turunkan berat badan

3 Alasan Kenapa Whey Protein Penting untuk Turunkan Berat Badan

Tak hanya untuk membentuk otot, whey protein juga baik untuk membantu turunkan berat badan Anda. Bagaimana caranya?

Ketika berbicara mengenai whey protein, Anda pasti membayangkan tentang muscle building.

Ya, Anda benar.

Whey protein adalah raja ketika Anda melakukan program pembentukan otot. Artinya, mengonsumsi whey protein adalah wajib jika Anda melakukan program tersebut.

Tapi bagaimana jika target Anda adalah fat loss atau turunkan berat badan?

Mungkin beberapa dari Anda masih ada yang kurang mengetahui bahwa whey protein juga berperan dalam penurunan berat badan.

Whey protein dapat membantu menekan nafsu makan tinggi sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tentu ini sangat baik bagi Anda yang ingin memangkas lemak berlebih.

Whey protein telah terbukti dapat memberikan efek positif pada hormon lapar Anda yang ada di usus. Ini merupakan pusat kendali nafsu makan di otak Anda.

Selain itu, whey protein juga bermanfaat dalam mengatur tingkat kadar glukosa yang ujungnya juga baik pada nafsu makan Anda.

Apa itu Whey Protein?

turunkan berat badan

Whey protein merupakan produk susu hasil lain dari produksi keju. Dalam bentuk suplemen, whey protein dibagi menjadi tiga bentuk utama:

1. Whey Protein Konsentrat
Whey protein jenis ini mengandung beberapa lemak dan kolesterol yang rendah. Namun, umumnya memiliki tingkat senyawa bioaktif yang lebih tinggi.

Whey protein konsentrat juga mengandung karbohidrat dalam bentuk laktosa. Sementara kandungan proteinnya sendiri antara 29-89 persen protein, tergantung dari produk tertentu.

2. Whey Protein Isolate
Whey protein jenis ini lebih murni dibandingkan sebelumnya. Whey protein isolate diproses untuk menghilangkan lemak, dan laktosa. Sementara senyawa bioaktifnya lebih rendah.

Namun, kandungan proteinnya mencapai 90 persen atau lebih.

3. Whey Protein Hidrolisat
Adalah protein whey yang terhidrolisis sebagian, sehingga lebih mudah diserap, tetapi harganya umumnya lebih mahal.

Whey protein yang terhidrolisis lebih lanjut akan lebih rendah sifat alergeniknya dibandingkan dengan bentuk whey protein yang lain. Namun demikian, whey protein ini memiliki rasa yang sangat pahit.

Tidur yang cukup, gen, program latihan, pengaturan pola makan, dan manajemen stres sangat berperan dalam program fitnes Anda, termasuk jika Anda ingin turunkan berat badan.

Jika Anda merasa telah melakukan latihan dengan baik atau telah mengatur pola makan dengan seimbang tapi lemak di tubuh masih membandel, tidak ada salahnya bagi Anda untuk konsumsi whey protein untuk membantu Anda.

BACA JUGA: Apa Bedanya Whey Protein Concentrate vs Isolate?

3 Alasan Mengapa Whey Protein Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

turunkan berat badan

Mari kita lihat lebih dekat mengapa whey protein juga penting pada saat Anda ingin turunkan berat badan.

1. Dapat Menekan Hormon Nafsu Makan
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite tahun 2009 lalu ditemukan, GMP dari whey protein memiliki dampak yang besar untuk menjaga nafsu makan.

Whey protein terdiri dari beberapa senyawa bioaktif atau moleku kecil yang memberikan efek kuat dalam tubuh Anda.
Glycomacro Protein (GMP) adalah salah satu yang berperan penting dalam menekan nafsu makan Anda.

GMP terbukti dapat meningkatkan sekresi hormon cholecystokinin (CCK) dalam usus. Hormon ini berperan mengirim sinyal kenyang ke otak dan tentunya dapat membantu mencegah Anda dari makan berlebih.

Pastinya ini akan dapat menghindarkan Anda dari timbunan lemak yang berlebih.

2. Mengirim Sinyal Kenyang ke Otak Anda

turunkan berat badan

Whey protein mengandung lebih banyak leusin (Branched Chain Amino Acids) daripada sumber protein lainnya.

Selain berperan dalam pembentukan otot, leusin juga dapat berperan dalam mengatur nafsu makan. Hal ini seperti yang telah dipublikasikan dalam Journal of Science.

Para peneliti yakin hal ini karena adanya hubungan antara leusin, MTOR (yang berperan memulai sintesis protein), dan hipotalamus (pusat kendali nafsu makan di otak).

Ketika mengonsumsi whey protein, leusin berperan sebagai sinyal ‘tersedianya bahan bakar’ untuk mTOR. Akibatnya, mTOR mengirim sinyal ke hipotalamus untuk mengatur nafsu makan sehingga membantu Anda merasa tetap kenyang.

3. Menstabilkan Glukosa Darah

turunkan berat badan

Lapar adalah salah satu konsekuensi dari tingkat glukosa yang rendah.

Setelah makan, terutama makan-makanan karbohidrat (terlebih karbohidrat sederhana),kadar glukosa akan meningkat.
Kenaikan glukosa yang drastis dan respon insulin berikutnya dapat menyebabkan penurunan glukosa darah. Ini membuat Anda merasa lapar lagi.

Whey protein dapat membantu Anda mengatasi respons ini dan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan nafsu makan terjaga.

Daripada gula darah dan insulin Anda naik secara drastis namun turunnya juga drastis, whey protein mampu menjaga kadar gula darah dan insulin Anda tetap stabil sehingga nafsu makan Anda juga stabil.

4. Membentuk Otot

turunkan berat badan

Dengan mengonsumsi whey protein misalnya dalam bentuk protein shake, terutama setelah latihan, akan membantu mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan asam amino dan protein yang diperlukan tubuh.

Selain itu, protein berkualitas tinggi seperti whey protein isolate membantu menjaga jaringan otot sehingga membantu membakar lemak lebih banyak.

5. Percepat Proses Pemulihan
Ketika Anda masuk program penurunan berat badan, maka Anda dituntut untuk melakukan latihan yang intens.

Ya, selain dengan mengatur pola makan (diet), latihan rutin akan membantu percepat pembakaran lemak tubuh Anda.

Di sinilah peran whey protein. Whey protein membantu proses pemulihan (recovery) Anda lebih cepat sehingga Anda dapat berlatih dengan giat.

Jika intensitas latihan Anda tidak dibarengi dengan konsumsi protein yang cukup, maka bisa jadi tubuh Anda mengalami overtraining. Pembentukan otot yang terjadi juga tidak akan maksimal karena dapat mengganggu aktivitas latihan Anda berikutnya.

Karena itu, waktu pemulihan sangat penting dalam program fitnes Anda agar performa latihan Anda tetap terjaga.

Caranya adalah dengan konsumsi whey protein.

Bila asupan protein kurang, Anda bisa menambahkan suplemen Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition. Pastinya, suplemen ini sangat membantu program penurunan berat badan sebagaimana yang Anda inginkan.

Ketika Anda beri tubuh Anda dengan suplemen Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition, dengan cepat Anda akan menyadari bahwa kadar lemak Anda akan perlahan mulai terpangkas sementara massa otot bertambah.

LANGKAH PRAKTIS MAKSIMALKAN PEMBAKARAN LEMAK TUBUH ANDA

  • Protein Terbaik Berkualitas Tinggi
  • Tidak Menambah Lemak ke Dalam Tubuh Anda
  • Meningkatkan Massa Otot dengan Optimal
  • Percepat Daya Tahan dan Daya Pulih Tubuh

Cara Lain untuk Mengonsumsi Whey Protein
Jika Anda tidak tertarik mengonsumsi whey protein dalam bentuk susu atau shake, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk lain.

Misalnya melalui pancake protein, oatmeal, atau protein bar.

Jika Anda memilih susu, maka Anda dapat menambahkannya dengan es untuk menambah cita rasa whey protein Anda.

Cara Mengonsumsi Whey dengan Protein Shake

Protein shake adalah cara paling mudah untuk mengonsumsi whey protein. Namun bagaimana cara membuat protein shake yang pas untuk Anda.

1. Gunakan Blender untuk Mencampur Bahan
Yang pertama adalah dengan menggunakan blender sebagai cara mudah untuk membuat protein shake.

Ketika mencampurkan bahan ke dalam blender, masukan jumlah bubuk whey protein sesuai yang dianjurkan. Campur dengan bahan lain sesuai yang disarankan hingga menjadi lembut.

Kalaupun Anda tidak memiliki blender, Anda bisa menggunakan mikser listrik atau botol shaker yang banyak digunakan fitnes mania ketika di gym.

2. Pilih Rasa yang Terbaik

turunkan berat badan

Terbaik di sini bukan berarti yang paling direkomendasikan. Soal rasa, tentunya Anda sendiri yang tahu rasa apa yang tepat bagi Anda.

Hal ini dikarenakan memengaruhi rasa smothie yang dihasilkan nantinya.

Ada beberapa rasa dalam whey protein seperti yang dimiliki Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition. Seperti vanilla, strawberry, cookies n cream, dan cokelat.

3. Tambahkan Buah dalam Protein Shake Anda

turunkan berat badan

Dengan menambahkan buah dalam protein shake Anda, ini tentunya akan menambah sensasi tersendiri karena dapat mengubah rasa dan nutrisi.

Sangat banyak resep yang tersedia untuk membuat protein shake dengan tambahan buah.

Buah apa saja yang bisa ditambahkan? Sebut saja seperti pisang, pir, mangga, jeruk, nanas, kacang almond, semangka, atau susu rendah lemak lainnya.

4. Dinginkan Protein Shake dengan Es Batu

turunkan berat badan

Peran es batu bukan hanya untuk mendinginkan, melainkan juga mengentalkan protein shake Anda, sehingga dapat menghasilkan tekstur yang smoothie.

Pilihan lain Anda dapat membekukan buah seperti pisang atau buah lainnya, kemudian tambahkan dalam shake Anda.
Tonton video berikut untuk membuat protein shake terbaik untuk Anda.

Sementara itu, dikutip dari BodyBuilding.com menyebutkan bahwa studi tahun 2006 menemukan, dengan menambahkan 60 gram whey protein per hari, dapat menurunkan kadar lemak dan berat badan setelah enam bulan daripada mereka yang mengonsumsi 60 gram soy protein (kedelai) atau 60 gram karbohidrat.

Intinya adalah mengombinasikan whey protein dengan aktivitas harian Anda pastinya dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Bahkan, setelah Anda berlatih dengan keras di gym tapi setelah itu Anda tidak mengonsumsi makanan yang kaya protein, maka usaha Anda juga bisa sia-sia. Karena itu, tambahkan whey protein dalam program fat loss untuk segera dapatkan bentuk tubuh yang Anda inginkan.

LANGKAH PRAKTIS MAKSIMALKAN PEMBAKARAN LEMAK TUBUH ANDA

  • Protein Terbaik Berkualitas Tinggi
  • Tidak Menambah Lemak ke Dalam Tubuh Anda
  • Meningkatkan Massa Otot dengan Optimal
  • Percepat Daya Tahan dan Daya Pulih Tubuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes