Tidurlah yang Cukup dan Tumbuhkan Otot Anda

category: Training

tidur-dan-bentuk-otot

Kebanyakan orang tidak pernah membayangkan bahwa tidur adalah cara terbaik untuk menambah massa otot. Sebenarnya, itu bukan cara terbaik untuk menambah massa otot, namun jelas merupakan bagian penting dari proses perkembangan otot Anda. Sangat penting untuk dipahami bahwa jika Anda ingin mendapatkan pertumbuhan otot optimal dengan cepat, Anda harus cukup tidur setiap malam.

Dampak Kurang Tidur
Kurang tidur memiliki dampak yang kurang menguntungkan bagi perkembangan otot Anda. Berikut ini beberapa hal yang terjadi jika Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

  1. Kurangnya Konsentrasi
    Bila Anda kurang tidur, pikiran Anda sebenarnya terpengaruh. Buktinya, Anda tidak mampu melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi ketika Anda kurang tidur, bahkan walau satu malam saja. Jika Anda sedang mencari cara terbaik untuk menambah massa otot lebih cepat, Anda harus fokus 100% saat berlatih, dan inilah alasan Anda perlu mempertahankan konsentrasi Anda.
  2. Menurunnya Kekuatan
    Jika Anda tidak cukup tidur, Anda akan merasakan dampak fisik maupun mental. Jika Anda tidak tidur dengan baik, kekuatan Anda menurun, dan jelas ini bukan cara terbaik untuk menambah massa otot lebih cepat, karena performa latihan Anda tentu akan menurun.
  3. Terganggunya Pemulihan Otot
    Jika Anda sudah banyak mencari tahu cara apa saja untuk menambah massa otot, maka Anda pasti sudah tahu bahwa otot tidak berkembang ketika Anda berada di dalam gym. Sebaliknya, otot akan tumbuh lebih besar ketika Anda sedang beristirahat, tidur, dan makan. Semua terjadi di luar gym! Momen penting untuk pemulihan jaringan otot yang rusak terjadi ketika Anda tidur. Tidak hanya otot yang perlu waktu untuk pulih, tetapi sistem saraf, sendi, dan juga sistem kekebalan tubuh Anda memerlukan istirahat juga.
  4. Ketidakseimbangan Hormon
    Jika Anda tidak tidur dengan baik dan cukup, akan terjadi ketidakseimbangan dalam produksi hormone-hormon yang penting untuk pertumbuhan otot dan pengurangan lemak. Contohnya adalah kortisol, testosteron, hormon pertumbuhan atau growth hormone, serta insulin. Masing-masing memiliki fungsi dalam membantu pertumbuhan otot Anda. Jika terjadi ketidakseimbangan level hormon tersebut, maka tentunya pertumbuhan dan perkembangan otot Anda pun ikut terhambat. Misalnya saja hormon pertumbuhan, yang dilepaskan ketika kita sedang tidur, sehingga jika kita kurang tidur, kadar hormon ini akan menurun, padahal hormon ini memiliki peran penting dalam regenerasi tubuh Anda, serta menumbuhkan dan memelihara jaringan otot yang sudah ada.

Berapa Lama Tidur yang Ideal Itu?
Karena kita semua individu yang unik, kebutuhan tidur pun berbeda untuk setiap orang. Umumnya Anda disarankan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam. Namun jika ternyata tubuh butuh 9 jam atau lebih, maka pastikan Anda berikan satu atau dua jam ekstra untuk tidur.

Manfaat Tidur untuk Perkembangan Otot
Tidur yang cukup memungkinkan Anda untuk meningkatkan power, memulihkan stamina, dan meningkatkan massa otot lebih cepat karena akan:

  • Membuat Anda menjadi lebih kuat
  • Mempercepat pemulihan Anda
  • Mengurangi level kortisol
  • Meningkatkan level testosteron dan hormon pertumbuhan Anda
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Meminimalkan resistensi terhadap insulin

Seperti disebutkan sebelumnya, tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk menambah massa otot Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memberikan waktu yang cukup untuk pertumbuhan otot Anda, yaitu melalui tidur yang cukup setiap malamnya.