menurunkan berat badan

5 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan By Jerry Nechemya

Ingin dapat miliki bentuk tubuh ideal? Simak 5 tips jitu berikut ini langsung dari Jerry Nechemya untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

Orang berpikir kalau pergi ke gym itu hanya sekedar usaha untuk membentuk badan menjadi lebih bagus.

Oke, mungkin itu adalah salah satu alasan mengapa orang nge-gym. Tapi di zaman modern seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang sadar kalau nge-gym itu bukan hanya sekedar lifestyle tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Lapisan tubuh manusia jika dilihat dari luar dimulai dari kulit, fat, otot, sampai akhirnya tulang.

Jika semuanya balance alias seimbang, tidak akan menjadi masalah. Lalu bagaimana jika salah satu lapisan itu lebih banyak dari yang lain?

Lapisan mana yang dimaksud? Kulit? Tidak. Otot? Kalau lebih banyak itu bagus. Fat? Nah! Ini yang berbahaya!

Fat yang berlebih dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan tubuh, jika terus ditimbun dalam jangka waktu yang panjang dan tidak ada aktivitas untuk membakar fat, maka seseorang akan berisiko menderita obesitas yang akan berpengaruh datangnya penyakit jantung, stroke, paru-paru, hati, dll.

Banyak orang yang kesulitan dalam membakar lemak, hal ini juga diungkapkan oleh orang yang rutin pergi gym.
Pertanyaannya sekarang, apakah menurunkan berat badan dan membakar fat itu sama? Lalu adakah kunci untuk membakar fat dalam tubuh dengan mudah dan hasilnya bisa terlihat dari minggu pertama setelah melakukan gym?

Semua pertanyaan Anda akan terjawab dalam artikel ini. Managing editor Duniafitnes, Jerry, akan menjelaskan dan berbagi pengalamannya dalam membakar fat tubuh.

Mari kita mulai membahasnya . . . .

Menurunkan Berat Badan dengan Memangkas Lemak Tubuh Berlebih

menurunkan berat badan

Turun Berat Badan? Bagus, Tapi yang Turun itu Lemak atau Otot?

Saat sharing, Managing Editor Dunia Fitnes dan juga penggemar fitnes, Jerry Nechemya mengatakan pada dasarnya, kita tidak bisa menargetkan fat burn pada bagian tubuh tertentu.

Dan kardio adalah cara yang paling ampuh untuk membakar lemak di dalam tubuh. Hal yang diinginkan ketika melakukan kardio adalah tubuh menggunakan sumber lemak yang sudah ada di dalam tubuh (lemak berlebih) sebagai energi, bukan dari makanan yang baru dikonsumsi atau bahkan otot.

Lalu bisakah kita mengontrol tubuh agar menggunakan cadangan lemak yang sudah ada menjadi energi pada saat kardio?
Tentu saja bisa! Tutur Jerry, yang perlu diingat adalah kita ingin menurunkan berat badan karena lemak yang dibakar, bukan dikarenakan massa otot yang turun.

Untuk menjelaskannya, Jerry menggunakan logika dan studi kasus yang akan dijadikan sebagai patokan sekaligus contoh.

Jika orang yang obesitas terdampar di sebuah pulau serta tidak ada makanan atau apapun itu untuk dikonsumsi, maka ada beberapa hal yang akan terjadi dengan orang ini.

Pertama adalah tubuhnya akan mengunakan lemak sebagai cadangan energi karena tidak adanya sumber makanan yang dapat dikonsumsi.

Dan Jika pada akhirnya orang ini mati kelaparan, maka ia akan mati bukan dalam keadaan gemuk, melainkan dalam keadaan super kurus karena body fat yang sangat rendah.

Body Fat 14%
Body Fat 14%

“Saya tidak menganjurkan kalian untuk menahan lapar secara terus menerus untuk menurunkan berat badan. Saya hanya memberitahu Anda bahwa semua itu mungkin terjadi kepada kita semua, terutama bagi orang yang obesitas untuk menurunkan kadar presentase lemak di dalam tubuh ke level terendah sesuai yang diinginkan.”

Agar tubuh dapat menggunakan lemak sebagai sumber energi untuk dibakar pada saat kardio, Anda juga harus membatasi makanan yang hendak Anda konsumsi.

Jika Anda tidak membatasi makanan yang Anda konsumsi, tubuh tidak akan memakai fat dan protein sebagai sumber energi, namun tubuh memilih karbohidrat dan gula sebagai sumber utama energi untuk aktivitas Anda sehari-hari.

Jadi, diet rendah karbohidrat bekerja lebih effektif untuk menurunkan berat badan karena yang dibakar oleh tubuh adalah lemak.

Hal penting lain yang perlu Anda ingat adalah sebaiknya tidak langsung berhenti mengkonsumsi karbohidrat, karena pastinya Anda tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.

Anda hanya perlu membatasi masuknya karbohidrat agar tubuh tetap bisa mengakses sumber lemak dari dalam tubuh untuk dibakar dan dijadikan sumber energi.

Tips untuk Membakar Lemak Guna Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan

Terdapat 5 kunci untuk mengakses sumber cadangan lemak Anda dan dapat segera Anda praktikkan setelah selesai membaca artikel ini.

1. Buatlah Calorie Deficit.

Anda harus mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang Anda bakar. Anda bisa melakukan itu dengan makan lebih sedikit atau membakar kalori lebih banyak.

Jadi jika ada orang yang mengatakan kalau Anda tidak perlu membatasi jumlah kalori untuk membakar lemak, berarti secara tidak langsung orang tersebut mengatakan kalau hukum sains dan matematika tidak berlaku dalam kehidupan.

2. Konsumsi Daging & Sayuran Hijau

Mengapa daging dan sayuran hijau? Karena seperti yang telah dibahas pada awal tadi, tubuh tidak menggunakan fat dan protein sebagai sumber energi, namun tubuh lebih memilih karbohidrat dan gula sebagai sumber utama energi.

Ketika Anda mengkonsumsi daging, Anda tidak akan menghalangi kinerja tubuh untuk mengakses lemak yang sudah tertimbun di dalam tubuh.

Selain rendah kalori, sayuran hijau juga akan memberi nutrisi yang cukup untuk tubuh.

3. Hindari Gula

Gula bisa berasal dari mana saja, termasuk buah. Coba untuk mengkonsumsi karbohidrat di hari Anda melakukan angkat beban atau kardio.

Waktu yang paling tepat untuk mengkonsumsi karbohidrat adalah setelah berolahraga. Karena pada saat itulah tubuh Anda perlu meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh (insulin spike). Ketika sedang off berolahraga, ganti karbohidrat dengan sayuran hijau.

Mengganti pola makan seperti ini sudah terbukti menjadi cara yang paling efektif untuk membakar lemak berlebih.

Jika Anda merasa sangat membutuhkan karbohidrat dan sangat ingin mengkonsumsi karbohidrat, itu hal yang normal.

Tapi pastikan Anda penuhi kebutuhan karbohidrat yang tubuh Anda butuhkan saat hari dimana Anda berolahraga. Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi karbohidrat adalah pada saat makan pagi dan setelah berolahraga.

4. Latihan Beban

Dalam melakukan latihan beban, Anda ingin capai 2 hal penting:
• Anda ingin membangun otot. Namun untuk para wanita jangan takut karena dengan membangun otot kita bisa memiliki tubuh yang kencang seperti yang kita inginkan. Latihan beban tidak akan membuat tubuh wanita menjadi besar.
• Kita ingin menaikkan denyut jantung ke level yang tinggi. Caranya? Dengan melakukan latihan intensitas tinggi untuk membuat calorie deficit.

Jadi untuk menyelesaikan 2 hal tersebut, Anda direkomendasikan untuk melakukan paling sedikit 3 kali dalam seminggu berlatih angkat beban, di mana Anda harus melakukan variasi seperti menaikkan beban angkatan sehingga otot Anda akan rusak secara maksimal.

Agar otot berkembang, Anda perlu Nutrisi & tidur 7-8jam. Setelah 3 hari Anda berlatih beban 3 hari berikutnya secara selang-seling, Anda harus melakukan HIIT atau melakukan kardio statis dengan durasi 30-45menit di pagi hari ketika Anda baru saja bangun atau setelah melakukan sesi angkat beban.

5. STOP!

Stop percaya kepada produk yang menjanjikan Anda bisa menurunkan berat badan tanpa melakukan apapun.

Berhenti melakukan hal-hal bodoh lainnya yang dianjurkan oleh siapapun itu guna melariskan produknya.

Berhenti pula mengharapkan cara yang mudah untuk meraih tubuh ideal yang diinginkan, karena jika memang mudah, pastinya semua orang sudah bisa mendapatkan tubuh ideal yang mereka inginkan.

Karena di luar diet dan berolahraga, sebenarnya tidak ada cara yang lebih effisien dan effektif untuk menurunkan berat badan atau memperbagus tubuh yang Anda miliki.

Hanya saja, memang ada beberapa produk yang dapat membantu tubuh Anda dalam mempercepat proses pembakaran lemak melalui effek panas yang di hasilkan di dalam tubuh.

Kesimpulan…

Jadi, apa yang bisa ditarik garis besarnya dari artikel ini? Anda perlu yang namanya USAHA dan TIDAK MENYERAH sampai Anda mencapai apa yang ditargetkan.

Selain itu Anda perlu menerapkan sikap disiplin ke diri sendiri secara konsisten dan lakukan!

Untuk dapatkan panduan Program Fat Loss yang EFEKTIF dan SUPER LENGKAP, Anda bisa subscribe DI SINI dan dapatkan panduan lengkap disertai video langsung dari ahlinya.

#MAKEITCOUNT

EFEKTIF PANGKAS LEMAK TUBUH BERLEBIH

  • Membakar Lemak Tubuh
  • Menambah Energi dan Stamina
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Menekan Nafsu Makan

Tambah energi dan buat performa latihan Anda lebih optimal sekarang juga!BELI DI SINI!

Baca juga artikel lainnya seperti menaikkan berat badan melalui massa otot. Dan bagikan cerita atau pengalaman Anda dalam proses membakar fat atau yang berhubungan dengan topik ini kepada DuniaFitnes.net dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom di bawah.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes