membentuk otot baru

4 Metode Latihan Terbaik untuk Pangkas Lemak Tubuh Berlebih

Tumpukan lemak tubuh berlebih, terutama di perut, tentunya dapat mengganggu penampilan dan juga kesehatan Anda. Nah, berikut ini 4 latihan yang paling ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

latihan membakar lemak

Sudah melakukan beragam latihan tapi berat badan belum berhasil turun? Ya, selain dengan mengatur pola makan yang sehat, latihan rutin adalah cara jitu untuk menurunkan berat badan berlebih. Namun, tidak sedikit yang mengaku sudah latihan tapi perut belum juga langsing.

Banyak jenis latihan yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Tapi jenis latihan seperti apa yang paling tepat untuk menurunkan berat badan? Berikut 4 jenis latihan terbaik untuk memangkas tumpukan lemak berlebih dalam tubuh Anda.

Resistance Training

latihan membakar lemak

Resistance training atau latihan beban sangat efektif untuk membakar lemak. Banyak orang yang masih percaya bahwa latihan beban hanya untuk membesarkan tubuh. Anggapan ini tidak selalu beban. Bahkan, hasil penelitian telah menunjukkan bahwa untuk membakar lemak tubuh berlebih dan menjaga kadar lemak tubuh adalah dengan melakukan latihan beban. Simak juga informasi menarik lainnya Latihan Beban Tidak Perlu Pakai Emosi!

Otot merupakan jaringan aktif yang berarti menggunakan energi (kalori) bahkan hingga saat Anda sedang tidur, otot masih akan membakar lemak. Apabila Anda masih pemula dan ingin memulai latihan beban, sebaiknya tentukan dulu target fitnes Anda. Apakah ingin hanya menurunkan berat badan, atau ingin membentuk tubuh agar lebih berotot.

Bakar Lemak Lebih Efektif dengan Circuit Training

Ya, teknik latihan ini biasanya juga banyak dipilih karena efektif membakar lemak. Circuit training merupakan gerakan latihan berturut-turut dalam waktu tertentu dan waktu istirahat yang sedikit. Untuk hasil lebih baik, sebaiknya kombinasikan latihan beban dengan latihan kardio.

latihan membakar lemak

>> Bakar Lemak Lebih Maksimal dengan Circuit Training <<

Contoh sederhananya adalah siapkan dumbbell dan lakukan gerakan push up, dumbbell squat, skipping, dumbbell shoulder press, dumbbell lunges, dumbbell bent-over rows, bench step up, plank, kemudian istirahat 1-2 menit. Ulangi gerakan tadi sebanyak 3-5 set. Jangan terlalu banyak, cukup lakukan circuit training 2-3 kali dalam seminggu untuk mencegah overtraining.

Dengan menambahkan latihan kardio untuk membakar lemak, Anda juga akan mendapatkan kebugaran yang meningkat. Kuncinya adalah dengan latihan yang intens dan waktu istirahat yang sedikit. Selain dengan dumbbell, Anda juga dapat melakukan gerakan latihan di atas dengan barbell, kettlebell, power bags, battling ropes, dan lain-lain.

Note: Dengan rutin latihan, mengatur pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, serta suplementasi yang tepat akan mempercepat program penurunan berat badan Anda >> Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition

High Intensity Interval Training (HIIT)

latihan membakar lemak

Salah satu teknik latihan lain yang juga sangat efektif membakar lemak adalah High Intensity Interval Training atau lebih akrab disingkat HIIT. Latihan HIIT adalah kombinasi latihan kardio intensitas tinggi dan intensitas sedang. Seperti sprint, step up, skipping, atau dengan menggunakan alat kardio lain seperti sepeda stasioner, treadmill, atau rowing machines. [Baca Juga: Metode HIIT, Penurun Berat Badan Tercepat]

Untuk memastikan bahwa kondisi tubuh Anda siap untuk melakukan latihan HIIT adalah dengan cara pemanasan selama 15-20 menit. Apabila Anda masih pemula, coba lakukan gerakan sprint selama 30 detik, lari pelan selama dua menit, ulangi lagi dan lakukan peregangan jika sudah selesai.

Gabungan Ketiga Latihan di Atas

latihan membakar lemak

Karena ketiga latihan di atas adalah cara efektif untuk membakar lemak, maka tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan ketiga latihan tersebut agar pembakaran lemak semakin maksimal. Apabila masih pemula, sebaiknya lakukan 3-4 kali sesi dalam seminggu. Misalnya:

• Senin: Latihan Beban
• Selasa HITT
• Rabu: Off / Kardio Ringan/ Jogging/ Yoga
• Kamis: Latihan Beban
• Jumat: Circuit Training
• Sabtu: Off/ Kardio Ringan/ Jogging/ Yoga
• Minggu: Off

Ingat, berlatihlah sesuai dengan kondisi tubuh Anda agar terhindar dari overtraining atau bahkan hingga cedera.

Atur Pola Makan dan Suplementasi yang Jitu

latihan membakar lemak

Selain rutin melakukan latihan, cara terbaik untuk membakar tumpukan lemak berlebih adalah dengan mengatur pola makan. Masih banyak salah tentang pengaturan pola makan untuk menurunkan berat badan. Tidak jarang orang rela berlapar-lapar hanya demi kehilangan berat badan tertentu. Padahal, cara tersebut justru menyiksa dan dapat mengganggu kesehatan. Lantas seperti apa pola makan yang tepat? Gabung di PanduanDiet.com dan Anda akan mendapatkan informasi yang tepat dan terpercaya seputar penurunan berat badan langsung dari ahlinya.

Tak hanya latihan rutin dan mengatur pola makan, faktor lain yang tak kalah menentukan dalam program penurunan berat badan Anda adalah istirahat yang cukup serta suplementasi yang tepat. Ya, tubuh juga memerlukan istirahat agar terhindari dari overtraining. Dukungan suplementasi juga diperlukan untuk menurunkan berat badan. Peran suplementasi yakni berguna untuk meningkatkan performa latihan dan recovery tubuh sehingga pembakaran lemak dapat maksimal.

Manakah latihan yang tepat untuk Anda? (ctr)

[sc:URFAFPangkas ]

Baca Juga: Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Ini Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Matcha

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes