Panduan Latihan Squat dengan Baik

category: Training
latihan squat Panduan Latihan Squat dengan Baik

Panduan Latihan Squat dengan Baik @ DuniaFitnes.com

Latihan beban dengan squat merupakan latihan yang sangat baik terutama terutama otot-otot dari paha, pinggul dan pantat, serta memperkuat tulang, ligamen dan penyisipan dari tendon di seluruh tubuh bagian bawah. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mencegah cedera, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Awal yang Tepat
Lebarkan jarak antara kedua kaki Anda agar bisa mengangkat bar dalam posisi rendah. pastikan kepala berada dalam posisi yang tegak dan dada dibusungkan. Hal ini untuk membentuk posisi yang baik dan mencegah tekanan yang berlebihan pada punggung bawah Anda karena jika kepala tidak ditegakkan, maka pusat beban dalam tubuh Anda akan berubah.

Duduk semampu Anda sebelum Anda menekuk lutut. Ini akan membuat Anda mampu mulai mengangkat dengan baik dan benar. Gerakan pertama dari squat yang baik adalah menekan paha atau pantat, tidak menekuk lutut lebih dulu. mengawali latihan dengan gerakan yang baik akan membuat Anda bisa melakukan latihan dengan baik pula.

Partner Latihan
Dalam berlatih squat, otot yang terlibat yaitu otot paha, termasuk otot yang besar, sehingga, sehingga membutuhkan beban yang relatif lebih berat. Bantuan dari seorang partner latihan akan membuat kita mampu melakukan latihan ini dengan beban maksimum.

Posisi Bar
Letakkan bar dalam posisi yang rendah. Jika terlalu tinggi, Anda akan memberikan tekanan pada torso sehingga punggung bawah Anda pun akan dipaksa menerima tekanan yang sangat besar.

Gerakan Penuh
Agar dapat mengenai otot kaki dengan optimal, terapkan full range of motion atau gerakan penuh saat melakukan latihan ini. Saat menurunkan beban, usahakan lutut berada sedekat mungkin ke dada agar kaki dapat diluruskan dengan maksimal saat mendorong.

Posisi Tubuh
Usahakan Anda untuk menjaga agar punggung Anda tidak membungkuk sepanjang gerakan. Letakkan ibu jari Anda di atas bar, sehingga pergelangan tangan Anda tetap bisa lurus dengan lengan. Tekan siku ke belakang untuk mencegah cedera.

Sebenarnya hal terpenting dalam latihan squat ini yaitu melibatkan otot paha sebanyak mungkin saat berlatih baik itu paha bagian depan, belakang dan juga otot pantat. Agar latihan bisa efektif, maka perhatikan teknik kita dalam melakukannya. Dan tentu saja lakukan dengan beban yang berat untuk mendapatkan hasil maksimal.