Perlukah Anda Menggunakan Suplemen Creatine?

category: Training


Bagi Anda yang akrab dengan dunia fitness pasti sering mendengar tentang creatine. Bahkan creatine merupakan salah satu suplemen favorit para fitness mania. Dengan mengkonsumsi suplemen creatine, banyak orang merasakan perubahan yang signifikan, entah itu dari performa latihannya ataupun dari ukuran ototnya. Sebenarnya apa manfaat creatine untuk Anda dan apakah Anda membutuhkannya?

Apa Itu Creatine?

Creatine adalah kombinasi dari beberapa asam amino yang secara spesifik membentuk fungsi tersendiri. Komponen pembentuk Creatine adalah glycine, agrinine, dan methionine. Tubuh manusia secara alami memproduksi Creatine baik di hati, pankreas, dan ginjal. Creatine yang diproduksi dialirkan oleh darah ke otot. Begitu mencapai otot, creatine diubah menjadi phospocreatine (creatine phospate), yang berkontribusi pada pembentukan bahan bakar tubuh yang dikenal sebagai ATP (adenosine triphospate).

Manfaat Creatine Bagi Tubuh Anda

Mengonsumsi suplemen creatine akan meningkatkan kadar creatine dalam jaringan otot Anda. Creatine berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Selain itu, creatine juga terbukti mampu meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Bagi vegetarian, akan cenderung memiliki kadar creatine yang lebih rendah. Tapi hal ini memungkinkan sumber creatine dari luar (suplemen) mudah diserap oleh jaringan otot Anda, karena jaringan otot masih memiliki ruang yang cukup untuk menampungnya.

Jika saat ini Anda sedang dalam tahap bulking, pada saat inilah target difokuskan untuk membangun massa otot sebanyak-banyaknya. Pencapaian target tersebut sangat terbantu oleh creatine dengan kemampuan mengangkat beban lebih berat sehingga mendapatkan stimulasi otot lebih besar dan dengan asupan nutrisi optimal dari makanan maka hipertropi otot lebih optimal pula.

Creatine juga menyerap kandungan air dalam tubuh, yang menyebabkan massa air pada otot Anda cenderung bertambah, sehingga jika tidak diimbangi dengan banyak minum bisa memicu dehidrasi. Oleh karena itulah, sebaiknya Anda banyak minum air ketika menggunakan suplemen creatine ini. Dan jangan lupa, gunakanlah creatine dengan bijak, yaitu dengan cara mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran.