4 Langkah untuk Optimalkan Penurunan Berat Badan Anda

Apakah Anda sudah latihan dan mengatur pola makan (diet) untuk menurunkan berat badan tapi belum menunjukkan hasil yang memuaskan? Berikut beberapa langkah untuk membantu mengoptimalkan program Anda.

Memiliki timbunan lemak berlebih dalam tubuh memang dapat menurunkan produktivitas atau kepercayaan diri seseorang. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih berencana untuk menurunkan berat badan dengan cara latihan dan mengatur pola makan. Apakah termasuk Anda?

Jika iya, bagaimana hasil yang bisa Anda lihat sekarang? Apakah berat badan Anda sudah berhasil turun? Atau malah belum menunjukkan perkembangan? Beberapa langkah berikut mungkin dapat Anda lakukan untuk membantu mengoptimalkan program penurunan berat badan Anda:

1. Atur Konsumsi Karbohidrat Anda

LangkahCarb

Cara yang paling sederhana adalah dengan mengatur asupan karbohidrat, yakni bergantian mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau rendah pada hari tertentu.

Misalnya, hari Senin tinggi karbohidrat, Selasa rendah karbohidrat, dan seterusnya.

Ketika hari latihan, dan ingin melakukan latihan beban atau kardio HIIT (High Intensity Interval Training), maka konsumsilah makanan yang tinggi karbohidrat. Dan ketika hanya melakukan latihan kardio atau hari libur dari latihan, maka konsumsi rendah karbohidrat.

2. Angkat Beban dan HIIT

Langkah2

Selama ini mungkin mindset Anda adalah latihan kardio untuk membakar lemak, sementara latihan beban adalah untuk menambah massa otot. Tentu, hasilnya akan lebih optimal apabila menggabungkan keduanya. Yaitu latihan beban dan latihan kardio High Intensity Interval Training (HIIT).

Misalnya Anda telah melakukan latihan Tabata, kemudian melakukan latihan beban dengan menggunakan barbell atau dumbbell, kemudian dilanjutkan dengan latihan sprint interval, maka tidak hanya membakar lemak yang bisa Anda dapatkan, tapi juga dapat menambah massa otot. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah selalu perhatikan kondisi tubuh Anda untuk mencegah overtraining.

Baca Juga: Berapa Kali Saya Harus Latihan Angkat Beban?

3. Cara Praktis Bakar Lemak dengan Circuit Training

Langkah4

Jika program latihan untuk menurunkan berat badan Anda hanya dengan berlama-lama di atas treadmill, atau berjam-jam di atas eliptical trainer, kemungkinan hasil yang Anda dapat akan jauh dari yang diharapkan. Nah, solusinya adalah ubah latihan tersebut dengan circuit training. Circuit training merupakan rangkaian latihan yang dilakukan berurutan dan merupakan kombinasi antara latihan beban dan kardio.

Melakukan circuit training memang melelahkan, karena itu Anda tidak dianjurkan untuk melakukannya setiap hari demi menghindari kelelahan atau overtraining. Circuit training dapat dilakukan dengan menggunakan beban yang ringan namun pastikan tetap menjaga intensitas tetap tinggi. Latihan ini tidak mengharuskan kombinasi latihan beban dengan kardio. Anda dapat melakukannya dengan latihan kardio saja. Lakukan sebanyak 2-4 kali dalam seminggu sudah cukup untuk membantu pembakaran lemak tubuh Anda.

Contoh circuit training untuk membantu menurunkan berat badan Anda juga dituliskan dalam ebook “Turunkan Berat Badan dalam Seminggu dengan Olahraga di Rumah”. Dalam ebook tersebut, dipaparkan tentang cara menurunkan berat badan dengan cepat hanya dengan berolahraga yaitu circuit training di rumah.

4. Dukung dengan Suplementasi Pembakar Lemak

LangkahSupplement

Mengatur pola makan, latihan rutin, serta istirahat yang cukup adalah kunci utama untuk menurunkan berat badan. Namun, ada hal lain yang perlu dilakukan untuk mendukung program yang sudah Anda lakukan, yaitu suplementasi.

Suplemen adalah nutrisi tambahan apabila nutrisi harian dari makanan Anda kurang atau tidak mencukupi seperti suplemen pembakar lemak yang berfungsi untuk membantu membakar lemak tubuh. Suplemen sendiri bertujuan untuk memaksimalkan program latihan dan pola makan seperti membuat latihan semakin intens maupun menjaga pola makan tetap sehat. Sehingga, dukungan suplementasi akan sangat membantu Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Note: Penggunaan suplemen pembakar akan efektif apabila diimbangi dengan pola latihan rutin, pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup >> L-Carnitine dari Ultimate Nutrition

BACA JUGA: 8 Cara Jitu untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes