Matthew Herd

Matthew Herd

Matthew Herd

Eastwest Physiotherapy & Rehabilitation clinics Practitioner

Matthew Herd adalah seorang podiatris (ahli penyakit kaki) lulusan dari Queensland University of Technology, Australia. Beliau bekerja di sebuah klinik swasta di Brisbane sebelum pindah ke Singapura dan menghabiskan empat setengah tahun untuk bekerja di Singapura.

Matthew telah bekerja di berbagai lembaga termasuk Alexandra Hospital, Diabetes Society of Singapore dan National University Hospital. Pada awal 2007, Matthew mulai bekerja di Alexandra Hospital (AH), di mana beliau memperoleh pengalaman luas dalam bidang perawatan luka diabetes, serta edukasi dan assessment pasien, hingga menjadi podiatris pertama di Singapura yang menerapkan terapi belatung untuk pembersihan luka atau dikenal dengan sebutan Maggot Debridement Therapy (biotherapy) untuk pengobatan luka kronis.

Pada Januari 2007, Matthew menjadi relawan aktif dan bergabung dengan Diabetes Society of Singapore untuk menyediakan layanan yang termasuk edukasi dan pengobatan podiatrik. Beliau juga mulai bekerja sebagai locum podiatrist di National University Hospital pada bulan Juli 2008.

Sejak bekerja di Singapura, beberapa kali dalam setiap tahunnya Matthew juga memberikan kuliah untuk mahasiswa di Nanyang Polytechnic. Topik kuliah terdiri dari assessment pasien kaki diabetik, penyakit umum yang mempengaruhi orang lanjut usia tua, dan perawatan luka. Selain memberikan perawatan terhadap berbagai gangguan kesehatan pada kaki, Matthew juga melakukan analisa gaya berjalan dan berlari kemudian memberikan saran mengenai alas kaki khusus yang tepat untuk melakukan lari maupun olahraga. Selain itu, Matthew juga melakukan assessment dan perawatan serta saran penggunaan alas kaki yang tepat bagi pasien diabetes dengan komplikasi pada kaki (kaki diabetik).

Untuk memperluas ruang lingkup ilmunya, Matthew bergabung dengan Osteopathy & Podiatry Centre pada bulan Juni 2008. Di sini, beliau berkecimpung dengan osteopath dan fisioterapis sehingga meningkatkan pengetahuannya tentang podiatri olahraga dan operasi kuku. Pada awal tahun 2009, Matthew menyelesaikan studi di bidang dry needling/akupunktur untuk podiatrist, dan pada Agustus 2009 beliau juga menyelesaikan kursus pilates. Matthew pun menyelesaikan level 3 dan 4 dari sertifikasi personal trainer pada 2010, dan level 1 dari program crossfit yang diikutinya.

Matthew memiliki minat khusus dalam bidang podiatri olahraga dan biomekanik, serta bidang podiatri pediatrik. Matthew sendiri adalah seorang atlet, dan beliau ingin mengikuti kompetisi triathlon dan lari jarak jauh di seluruh Australia. Beliau juga terlibat dalam banyak event dan kegiatan olahraga lainnya, serta menjadi anggota dari Podiatry Association Singapore, Diabetes Society Singapore dan Sports Medicine Association Singapore.

Dengan berbekal pengalaman yang luas dalam bidang podiatrik, Matthew membuka praktek swasta yang sudah berjalan selama 2 tahun terakhir. Pada akhir tahun 2009, Matthew mulai bekerja di Jakarta setiap 2 minggu, di sebuah klinik yang bernama “’Eastwest Physiotherapy & Rehabiliation”. Pada awal tahun 2011, Matthew bekerja di klinik ini secara fulltime. Dan saat ini beliau bekerja di klinik ini setiap hari. Matthew juga menjalankan sebuah toko sepatu khusus, “RunningLab”.

Baca artikel oleh Matthew Herd