Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

3 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Beberapa dari Anda mungkin memiliki pertanyaan seperti ini, ‘bagaimana sih cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Apakah bisa?’

Ya, sejumlah pertanyaan tersebut memang sering dijumpai dalam sejumlah forum tentang diet maupun forum DuniaFitnes Community di Facebook Group.

Meskipun sudah sering disarankan untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga, tapi masih banyak orang yang menginginkan berat badan secara instan atau tanpa olahraga.

Apakah ini bisa? ‘BISA’.

Memang banyak cara untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Dan jika Anda memang menginginkannya, maka Anda bisa fokus pada pengaturan pola makan (diet).

Pada saat diet, 3 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini akan bisa bantu Anda untuk dapatkan berat badan yang ideal.

1. Ucapkan Selamat Tinggal pada Gula

Mengurangi asupan gula seminimal mungkin adalah cara termudah untuk menurunkan berat badan Anda.

Kebanyakan orang, meskipun sudah mengetahui bahwa asupan gula yang berlebihan dapat memicu obesitas (berat badan berlebih) hingga masalah jantung, nyatanya masih sangat sulit untuk menghilangkannya dari pola makan.

Tapi ketika berhasil untuk menguranginya secara signifikan, maka hasilnya akan luar biasa (penurunan berat badan).

Dan cara ini (mengurangi asupan gula) memang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Dan ini sangat penting untuk dilakukan bagi Anda yang ingin memiliki berat badan ideal.

2. Mengontrol Porsi Makan

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah dengan cara tanpa makan berat badan Anda akan langsung turun dengan cepat? Bisa jadi.

Tapi kebanyakan, diet dengan cara tersebut justru bisa sangat menyiksa Anda dan pada ujungnya bisa membuat Anda lebih cepat bosan dan ingin kembali seperti biasa.

Apabila tekad Anda untuk berdiet masih kurang dan terjadi seperti di atas, bukan tidak mungkin impian Anda untuk dapatkan bentuk tubuh ideal hanya sekadar angan-angan.

Atau bahkan bisa jadi berat badan Anda tidak turun melainkan terus bertambah.

Jika tidak ingin terjadi seperti ini, maka sebaiknya Anda mulai dengan perlahan. Misalnya, apabila pada hari biasa (sebelum berdiet) Anda makan seporsi penuh, maka pada saat program ini Anda bisa makan hanya separuhnya.

Kebiasaan seperti ini akan mencegah Anda dari kebosanan dan selanjutnya akan dapat berpengaruh pada penurunan berat badan.

Jadi untuk AWAL, Anda tidak perlu membayangkan diet yang sangat menyiksa. Mulailah secara perlahan dengan kebiasaan memotong porsi makan Anda.

Ini akan menjadi kebiasaan yang positif dan memberi Anda semangat untuk terus berdiet.

3. Tahu Apa yang Anda Makan

Satu hal lagi yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memahami apa yang Anda makan.

Artinya begini, meskipun Anda sedang diet ketat atau hanya sekadar memotong porsi makan, sangat penting untuk mengetahui keseimbangan gizi dalam makanan.

Setiap Anda makan, Anda harus memikirkan seperti apa protein, lemak, maupun karbohidrat yang akan Anda konsumsi.

Kombinasi ketiganya akan sangat baik untuk menunjang program Anda. Yaitu dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan cenderung makan lebih sedikit sehingga bisa menghindari kebiasaan ‘ngemil’.

Bukan hanya itu, kombinasi yang baik dari protein, karbohidrat, dan lemak akan membantu Anda untuk tetap berenergi sepanjang hari meskipun memasuki program diet. Dan itu merupakan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang cukup ampuh.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? Eits.. TUNGGU DULU..

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah sudah benar-benar berhasil hanya melakukan 3 cara di atas?

Kalau untuk menurunkan berat badan, tiga langkah di atas memang bisa mewujudkan keinginan Anda. Namun ada tapinya..

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga memang bisa dilakukan, tapi ini juga bisa berdampak pada bentuk tubuh Anda secara keseluruhan.

Salah satunya adalah penyusutan otot.

Padahal prinsip dalam penurunan berat badan adalah, semakin banyak otot pembakaran lemak juga akan semakin tinggi.
Lalu bagaimana cara menjaga otot tubuh yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal? Yaitu dengan OLAHRAGA atau latihan.

Ok. Mungkin saat ini Anda sedang tidak dapat berolahraga karena berbagai alasan seperti kesibukan pekerjaan.

Tapi sejatinya olahraga itu adalah aktivitas yang menyenangkan. Kalaupun Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, masih bisa Anda berolahraga di sela-sela kesibukan pekerjaan.

Apalagi ketika Anda ingin memulai menurunkan berat badan, maka beraktivitas fisik seperti olahraga SANGAT DISARANKAN.

Selain membantu percepat penurunan berat badan, olahraga juga akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Untuk memulai kebiasaan olahraga guna turunkan berat badan, Anda bisa awali dengan olahraga ataupun aktivitas fisik lain yang sangat sederhana sebagai berikut:

1. Pilih Naik Tangga daripada Lift

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda bekerja di gedung perkantoran yang terdiri dari beberapa lantai (tingkat)?

Dalam gedung seperti itu, mungkin akan disediakan fasilitas lift yang memudahkan karyawan untuk beraktivitas.

Apabila demikian, maka Anda bisa memilih untuk naik turun tangga saat bekerja. Dengan cara ini akan mendukung program penurunan berat badan Anda karena naik turun tangga bagus untuk membakar kalori secara gratis.

Penting diketahui, menurut catatan dari laman GQIndia.com, naik turun tangga dapat membantu tubuh Anda membakar hingga 600 kalori per jam.

Dan pastinya, kegiatasn sederhana ini akan dapat membantu Anda untuk meningkatkan stamina, ketahanan tubuh, hingga kekuatan otot kaki Anda.

2. Berolahraga di Sela-Sela Pekerjaan

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Tentu, olahraga memang sangat disarankan. Apalagi yang bisa Anda lakukan disela-sela padatnya aktivitas sehari-hari.

Selain bisa mendukung program diet Anda, cara ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Bahkan, penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan, cukup berjalan-jalan (tidak terus menerus duduk) selama lima menit dapat mencegah menggumpalnya darah di kaki selama duduk.

Lalu olahraga apa yang bisa dilakukan saat bekerja? Salah satunya adalah knee extension (lihat gambar).

Latihan ini sangat mudah untuk dilakukan dengan memanfaatkan bangku atau kursi di tempat kerja Anda.

Pelaksanaannya:
– Pisahkan jarak kedua kaki selebar bahu Anda
– Kedua tangan berada di samping tubuh dengan memegang bangku atau kursi
– Kemudian angkat kaki kanan Anda lurus ke depan dengan menjaga posisi punggung tetap lurus
– Tahan pada posisi tersebut selama 10-15 detik kemudian turunkan lalu ganti kaki sebelah kiri
– Ulangi gerakan ini hingga 10-15 kali (repetisi) untuk masing-masing kaki

3. Bersepeda Saat Berangkat ke Kantor

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Latihan kardio adalah salah satu cara populer untuk bantu turunkan berat badan. Di antara banyak latihan kardio, mungkin bersepeda adalah cara asyik untuk berolahraga sambil bekerja.

Yaitu dengan memilih naik sepeda ketimbang kendaraan bermotor saat berangkat ke kantor. Tentu, beberapa hal perlu dipertimbangkan seperti jarak dan kondisi tubuh Anda.

Bersepeda adalah cara lain yang baik untuk menurunkan berat badan Anda. Pasalnya, satu jam bersepeda bisa membantu membakar kalori hingga sebanyak 1200 kalori.

Sekali lagi, olahraga seperti bersepeda tidak hanya baik untuk program diet dan penurunan berat badan Anda, melainkan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Salah satunya menghindarkan Anda dari stres.

Akan sangat baik apabila Anda juga rutin berlatih angkat beban seperti push up, sit up, bicycle crunch, pull up, lunge, atau squat.

Meskipun cara menurunkan berat badan tanpa olahraga masih bisa dilakukan, tentu akan jauh lebih baik jika Anda juga tetap berolahraga. Olahraga-pun juga tidak perlu Anda lakukan di gym, Anda bisa melakukannya di rumah ataupun di sela-sela pekerjaan.

Jika Anda masih kesulitan untuk mengetahui bagaimana program penurunan berat badan yang tepat bagi Anda, silakan gabung di www.PanduanDiet.com dan Anda akan mendapatkan bimbingan langsung dari ahlinya.

Jadi yang paling penting saat memulai berdiet adalah pengaturan pola makan. Dan agar penurunan berat badan Anda lebih ‘sempurna’, maka Anda sangat disarankan untuk berolahraga.

Keep healthy…

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes