menurunkan berat badan

5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

Waktu menyusui adalah saat yang tepat bagi ibu untuk membentuk tubuhnya kembali ideal. Nah, berikut ini lima tips menurunkan berat badan ketika ibu dalam tahap menyusui.

menurunkan berat badan

Menyusui itu sendiri membantu ibu untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, diet saat menyusui tidak dapat dilakukan sembarangan karena juga dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan bayi.

Diet sebenarnya bukan pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa wanita akan membakar hingga 300 kalori saat menyusui. Itu membuat sang ibu lebih mudah lapar saat menyusui.

Meski demikian, ada beberapa cara yang tetap bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan berat badan saat menyusui.

1. Makan makanan yang sehat

Ini adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Pastikan Anda makan makanan sehat, ditambah dengan beberapa makanan ringan yang sehat di antara waktu makan. Ini akan membantu ibu mengontrol rasa lapar sekaligus membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum cukup cairan adalah tips penting saat menyusui. Anda tidak harus mengalami dehidrasi ketika mencoba menurunkan berat badan saat menyusui. Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak cairan dari biasanya. Air putih dan jus adalah cairan yang bisa Anda dapatkan untuk memiliki energi yang cukup saat menyusui. Bersamaan dengan itu, memenuhi kebutuhan cairan juga akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

3. Diet yang seimbang

Diet yang seimbang adalah kunci untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Makan sayur dan buah-buahan lebih banyak, hindari makanan olahan, juga tambahkan protein dan daging tanpa lemak. Ini adalah salah satu tips untuk menurunkan berat badan saat menyusui.

4. Olahraga

Latihan, terutama berfokus pada perut adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh Anda kembali ideal. Namun, sebelum melakukan latihan perut atau olahraga berat harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Keadaan wanita selama dan setelah melahirkan bervariasi. Mungkin masih ada yang belum cukup fit untuk latihan agak berat.

5. Latihan kardio

Jangan membayangkan latihan kardio yang terlalu berat. Jalan santai dan rutin dilakukan di pagi hari saja dapat membantu Anda menurunkan berat badan saat menyusui. Lakukan perlahan-lahan agar tidak membebani tubuh Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan dan saat menyusui. Ingat bahwa nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu mempengaruhi kesehatan bayi, sehingga sangat penting untuk memilih makanan sehat dan diet yang tida berlebihan atau malah menyiksa. (ctr)

BACA JUGA: 3 Cara Agar Sarapan Anda Maksimal Untuk Diet

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes