Mengenal Manfaat Suplemen Bagi Tubuh Anda

category: Training

Setiap hari, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dengan baik. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya, Anda membutuhkan bantuan suplemen.


Suplemen merupakan makanan pendamping bukan pengganti makanan. Suplemen makanan pada umumnya mengandung vitamin dan mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Berikut manfaat mengkonsumsi suplemen bagi tubuh Anda.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Beberapa gangguan metabolisme dan pencernaan, dapat mempengaruhi penyerapan makanan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan menurunnya asupan nutrisi dalam tubuh. Di sinilah peran suplemen. Mengkonsumsi suplemen dalam jumlah yang cukup membantu meningkatkan metabolisme dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  • Membantu Diet Vegetarian
    Bagi Anda yang menjalankan diet vegetarian, tentunya tidak mengkonsumsi makanan hewani. Padahal di satu sisi, makanan hewani banyak menyediakan sumber nutrisi penting bagi diet Anda, seperti protein, vitamin dan mineral. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini, sayuran dan buah-buahan merupakan makanan pengganti yang baik bagi Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan suplementasi protein, vitamin, dan mineral untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.
  • Cukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Anda Di Sini!

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Mengingat tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, maka tubuh memerlukan sumber vitamin dari luar. Contohnya vitamin C. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit, sekaligus sebagai antioksidan yang dapat membantu mengatasi kerusakan otot saat melakukan latihan beban.
  • Meningkatkan Kesehatan Wanita
    Pre Menopause: Wanita dengan masa menstruasi yang berat dapat kehilangan begitu banyak zat besi tiap bulannya. Mereka jarang mendapatkan jumlah zat besi yang cukup untuk menggantikan sel darah yang hilang. Suplementasi zat besi berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah dan efektif untuk mencegah anemia.

    Kehamilan: Wanita hamil disarankan mengonsumsi 400 mcg asam folat per hari untuk mengurangi resiko cacat lahir. Mengkonsumsi asam folat dalam jumlah cukup dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat hingga 70%.
    Wanita lahir dan menyusui juga perlu mengonsumsi suplemen seperti zat besi dan vitamin D untuk menyediakan nutrisi yang mereka butuhkan untuk jaringan-jaringan pada janinnya.

    Kesehatan tulang: Kalsium dan vitamin D sangatlah penting bagi mereka yang berada pada resiko osteoporosis. Tidak semua orang bisa mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Alternatifnya adalah menambahkan suplementasi kalsium dan vitamin D sesuai dengan kebutuhan.

Mengkonsumsi suplemen memang dianjurkan. Namun jangan pernah meresepkan sendiri suplemen yang Anda konsumsi. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi berpengalaman sebelum Anda mulai mengkonsumsi suplemen, untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.