4 Cara Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan, lebih dari 80 persen wanita ingin segera menurunkan berat badan. Namun, masalah datang saat Anda dihadapkan pada sulitnya menemukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

4-Cara-Turunkan-Berat-Badan-Pasca-Melahirkan

Selama 9 bulan terakhir tubuh Anda telah melalui banyak perubahan dan Anda memiliki kemungkinan mengalami kondisi psikis yang naik turun sepanjang proses kehamilan.

Dengan lahirnya sang buah hati, kegembiraan dan kekhawatiran terkadang datang bersamaan. Tentu yang menjadi kekhawatiran adalah, “apakah bisa berat badan saya kembali seperti semula?”.

Pemulihan Pasca Melahirkan

Tubuh sebenarnya memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dari semua aspek kehamilan secara alami. Rahim akan menutup dan kembali ke ukuran semula dalam waktu sekitar 6 minggu, sedangkan ligamen tubuh akan kembali ke panjang dan elastisitas normal sekitar 3-6 bulan.

Sayangnya, jaringan otot tidak merespon dengan cara yang sama, sehingga perlu latihan dan rutinitas baru untuk mengembalikan kekuatan, kepadatan, dan fungsionalitas otot-otot tersebut.
Penting untuk Anda ingat bahwa latihan dan pengaturan pola makan yang tepat tetap menjadi dasar yang kuat untuk mendapatkan kembali berat ideal Anda.

Kapan waktu yang Tepat Memulai Latihan Pasca Melahirkan?

Anda mungkin akan sedikit ‘menyesal’ dengan kondisi tubuh Anda pasca melahirkan. Tingginya lemak yang melingkar di area perut, lengan yang menggelambir, dan pipi yang lebih berisi, mungkin akan membuat Anda sedikit tidak sabar untuk segera menghilangkannya.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk memulai latihan pasca melahirkan? Tentunya untuk yang satu ini Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Sebagai langkah awal, Anda akan diminta untuk fokus terhadap pemulihan tubuh pasca melahirkan. Terutama jika proses melahirkan Anda melalui operasi caesar. Bagaimana pun juga hal ini tergantung dari kondisi fisik masing-masing individu.

Saatnya Berlatih!

Saat dokter menyatakan Anda sudah siap untuk memulai latihan, kini saatnya Anda memilih rutinitas latihan yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda demi mendapatkan kembali berat badan ideal Anda.

Berikut 4 panduan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal pasca melahirkan.

  1. Jangan Buru-buru Nge-gym
    “Tidak perlu terburu-buru datang ke gym untuk mendapatkan kembali tubuh ideal Anda setelah melahirkan.” Ungkap Dr. Michael Johnson spesialis Obstetri University of California, Los Angeles. Menurut Johnson, tubuh membengkak selama kehamilan adalah hal yang wajar karena tubuh mengalami peningkatan volume darah sekitar 15 persen. “Pemulihan yang minim pasca melahirkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, apalagi jika Anda buru-buru nge-gym.” tambahnya.
  2. Tentukan Target yang Masuk Akal
    Jangan memasang target berlebihan yang hanya akan menyusahkan Anda di hari kemudian. Berlebihan rasanya jika Anda menargetkan berat badan turun 20 kg dalam waktu 1 bulan saja. Dan untuk meraihnya, Anda pun melakukan metode diet yang salah, seperti mengurangi waktu dan porsi makan secara besar-besaran.

    Perlu diingat bahwa Anda sekarang telah memiliki seorang bayi yang membutuhkan nutrisi dari ASI. Jika Anda tidak makan seharian dengan tujuan berat badan turun dengan cepat, bayi Anda bisa berisiko kekurangan nutrisi akibat sang ibu mengalami hal yang sama.

  3. Jaga Pola Makan
    Pasca melahirkan tubuh Anda membutuhkan nutrisi lebih banyak untuk proses pemulihan. Protein, zat besi, dan vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan diri dengan cara meregenerasi sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak setelah melahirkan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya serat untuk melancarkan pencernaan. Hindari mengonsumsi makanan digoreng, berlemak, dan berkalori tinggi agar berat badan Anda tidak bertambah pasca melahirkan.
  4. Temukan Latihan yang Tepat
    Bermalas-malasan bukanlah pilihan yang tepat jika Anda ingin mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula. Tetap lakukan aktivitas fisik agar tubuh Anda senantiasa aktif bergerak. Tidak perlu melakukan latihan intensitas tinggi seperti lari atau lompat tali. Cukup jalan kaki sambil mendorong kereta bayi Anda mengelilingi kompleks perumahan. Selain membakar kalori lebih banyak, jalan kaki juga penting untuk melancarkan sirkulasi darah dan menjaga tubuh Anda tetap bugar pasca melahirkan. (dan)

BACA JUGA : Perut Ramping dengan 4 Gerakan Yoga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes