mengendalikan nafsu makan

5 Cara Terbaru Perangi Nafsu Makan!

Mengalah pada nafsu makan yang menggebu-gebu sama halnya Anda menyia-nyiakan program diet yang Anda jalani. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda makan lebih banyak cokelat, keripik, dan makanan ringan lainnya, tapi juga akan membuat Anda seringkali berlebihan terutama saat cheat day datang. Untuk mengendalikan dan menghentikan kebiasaan ini, Anda bisa mencobaba beberapa saran dari hasil penelitian yang dilansir di situs prevention.com berikut ini:

mengendalikan nafsu makan

1. Mulailah Sarapan Dengan Gandum

Dua studi baru meneliti sebuah kasus yang cukup menarik yang membuat Anda memasukkan oatmeal ke dalam menu sarapan. Penelitian dari Universitas Lund di Swedia menemukan bahwa lemak sehat dalam gandum dapat memicu produksi hormon kenyang dalam tubuh dan membantu mencegah nafsu makan hingga 7 jam.

Studi terbaru lainnya yang dipublikasikan dalam Annals of Nutrition & Metabolism, menemukan bahwa orang yang makan oatmeal untuk sarapan akan mengonsumsi 31% kalori lebih sedikit saat makan siang daripada orang yang melewatkan sarapan atau lebih memilih semangkuk corn flakes saat sarapan.

2. Hindari Area Perangsang Nafsu Makan Anda

Apakah Anda bisa menahan lapar saat mencium bau panggangan makanan? Beberapa orang mungkin bisa, namun kebanyakan orang tidak mampu menahan keinginan makan mereka saat mencium bau makanan lezat.

Para peneliti di McGill University menemukan teknik berbasis kesadaran yang paling efektif dalam mengendalikan nafsu makan adalah hanya dengan menghindari daerah atau area yang memicu nafsu makan Anda bertambah.

3. Bermainlah Game

Dalam sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite, peneliti meminta salah satu kelompok peserta untuk mencoba melawan rasa lapar dengan memainkan permainan Tetris, dan kelompok lainnya tidak memainkan permainan apapun dan hanya menunggu.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa kelompok yang memainkan permainan tersebut memiliki hasrat dan keinginan makan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang kedua. Sebuah permainan cepat seperti Candy Crush, Words With Friends, atau permainan lainnya akan membantu mengarahkan pikiran Anda dari makanan.

4. Tekan Kepala Anda Selama 30 Detik

Memang cara yang satu ini kelihatan aneh, tapi para peneliti di New York Obesity Nutrition Research Center menemukan bahwa dengan menekan dahi Anda dengan jari-jari tangan akan menggerakkan bagian otak yang menyebabkan munculnya rasa lapar. Tekanan di kepala ini akan menghambat proses inginnya makan dalam diri Anda.

5. Pikirkan Bagaimana Bentuk Tubuh Anda Jika Anda Menyerah

Para peneliti di Brown University melakukan penelitian menggunakan scan MRI untuk memeriksa otak pada orang yang melihat makanan yang lezat. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa memberikan gambaran buruk saat mereka gemuk nanti atau membuat mereka merenungkan hal negatif tentang jangka panjang dari nafsu makan berlebih akan menghasilkan kemauan pada diri untuk menjauhinya.

Dengan makan tepat pada porsi dan melakukan aktivitas positif seperti berolahraga akan membantu Anda menjaga berat badan yang ideal. Jangan lupakan pula tentang suplementasi yang tepat untuk menyempurnakannya. (mee)

BACA JUGA: Tips Makan Sehat Saat Rayakan Imlek

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes