cara menurunkan berat badan secara alami

3 Aturan Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami agar penurunan berjalan kontinyu dan lebih lama?

Lebih lama di sini adalah bukan hanya hasilnya, melainkan agar penurunan berat badan bisa berjalan kontinyu. Atau garis besarnya Anda bisa terhindar dari yang dinamakan diet yoyo.

Yaitu berhasil di awal, namun ujung-ujungnya berat badan justru naik dan terus naik.

Tidak ingin ini terjadi pada Anda? Maka lakukan program diet (pengaturan pola makan) secara cerdas dan cermat.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik ke depannya, Anda sebaiknya memahami tiga aturan dasar ini sebagai cara menurunkan berat badan secara alami dan kontinyu.

1. Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Perlahan

cara menurunkan berat badan secara alami

Sudah berhasil menurunkan berat badan? Selamat ya..

Dan sekarang yang paling penting dilakukan adalah menjaga penurunan tersebut terjadi secara kontinyu. Sabar adalah kunci utama.

Memang, beberapa orang mungkin akan menghindari ini, tapi kesabaran adalah cara penting untuk dipahami.

Sabar yang dimaksud adalah jangan terbawa napsu untuk segera mendapatkan berat badan yang diinginkan. Karena itu akan membuat Anda berhasrat untuk turunkan berat badan dengan cepat.

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, tingkat ideal penurunan berat badan per minggu adalah sekitar satu persen dari berat badan Anda.

Mungkin jumlah penurunan tersebut masih ‘kurang’ banyak bagi Anda.

Tapi yang perlu digaris bawahi adalah, Anda bisa berisiko kehilangan massa otot dan akan memerlukan usaha lebih keras lagi untuk mengembalikannya jika Anda menurunkan berat badan TERLALU CEPAT.

Selain itu, penurunan berat badan yang agresif bisa mengganggu kinerja atletik Anda dan bisa berimbas pada performa latihan yang kurang efektif.

Sementara itu, penelitian dari Norwegia tahun 2011 lalu juga telah menunjukkan bahwa lebih baik untuk menurunkan berat badan secara PERLAHAN.

Pada penelitian tersebut, peneliti membagi dua kelompok yaitu peserta yang menurunkan berat badan dengan cepat dan lambat.

Di akhir penelitian, kedua kelompok peserta berhasil menurunkan berat badan sebanyak 9 kilogram. Namun, kelompok pertama prosesnya lebih lama yaitu 8 minggu, sementara kelompok lain hanya butuh 5 minggu.

Tapi inilah perbedaan yang sebenarnya.

Peserta yang kehilangan berat badan lebih lambat, lemak tubuh mereka juga secara signifikan berkurang daripada peserta yang menurunkan berat badan dengan cepat.

Selain itu, kelompok yang lebih lambat mengalami peningkatan massa otot yang lebih banyak ketimbang peserta kelompok cepat.

Temuan ini jelas menunjukkan bahwa akan jauh LEBIH BAIK menurunkan berat badan secara perlahan. Bukan hanya untuk memangkas kadar lemak berlebih, tapi juga dapat meningkatkan massa otot secara maksimal.

2. Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dengan Menentukan Jumlah Kalori di Setiap Makanan

cara menurunkan berat badan secara alami

Kalori yang Anda bakar saat latihanlah yang akan menyebabkan penurunan berat badan.

Namun untuk benar-benar mendapatkan perubahan yang signifikan pada fisik Anda, Anda harus mengurangi asupan kalori setiap harinya dengan jumlah tertentu.

Dan cara menurunkan berat badan secara alami ini sering disebut dengan maintenance calories.

Tidak perlu khawatir, artikel ini bukan mereferensikan Anda untuk selalu membawa makanan dan menimbang setiap selada yang Anda makan.

Tapi ada baiknya bila Anda selalu memiliki gambaran umum tentang seberapa banyak kalori pada makanan yang Anda makan setiap hari, setidaknya di awal Anda melakukan program diet.

Anda bisa mulai dengan menghitung berapa jumlah kalori dari karbohidrat, protein, dan lemak yang Anda asup. Sudah ada banyak alat yang bisa membantu Anda mengenai perhitungan kalori ini.

Anda juga tidak perlu terpaku pada metode ini. Tindakan sederhana untuk merekam asupan makanan Anda adalah langkah yang paling penting.

Jika ide pelacakan kalori ini cukup mudah bagi Anda, maka sekarang mulai lakukan dengan melacak kalori dari makronutrisi dalam satu kali makan.

Setelah Anda melakukannya dalam beberapa hari, Anda dapat mulai menghitung juga setiap makanan kedua atau cemilan Anda.

Tidak lama lagi, Anda akan selalu terbiasa untuk menghitung atau memperkirakan jumlah kalori dari setiap makanan yang Anda konsumsi.

3. Setelah Menentukan Jumlah Kalori Setiap Makanan, Saatnya Menyesuaikan dengan Kebutuhan Anda

cara menurunkan berat badan secara alami

Begitu Anda mengetahui maintenance kalori Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak kalori yang perlu dikurangi untuk mencapai penurunan berat badan mingguan sebesar 1 persen dari total berat badan Anda.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa untuk program fat loss, Anda perlu mengurangi asupan makanan sebanyak 500 kalori per hari.

Menggunakan jumlah ini sebagai patokan program Anda adalah bahwa hal itu mungkin saja tidak berlaku bagi tubuh Anda tapi sangat efektif bagi orang lain.

Bisa jadi dengan mengurangi 500 kalori per hari, bisa menyebabkan pengurangan berat badan 1 persen pada Anda, 4 persen pada orang lain, atau justru tidak ada perubahan pada orang lain.

Menurut laman bodybuilding.com, titik awal yang baik adalah mengonsumsi kalori 20 persen lebih sedikit.

Misalnya, saat ini Anda mengonsumsi 3000 kalori per hari, maka Anda berencana untuk mengurangi hingga 600 kalori per harinya.

Atau jika saat ini mengonsumsi 2000 kalori per hari, maka Anda akan mengurangi 400 kalori setiap harinya.

Itulah kenapa dijelaskan pada poin dua bahwa pentingnya mengetahui jumlah kalori dalam setiap makanan. Pengurangan 20 persen kalori ini adalah titik awal dan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika pengurangan ini menyebabkan bobot tubuh turun terlalu cepat, sebaiknya tambahkan sedikit kalori lagi hingga Anda berhasil menurunkan berat badan sebanyak 1 persen setiap minggunya.

Sebaliknya, jika berat tubuh Anda berkurang tidak lebih dari 1 persen per minggu, maka tidak masalah jika Anda mengurangi jumlah kalori. Misalnya tadi 20 persen dinaikkan menjadi 25 persen.

Jaga Penurunan Berat Badan Ini Secara Konsisten

cara menurunkan berat badan secara alami

Bila pengurangan kalori ini efektif dalam penurunan berat badan, mungkin Anda akan tergoda untuk mengurangi kalori lebih banyak dengan harapan kehilangan berat badan lebih banyak pula.

Tahan keinginan Anda tersebut.

Cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan menjaga agar penurunan ini tetap rendah dan stabil agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Baik itu pengurangan lemak tubuh atau penambahan massa otot yang ideal agar proses ini tetap berjalan dalam waktu yang lama.

Untuk mendapatkan panduan yang komplit dan langsung dari ahlinya mengenai cara menurunkan berat badan secara alami, Anda bisa bergabung di PanduanDiet.com dan dapatkan panduan lengkapnya.

Program diet yang cerdas dan kontinyu mungkin tidak akan memberikan hasil yang cepat, tapi Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal.

Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes