5 Cara Tetap Menikmati Makanan Favorit Saat Berdiet


Baik bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, ataupun bagi Anda yang menjalani pola diet sehat untuk menjaga berat badan Anda, bukan berarti Anda benar-benar tidak bisa mengkonsumsi makanan kesukaan Anda sama sekali. Kenyataannya, ketika Anda memaksakan diri untuk menghindari makanan favorit Anda, ada kecenderungan Anda justru jenuh pada diet Anda dan akan merusak diet Anda dengan makan makanan junk food yang tidak sehat.

Oleh karena itu, agar program diet Anda dapat terus berjalan dengan optimal, makanlah makanan kesukaan Anda dengan cara yang lebih sehat saat berdiet. Simak 5 cara mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat berikut ini:

  • Ganti Bahan Makanan Anda
    Mencari bahan pengganti yang baik dari makanan favorit Anda adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat. Sebagai contoh, siapkan makaroni, keju rendah lemak, dan susu skim. Gunakan yogurt sebagai pengganti es krim ketika membuat milkshake. Ganti krimmer dengan susu skim saat Anda ingin menikmati secangkir kopi, dan pilihlah daging panggang daripada daging yang digoreng. Dengan cara ini Anda tetap mendapatkan makanan kesukaan Anda dengan cara lebih sehat.
  • Kendalikan Porsi Makan Anda
    Makan dalam porsi yang lebih kecil juga dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori. Sebagai contoh, saat Anda makan di luar rumah dan ingin memesan makanan, pesanlah dengan porsi kecil. Selain itu, lebih baik jika Anda memesan sepiring salad sayuran dengan potongan daging ayam atau ikan daripada memilih burger dan french fries.
  • Makan Dalam Porsi Sedang
    Hal yang sering terjadi adalah Anda terlalu sering makan makanan tinggi kalori, tinggi lemak, ataupun tinggi sodium dalam jumlah banyak setiap hari. Jadi, jika selama ini dalam satu minggu Anda bisa menghabiskan 10 bungkus keripik kentang, kurangilah sedikit sedikit menjadi 1 bungkus kecil saja dalam seminggu.
  • Tambahkan Bahan Makanan Yang Lebih Sehat
    Tambahkanlah makanan yang lebih sehat ke dalam menu diet Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Contohnya, tambahkan potongan buah segar di atas sereal Anda, tambahkan sayuran segar pada sandwich Anda, atau tambahkan beberapa potong buah segar di atas kue atau es krim Anda.
  • Jaga Asupan Kalori Anda
    Jika Anda benar-benar tidak bisa menghindari makanan favorit Anda yang kurang sehat, maka kurangilah kalori di waktu makan Anda berikutnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga asupan kalori Anda tetap seimbang. Selain itu, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kalori, Anda pun harus berolahraga lebih banyak agar kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak yang terbakar.

Kesimpulannya, bahwa diet merupakan sesuatu yang sulit dilakukan adalah pemahaman yang keliru. Anda semua bisa berdiet dengan mudah dengan tetap menikmati makanan kesukaan Anda. Resep makanan yang bervariasi juga menjadi kunci agar Anda tidak jenuh dalam berdiet. Dapatkan berbagai variasi resep masakan sehat untuk diet Anda di kategori Healthy Food Recipe di www.duniafitnes.com ini dan jadikan diet Anda lebih menyenangkan!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes