Panduan Dan Manfaat Berlatih Barbell Squat Untuk Anda

category: Training

Barbell squat merupakan latihan compound yang berguna untuk melatih beberapa kelompok otot dalam satu gerakan latihan. Latihan ini merupakan variasi dari latihan squat. Yang membedakan hanyalah, ketika Anda melakukan squat, kedua tangan Anda harus memegang barbell.

 Panduan Dan Manfaat Berlatih Barbell Squat Untuk Anda
Berlatih barbell squat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh Anda. Dengan syarat latihan ini Anda lakukan dengan teknik dan cara yang benar. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlatih barbell squat, beserta langkah-langkah melakukan latihan barbell squat yang baik dan benar.

Panduan Berlatih Barbell Squat
Genggam barbell dan letakkan dibelakang leher atau tengkuk Anda. Berikan jarak kedua kaki Anda sedikit lebih lebar dari bahu. Hal ini diperlukan agar selama latihan tubuh Anda memiliki kuda-kuda yang kuat. Pastikan tubuh dan barbell Anda dalam keadaan seimbang. Kemudian lakukan gerakan squat seperti biasa. Jangan lupa untuk mengkontraksikan otot perut dan jaga agar posisi punggung Anda tidak membungkuk. Agar dapat mengenai semua otot yang terlibat, terapkan full range of motion atau gerakan penuh saat melakukan latihan ini. Saat menurunkan beban, usahakan lutut berada sedekat mungkin ke dada agar kaki dapat diluruskan dengan maksimal saat mendorong.

 Panduan Dan Manfaat Berlatih Barbell Squat Untuk Anda

Manfaat Berlatih Barbell Squat

  • Melatih Otot Paha
    Salah satu kelompok utama dari otot-otot yang bekerja saat berlatih barbel squat adalah otot paha depan dan paha belakang. Otot-otot ini adalah kelompok otot yang pertama kali terlibat saat berlatih barbell squat. Latihan ini juga efektif untuk meningkatkan massa otot di sekitar paha dan meningkatkan stabilitas gerakan selama latihan ataupun saat Anda beraktivitas.
  • Mengencangkan Otot Perut
    Ingin miliki otot perut sixpack? Latihan barbell squat bisa membantu Anda mewujudkannya. Ketika melakukan barbell squat, otot perut adalah otot kedua yang ikut terlibat. Otot perut bekerja dengan cara berkontraksi selama mengangkat barbell dan saat melakukan squat. Seiring gerakan barbell squat, otot perut akan menjaga keseimbangan dan stabilitas antara tubuh bagian atas dan bagian bawah. Jika dilakukan dengan tepat, latihan ini juga berguna untuk meningkatkan keseimbangan tubuh Anda secara keseluruhan.
  • Mengencangkan Otot Glutes
    Otot glutes adalah bagian otot lain yang turut terlatih saat berlatih barbell squat. Saat Anda melakukan latihan ini, Anda akan mendapatkan otot gluteal (pantat) yang lebih kencang dan ideal. Memiliki otot glutes yang indah akan memperbaiki penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Agar latihan yang Anda lakukan dapat membuahkan hasil maksimal dan aman, sebaiknya Anda menggunakan jasa personal trainer atau bantuan teman yang memiliki pengetahuan lebih tentang cara melakukan barbell squat yang baik dan benar. Selamat berlatih.