3 Cara Sederhana untuk Maksimalkan Pembakaran Lemak Tubuh Anda

Sudah latihan tapi berat badan belum turun? Bagaimana agar pembakaran lemak tubuh lebih maksimal?

Untuk menurunkan berat badan, langkah utama yang harus dilakukan adalah dengan mengatur pola makan dan juga latihan rutin.

Ok, katakanlah Anda sudah mulai berdiet dan latihan rutin. Tapi mengapa berat badan Anda masih sulit turun?

Pertanyaan tersebut tidak jarang dilontarkan banyak orang yang sudah berusaha dengan diet dan latihan, tapi penurunan berat badan masih kurang memuaskan. Bahkan kadang kala, proses tersebut membuat frustasi.

Salah satu penyebabnya adalah pembakaran lemak tubuh yang kurang maksimal. Latihan rutin memang sangat membantu proses pembakaran lemak tubuh Anda. Bukan hanya itu, nutrisi, suplementasi, dan juga istirahat juga perlu diperhatikan.

Nutrisi sangat penting agar latihan bisa lebih maksimal karena nutrisi sebagai sumber energi. Sementara istirahat yang cukup akan memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk berkembang dan memulihkan diri.

Suplemen, meski bukan yang utama, perannya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan proses pembakaran lemak tubuh Anda.

So, ada tiga hal pokok yang akan kita bahas di sini tentang bagaimana agar pembakaran lemak dalam tubuh Anda berjalan dengan optimal. Yaitu latihan, nutrisi, dan juga suplementasi.

Latihan Beban dan Kardio Akselerasi

Lemak1

Saat ini Anda mungkin telah melakukan latihan beban dan kardio. Tentu, kedua latihan tersebut sangat efektif membakar kalori, namun juga memerlukan banyak waktu.

Jika tujuan Anda adalah memangkas lemak, maka kombinasi kedua latihan tersebut adalah cara tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ini adalah latihan yang dikenal dengan cardio acceleration (kardio akselerasi). Latihan ini tidak memakan banyak waktu dengan menggabungkan latihan kardio intensitas tinggi (high intensity interval training/HIIT) dan latihan kekuatan (beban).

Maksimalkan latihan Anda dengan menambahkan 1-2 menit latihan HIIT di setiap set dan superset, atau di antara akan melakukan pergantian gerakan latihan. [Baca Juga: Metode HIIT, Penurun Berat Badan Tercepat]

Ilmuwan dari University of California pada tahun 2008 menemukan bahwa cardio acceleration sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan dan memangkas lemak jika dibandingkan dengan latihan aerobik dan traditional resistance.

Dengan mengganti waktu istirahat Anda dengan latihan kardio yang singkat, tentunya akan lebih baik menghabiskan waktu 20-30 menit di gym dengan latihan kardio HIIT.

Metode latihan HIIT adalah salah satu cara terbaik untuk membakar lemak karena pembakaran kalori lebih banyak selama dan setelah latihan.

Pertimbangkan Carb Cycling

Lemak2

Saat ingin menurunkan berat badan, hal pertama mungkin yang akan Anda lakukan adalah dengan memangkas kalori, terutama dari karbohidrat. Memang, cara tersebut sering dilakukan banyak orang. Namun cara tersebut masih kurang efektif.

Pasalnya, apabila tubuh Anda kekurangan kalori maka akan banyak terjadi masalah. Seperti merasa lapar sepanjang hari, mudah marah, kesal, dan kualitas tidur yang buruk.

Belum cukup, energi Anda juga akan kurang untuk latihan. Tentunya cara ini tidak efektif bagi program Anda. Simak artikel menarik lain tentang Selain Protein, Nutrisi Ini Juga Tak Kalah Penting untuk Otot Anda.

Para peneliti di Genesis Prevention Center University Hospital di Manchester, Inggris, menyebutkan bahwa carb cycling adalah alternatif yang baik daripada harus berlapar-lapar setiap hari dengan memangkas kalori.

Intinya, carb cycling strategy adalah dengan mengatur kapan saatnya cut carb (karbohidrat rendah) dan bump carb (tinggi karbohidrat). Startegi ini akan membantu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon leptin untuk membakar lemak.

Pastinya, Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi karbohidrat tapi berat badan tetap turun. Sesuaikanlah carb cycle ini dengan jadwal Anda.

Pastikan Protein Tetap Menjadi Prioritas Anda

Lemak3

Apabila Anda tetap melakukan diet rendah karbohidrat, maka Anda akan membutuhkan protein lebih banyak untuk menjaga kalori tubuh Anda.

>> Kapan Saat yang Tepat untuk Minum Protein Shake? <<

Jika tidak, setiap tubuh Anda membakar lemak, maka jaringan otot juga akan ikut terbakar akibat kekurangan kalori.

Asupan protein yang sehat dapat membantu mencegah penyusutan dan mempercepat daya pulih tubuh Anda pasca latihan.

Untuk menurunkan berat badan, suplemen pembakar lemak mungkin adalah pilihan pertama Anda. Meski begitu, jangan lupakan juga suplemen protein karena merupakan nutrisi penting untuk memaksimalkan pembakaran lemak tubuh Anda.

Note: Bila Anda masih kesulitan untuk usir lemak membandel dalam tubuh, Anda bisa join di www.PanduanDiet.com dan dapatkan tips-tips jitu meluruhkan lemak berlebih dalam tubuh langsung dari ahlinya.

berat_badan_2-01

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes