Tubuh Butuh Alasan Untuk Menambah Berat Badan Ideal

category: Training

 Tubuh Butuh Alasan Untuk Menambah Berat Badan Ideal
Saya mencoba memposting pertanyaan ini di twitter saya, @dennysantoso, tapi kayaknya belum ada yang berhasil menjawabnya. Pertanyaan saya adalah “Buat yang kurus, coba pikir dari sudut pandang tubuh, kenapa tubuh mau menambah berat badannya?”

Ada 2 hal pasti yang akan muncul di pikiran orang, yang satu adalah orang yang belum mengerti dan berpikir naik berat badan berarti lemak yang bertambah, dan jadi bingung dengan pertanyaan saya. Yang kedua, bagi yang sudah mengerti bahwa menaikkan berat badan ideal adalah menaikkan jumlah otot di dalam tubuh, tetapi tetap bingung dan tidak bisa menjawab pertanyaan saya.

Kalau dipikir lagi, naik berat badan ideal adalah naiknya massa otot tubuh kita, baik cewek maupun cowok. Dan naiknya berat badan, meskipun di cermin keliatan keren, berisi, dan sebagainya, tapi hal tersebut membebani tubuh. Dengan bertambahnya massa otot maka tubuh akan membuang-buang energi (baca: kalori) lebih banyak setiap harinya. Hal ini tentu bagus untuk Anda yang gemuk, tetapi buat Anda yang kurus? Biasanya Anda jarang makan, kurus, dan tahu tahu tubuh harus memboroskan energy lagi. Tubuh akan berpikir, hal tersebut sangatlah mubasir dilakukan kecuali ada alasan yang lebih kuat.

Menambah massa otot untuk menaikkan berat badan ideal sama saja dengan mengganti mesin mobil Anda dari 1000cc menjadi 2000cc, dan seperti yang kita semua ketahui, bahwa kalau mesin mobil Anda memiliki cc yang lebih besar, artinya bensinnya lebih boros. Anda butuh bensin lebih banyak tiap km yang dilalui dan lebih boros duit.

Satu-satunya jalan agar tubuh mau menuruti kehendak Anda dalam menaikkan berat badan adalah memberinya alasan yang lebih kuat daripada berpikir mengenai pemborosan kalori dan harus makan lebih banyak. Tubuh baru akan menuruti Anda ketika Anda memberikan 2 hal ini, yang pertama adalah stress/kerusakan otot. Ketika Anda melakukan olahraga angkat beban atau fitness, otot Anda akan rusak (makanya pegal pegal sepulangnya), dan tubuh akan mulai berpikir lain, yaitu kalau dengan ukuran yang sekarang aja rusak dan sakit semua, maka saya harus memperkuat otot-otot saya. Ini adalah alasan paling kuat bagi otot untuk menambah massanya.

Alasan kedua adalah, Anda harus memberinya cukup kalori dengan makan lebih sering dan lebih banyak. Kalau Anda menyuruh otot menambah massa otot tetapi Anda pelit kalori, maka otot masih berpikir Anda bermain-main dan dia tidak akan merespon Anda sepenuhnya. Berlatih fitness dan makan yang lebih banyak (bukan junk food) akan memberikan otot Anda alasan untuk berkembang, dan itu satu-satunya jalan menambah berat badan Anda secara ideal baik cewek maupun cowok.

Semoga tulisan saya ini bisa memberikan sudut pandang yang baru tentang bagaimana tubuh kita berpikir ketika Anda menghendaki sesuatu untuk mengubahnya.

Salam
@dennysantoso