5 Manfaat Berlatih Menggunakan Elliptical Trainer

Elliptical trainer, nama ini mungkin terdengar asing bagi Anda, khususnya Anda yang baru mengenal dunia kebugaran. Anda mungkin lebih familiar dengan nama treadmill, barbel, dumbbell, dan sebagainya. Tidak jauh berbeda dengan alat kebugaran lain, elliptical trainer juga merupakan alat kebugaran yang dapat membantu Anda mendapatkan banyak sekali manfaat kesehatan, salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan.


Saat Anda ingin menurunkan berat badan, Anda mungkin sudah mencoba berbagai macam alat kebugaran di gym. Namun, Anda masih belum bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Jika Anda bingung menentukan alat kebugaran apa yang sesuai untuk menurunkan berat badan, elliptical trainer mungkin bisa menjadi jawabannya.

5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan elliptical trainer adalah:

  1. Mengurangi Risiko Cedera
    Hal terpenting dengan berlatih menggunakan elliptical trainer adalah minimnya benturan pada persendian Anda. Latihan ini memungkinkan Anda melakukan gerakan jogging tanpa khawatir persendian cedera karena menahan berat tubuh Anda. Inilah alasan mengapa banyak ahli merekomendasikan penggunaan alat ini bagi penderita nyeri sendi atau arthritis sebagai alternatif dari berjogging.
  2. Membakar Kalori Lebih Banyak
    Berlatih menggunakan elliptical trainer dengan intensitas yang tinggi berguna untuk membakar kalori lebih banyak. Lakukan gerakan seperti melakukan jalan cepat sebelum secara perlahan Anda tambahkan gerakan berlari untuk memaksimalkan pembakaran kalori Anda. Latihan ini memungkinkan Anda membakar 8-12 kalori per menit.
  3. Bakar Lemak Lebih Cepat Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal Anda DI SINI!

  4. Melatih Otot Perut
    Berlatih menggunakan elliptical trainer juga baik untuk melatih otot perut Anda. Caranya, saat Anda menggunakan elliptical trainer, lepaskan tangan Anda dari handle dan lakukan gerakan jalan cepat seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Melepaskan tangan dari handle, berarti memberikan tumpuan beban dan keseimbangan Anda pada bagian tengah tubuh Anda, yaitu otot perut. Ini memungkinkan otot perut Anda terlatih dengan baik.
  5. Melatih Otot Kaki
    Selain melatih otot perut dengan baik, berlatih menggunakan elliptical trainer juga memungkinkan otot kaki Anda terlatih dengan baik seperti halnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jalan cepat, jogging, ataupun lari. Otot kaki yang kuat dapat meningkatkan mobilitas dan keseimbangan tubuh.
  6. Cocok Untuk Latihan Di Rumah
    Anda tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke gym? mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki alat ini. Selain bisa mendapatkan manfaat sehat dengan menggunakan elliptical trainer, Anda juga bisa berlatih di dalam rumah tanpa harus memperhitungkan kondisi cuaca di luar.

Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau memiliki masalah dengan persendian, elliptical trainer bisa menjadi latihan terbaik bagi Anda. Latihan yang baik adalah latihan yang tidak menimbulkan potensi cedera dan aman bagi Anda. Selamat berlatih!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes