tips menjaga berat badan

5 Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Menjaga berat badan atau menurunkan berat badan bukan sesuatu yang dapat dilakukan dengan cepat dan sesaat. Melainkan harus secara perlahan dan stabil. Apabila Anda telah berhasil menurunkan berat badan, tantangan berat juga masih ada yaitu menjaga berat badan tetap stabil.

tips menjaga berat badan

Pasca penurunan berat badan, menjaga berat badan agar tetap stabil adalah tantangan berikutnya. Berikut ini beebrapa resep rahasia yang mungkin dapat membantu Anda menjaga berat badan yang ideal dan stabil.

1. Tetap Aktif

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, seseorang diperlukan untuk tetap aktif sepanjang hari. Idealnya, seseorang harus dapatmembakar 2.000 kalori per hari untuk pria dan 1.600 kalori untuk wanita.

Beberapa cara dapat dilakukan. Seperti mencuci mobil atau kegiatan lain selama 30 menit dapat membakar 300 kalori. Atau bisa dengan naik turun tangga yang dapat membakar 100 kalori.

2. Jangan Berpikir Sempurna

Menjaga berat badan ataupun menurunkan berat badan memang bukan langkah yang mudah. Semua ini butuh proses yang tidak singkat. Untuk itu, proses penurunan berat badan harus dapat dijadikan sebagai pengalaman dengan maksud untuk pembelajaran.

3. Hindari Minum Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi tentu tidak direkomendasikan. Coba ganti dengan jus buah segar atau es teh segar. Sebab, minuman berkarbonasi justru hanya meningkatkan risiko diabetes, arthritis, liver, jantung, bahkan kanker.

4. Frekuensi Makan Yang Tepat

Frekuensi makan yang benar adalah hal yang paling utama jika seseorang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Intensitas makan yang kurang setiap harinya juga dapat membawa masalah keehatan.

Cara terbaiknya adalah makan 6-7 porsi setiap hari dengan skala kecil. Dalam setiap porsi makan harus mengandung beberapa kalori yang dikonsumsi. Jangan lupa, makan malam beberapa jam sebelum tidur dapat menghindari keasaman dan masalah pencernaan lainnya.

5. Olahraga Rutin

Selain memberikan tubuh bugar dan kencang, olahraga juga sangat membantu menguatkan sendi dan otot-otot agar lebih efisien. Olahraga membuat sendi dan tulang lebih fleksibel dan kuat, serta meningkatkan stamina.

Idealnya adalah lakukan olahraga tiga kali seminggu. Latih seluruh bagian tubuh Anda dengan dengan memfokuskan otot tubuh yang berbeda setiap harinya.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Yang Dilakukan Orang Tua Jika Anaknya Alami Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes