3 Tip Sehat agar Tetap Langsing saat Liburan

Tak terasa kini kita sudah berada di penghujung tahun 2012. Ini artinya, musim liburan akan segera tiba. Nah, di tengah kemeriahan perayaan Natal dan Tahun Baru, Anda tetap harus menjaga gaya hidup sehat yang telah Anda jalani sepanjang tahun ini.

Apa yang harus Anda lakukan untuk tetap bisa meningkatkan massa otot dan mencegah berat badan dan kadar lemak Anda naik drastis namun tetap bisa menikmati liburan?

Selama liburan, seringkali kita meninggalkan latihan rutin dan pola makan sehat yang selama ini kita jalani. Banyak alasan di balik itu, entah kita terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk berlatih ataupun sederet hidangan lezat yang menggugah selera membuat kita sulit mempertahankan pola diet sehat.

Dengan perencanaan dan disiplin yang baik, Anda tetap dapat melanjutkan program diet dan latihan Anda untuk meraih goal pembentukan tubuh ideal Anda serta mencegah kenaikan berat badan yang sangat umum terjadi setelah musim liburan.

Berikut 3 tip penting yang bisa Anda jalankan selama liburan untuk menjaga berat badan bertambah.

  1. Tetap jalani pola latihan rutin
    Tetap jalani pola latihan rutin agar Anda masih tetap dapat meningkatkan massa otot Anda dengan tetap berlatih di rumah jika Anda tidak sempat untuk pergi ke gym. Selama liburan, bahkan 20 menit latihan akan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan ini tentu sangat efektif untuk menjaga metabolisme tubuh Anda tetap aktif sehingga tubuh akan terjaga dari penumpukan lemak berlebih.

    Anda bisa lakukan latihan bodyweight training seperti push up, squat, crunch, lunge, ataupun jika Anda memiliki dumbbell, Anda bisa lakukan lebih banyak latihan. Lalu jangan lupakan kardio. Jika tidak ada treadmill atau sepeda statis, Anda bisa pilih jogging, lompat tali, berenang, dan sebagainya.

  2. Jadwalkan latihan
    Buat rencana. Bukan hanya dengan melihat kalender Desember Anda dan menandai hari apa saja Anda akan menghadiri pesta atau melakukan perjalanan liburan, jadwalkan juga pada hari apa saja Anda akan melakukan latihan. Setelah memiliki jadwal latihan tertulis, sekarang Anda hanya perlu untuk mematuhinya.
  3. Bijak saat Cheating
    Tak dapat dipungkiri bahwa liburan tak akan lengkap rasanya jika tidak diisi dengan makanan, apalagi saat merayakan Natal dan Tahun Baru. Nah, jika memang Anda tidak bisa menghindari cheating, maka Anda bisa mulai dengan makan protein terlebih dahulu sehingga Anda akan merasa kenyang, baru kemudian makan makanan sumber karbohidrat di akhir. Dan ingat, setelah itu kembalilah ke pola diet Anda dan tetap lakukan latihan teratur agar berat badan Anda tidak naik secara drastis.

Agar strategi ini berhasil, Anda memerlukan pengendalian diri, disiplin, dan motivasi yang tinggi. Jadi, persiapkan diri Anda untuk membuat perubahan di tahun ini. Tidak ada lagi berat badan yang melonjak naik seusai liburan, bahkan Anda akan dapatkan peningkatan massa otot. Untuk itu, tetaplah berlatih dan menjalankan pola diet sehat selama liburan. Selamat berlibur!

BACA JUGA : Inilah 6 Sayuran Wajib Dimakan di Musim Dingin

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes