besar.

Berikut adalah beberapa tips penting untuk menambah massa otot dengan cara yang benar:

  1. Beri Otot Anda Makanan Yang Baik
    Otot Anda membutuhkan protein untuk dapat tumbuh dan berkembang, diet berprotein tinggi akan membantu Anda mendapatkan pertumbuhan otot yang maksimal. Banyak orang salah kaprah saat makan. Sebagian orang menganggap porsi makan yang besar merupakan cara yang baik untuk membangun otot, padahal akan lebih baik jika Anda makan sedikit-sedikit tetapi lebih sering. Anda harus makan sebelum latihan. Konsumsi protein shake juga sangat disarankan. Yang sangat penting untuk diperhatikan adalah diet Anda juga harus mencakup kalori, protein, vitamin, lemak baik, mineral dan air dalam jumlah yang cukup.

  2. Fokus Pada Rencana dan Tujuan
    Pertama, identifikasi tujuan Anda lebih spesifik. Misalnya: “Untuk mendapatkan massa otot yang lebih besar,” .Hal ini tidak spesifik. Pertanyaannya adalah seberapa besar massa otot yang ingin Anda dapatkan? Cobalah untuk membuat target berat angkatan beban Anda, atau target berdasarkan pengukuran dada, dan sebagainya. Tujuan yang spesifik akan membuat Anda berusaha untuk mencapai suatu hasil tertentu.

    Jika Anda telah membuat tujuan, selanjutnya Anda hanya perlu untuk menyusun rencana yang memungkinkan Anda untuk mencapainya. Untuk mengantisipasi latihan Anda menyimpang dari rencana, Anda perlu menentukan jangka waktu untuk latihan. Membentuk otot tidak bisa instan, sehingga lakukan yang terbaik, dan tetap dapatkan motivasi untuk mendapatkan massa otot yang diharapkan.

  3. Kuasai Teknik Dengan Baik
    Sebelum Anda menambahkan beban 20 kg ke bar, tanyakan pada diri Anda “Apakah Anda siap dengan risiko melukai diri sendiri?” Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sesi latihan, pastikan Anda mengangkat beban dengan benar dan sesuai kemampuan Anda. Kebiasaan buruk akan menyebabkan teknik yang buruk yang berdampak cedera. Jika Anda tidak yakin apakah Anda mengangkat beban dengan benar, cobalah bertanya dan meminta masukan dari orang yang kompeten. Sebagai contoh, Anda sering melihat orang melengkungkan punggung mereka dan berjuang untuk mengangkat beban yang sangat berat. Jika Anda melakukan angkatan dengan benar, otot Anda akan mempelajari teknik yang benar dan Anda akan mendapatkan hasil yang optimal dari latihan.

  4. Identifikasi Kelemahan Anda
    Kelompok otot yang sedang dalam proses perkembangan sering menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat daripada yang sudah lebih dulu berkembang. Dengan pengalaman yang Anda miliki dari latihan selama ini, cobalah identifikasi daerah otot yang masih lemah dan jadikan otot-otot tersebut sebagai target latihan.

Empat tips ini hanyalah sekedar kata-kata jika Anda tidak membuktikannya. Jadi, lakukan tips di atas untuk membantu Anda membangun dan meningkatkan massa otot dengan benar. Rencanakan goal Anda! Rencanakan latihan, dan dapatkan hasil yang maksimal! Selamat berlatih!