10 Pola Makan yang Menjebak dan Cara Mengatasinya

10-Pola-Makan-yang-Menjebak-dan-Cara-Mengatasinya

Di sela-sela kesibukan Anda yang sangat padat, Anda dituntut untuk pandai-pandai menyisihkan waktu dan energi untuk memberi tubuh asupan makanan sehat. Karena pada umumnya orang-orang yang memiliki aktivitas super padat seringkali melewatkan waktu makan. Apakah Anda salah satunya?

Bagaimana pola makan Anda setiap hari? Coba simak pola makan di bawah ini yang merupakan pola makan yang menjebak beserta cara mengatasinya!

  1. Melewatkan sarapan
    Ada banyak penyebab seseorang melewatkan sarapan. Pagi hari biasanya waktu menjadi sangat singkat mulai dari mempersiapkan diri beraktivitas, mengurus anak, mengantar sekolah, belum lagi mengejar waktu menghindari kemacetan. Banyak orang tergesa-gesa dan melewatkan sarapannya yang kemudian mengalami penurunan metabolisme dan produktivitas.
    Solusi
    Konsumsi sarapan kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda dan memberikan energi seperti gandum, vitamin C, kalsium, serat, vitamin B dan protein. Untuk itu disarankan mengkonsumsi menu sarapan yang praktis dan cepat disiapkan namun tetap sarat gizi, seperti oatmeal dengan susu rendah lemak dan buah, roti gandum diolesi keju dan madu, yogurt dengan buah segar dan kacang-kacangan, dan sebagainya.
     
  2. Melewatkan Makan Siang
    Satu dari tiga orang melewatkan makan siang setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini terjadi karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Beberapa orang menganggapnya hal yang wajar, asalkan mereka tidak melewatkan makan malam. Hal ini keliru! Dengan melewatkan makan, metabolisme akan menjadi lebih lambat dan membuat Anda terangsang untuk mengkonsumsi makan lebih banyak dari sebelumnya yang berdampak buruk bagi kesehatan.
    Solusi
    Pastikan Anda menjadikan makan siang sebagai prioritas disela waktu kerja, agar kondisi fisik dan konsentrasi Anda tetap terjaga stabil. Berikan diri Anda waktu istirahat, hiruplah udara segar agar tubuh menjadi lebih fresh. Anda bisa mencoba menu makan siang yang praktis seperti makan dua potong roti gandum dengan selai kacang, sisipkan salmon dalam dua potong roti gandum, olesi dengan krim keju rendah lemak, atau tambahkan setengah bungkus mie instan ke dalam sup sayuran Anda.
     
  3. Mengganti Makanan dengan Multivitamin
    Apakah Anda pernah mengkonsumsi multivitamin untuk memberikan daya tahan ketika merasa lelah? Sekilas hal ini merupakan ide yang bagus tapi multivitamin tidak memiliki kemampuan untuk memberikan energi (dalam bentuk protein, karbohidrat dan lemak) bagi tubuh. Ingatlah bahwa multivitamin merupakan tambahan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh, bukan pengganti makanan. Jadi penuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan tetap menjalankan diet sehat dengan beraneka ragam makanan.

Solusi
Konsumsi makanan sehat yang kaya protein, karbohidrat, serat, dan batasi jumlah lemak, serta kurangi makan makanan yang terlalu asin dan manis. Hal ini akan menstabilkan laju metabolisme Anda.

Nah, itu baru 3 dari 10 jebakan pola makan yang bisa saja Anda lakukan setiap hari. Tunggu jebakan-jebakan berikutnya dan solusi mengatasinya di artikel berikutnya.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes