6 Langkah Membentuk Tubuh Ideal di Tahun yang Baru

Membentuk tubuh ideal adalah impian banyak fitnes mania. Berikut ini 6 cara terbaik untuk membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang Anda inginkan.

Memiliki bentuk tubuh ideal tentu banyak yang mengidamkannya. Apakah demikian juga dengan Anda?

Tentu, dengan bentuk tubuh ideal akan membuat level kepercayaan diri Anda meningkat.

Bukan hanya kepercayaan diri, yang lebih penting adalah potensi datangnya penyakit berbahaya juga akan semakin kecil.

Perlu diingat, obesitas atau kegemukan akan meningkatkan potensi sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes bahkan hingga kematian.

Nah, dengan memiliki bentuk tubuh ideal akan membantu Anda menghindari masalah kesehatan tersebut.

So, berikut ini adalah 6 langkah terbaik untuk bantu pembentukan tubuh ideal.

1. Fokus Pada Gerakan yang Melatih Banyak Otot

membentuk tubuh ideal

Apakah Anda hanya ingin membakar lemak berlebih atau membentuk massa otot, Anda harus melakukan gerakan latihan multijoint dalam program Anda.

Tentu, dengan melakukan gerakan latihan mulitijoint (lebih banyak otot), maka latihan ini akan mengharuskan Anda mengangkat beban jauh lebih berat ketimbang melakukan gerakan single-joint.

Latihan compound merupakan jenis latihan yang menargetkan lebih dari satu kelompok otot dan sendi.

Latihan ini tentu berbeda dengan jenis latihan lainnya yaitu isolation exercise atau latihan isolasi (single-joint). Latihan isolasinya hanya melibatkan satu kelompok otot.

Karena melibatkan banyak kelompok otot, praktis beban biasanya lebih berat.

Adapun efeknya adalah akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda baik itu selama latihan maupun setelahnya.

Gerakan ini juga terbukti lebih efektif mendongkrak pelepasan hormon anabolik seperti hormon testosteron dan hormon pertumbuhan.

Kedua hormon ini akan mengatur pembakaran lemak serta membantu Anda untuk tetap defisit kalori.

Sebelum melakukan latihan compound, sebaiknya perhatikan beberapa hal.

Pilihlah berat beban yang cukup menantang dan konsesntrasikan pada kelompok otot yang ingin Anda latih. Serta aturlah napas dengan banyak menghirup oksigen secara beraturan.

Karena latihan dengan beban yang cukup berat serta tidak hanya melibatkan satu kelompok otot, maka sangat penting untuk melakukan peregangan sebelum latihan.

2. Pilih Beban yang Berat untuk Membentuk Tubuh Ideal

membentuk tubuh ideal

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf akhir poin pertama tadi, sebaiknya gunakan beban angkatan yang cukup berat untuk membantu membentuk tubuh ideal Anda.

Ketika ingin menjaga bentuk tubuh Anda tetap lean, maka Anda tidak perlu lagi untuk mengangkat beban yang berat.
Yaitu melakukan angkatan dengan beban yang sedikit lebih ringan tapi banyak repetisi.

Lalu apakah tubuh Anda membakar kalori lebih banyak selama latihan?

Bila Anda menggunakan beban yang berat, maka Anda mengirim sinyal pada tubuh Anda untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Jadi, meskipun Anda hanya ingin membentuk tubuh ideal, Anda masih memerlukan menggunakan beban yang cukup berat dalam setiap sesi latihan Anda.

Setidaknya Anda dapat melakukannya pada set-set awal latihan.

Latihan dengan beban yang lebih berat (6RM) menunjukkan bahwa dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda lebih lama daripada menggunakan beban yang lebih ringan.

Hal ini karena terkait dengan proses yang disebut excess post-exercise oxygen consumption (EPOC).

EPOC ini yang menyebabkan metabolisme tubuh Anda tetap tinggi selama 24 jam setelah latihan.

Mungkin EPOC ini identik dengan latihan kardio. Akan tetapi, melakukan angkat beban dengan beban yang berat adalah cara bagus untuk mendapatkannya juga.

3. Membentuk Tubuh Ideal dengan Tingkatkan Intensitas Latihan

membentuk tubuh ideal

Bagaimanapun, latihan lebih singkat adalah cara yang tepat untuk membantu membentuk tubuh ideal tanpa mengurangi aktivitas harian Anda yang padat.

Tapi yang perlu diingat adalah latihan tersebut meskipun singkat haruslah tetap efisien. Terutama jika Anda tengah melakukan program diet rendah kalori.

Salah satu program yang bisa Anda lakukan adalah dengan latihan superset.

Superset merupakan teknik latihan yang mengkombinasikan dua jenis latihan dan melakukan latihan ini berurutan tanpa ada jeda di antara kedua latihan.

Superset bisa memberikan Anda manfaat yang sama besarnya bahkan dalam waktu yang lebih singkat. Ini berarti, Anda dapat melakukan metode superset di sela kesibukan Anda.

Metode superset membantu tubuh dalam meningkatkan produksi asam laktat. Asam laktat berperan besar dalam merangsang hormon pertumbuhan.

Ketika hormon pertumbuhan meningkat, tubuh berada dalam kondisi anabolik atau pembentukan otot, yang berarti Anda akan mendapatkan pertumbuhan otot lebih maksimal dalam waktu yang lebih singkat.

Contoh gerakan latihan superset bisa Anda simak dalam artikel 5 Superset Dasar untuk Maksimalkan Pertumbuhan Otot

4. Meningkatkan Volume Latihan dengan Metode Latihan Lain

membentuk tubuh ideal

Jika sebelumnya Anda sudah melakukan metode latihan superset, ada baiknya Anda meningkatkan volume latihan Anda dengan melakukan metode latihan lain.

Metode latihan lain yang bisa dilakukan antara lain dropset dan rest-pause.

Ya, tubuh Anda akan ditantang dengan tiga metode latihan tersebut dalam program membentuk tubuh ideal.

Set yang panjang meskipun Anda sudah failure, bukan berarti Anda harus menurunkan beban tersebut. Cara ini bisa Anda terapkan dalam metode latihan dropset, superset, dan rest-pause.

Dengan menambah set latihan, akan membuat otot Anda bekerja lebih keras yang pada gilirannya akan mendongkrak heart rate dan juga membakar kalori total.

5. Akhiri dengan Latihan yang ‘Brutal’

membentuk tubuh ideal

Setiap akhir sesi latihan, biasanya diakhiri dengan gerakan latihan isolation.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan otot yang lebih ngepump.

Tapi misi kita adalah membentuk tubuh ideal dengan kadar lemak yang lebih sedikit. Jadi tetap melakukan latihan compoun yang menargetkan sejumlah otot besar seperti otot punggung dan kaki.

Dengan beban yang bisa Anda lakukan selama 10-12 repetisi, maka selesaikanlah sebanyak 7 set failure dengan istirahat selama 30 detik diantara set.

Jika sebelum repetisi tersebut Anda sudah failure, maka kurangi berat bebannya.

Tidak peduli berapa berat beban yang Anda gunakan, namun otot Anda akan merasakan ngepump yang luar biasa.

Dan ketika Anda melakukannya, otot Anda akan membantu pelepasan hormon anabolik seperti insulin growth factor (IGH-1), testostern, dan hormon pertumbuhan untuk merangsang sintesis protein otot.

6. Membentuk Tubuh Ideal dengan HIIT untuk Bakar Kalori Lebih Cepat

membentuk tubuh ideal

Latihan kardio adalah salah satu cara terbaik untuk membakar kalori tubuh Anda setiap hari.

Tapi bukan cara dengan melakukannya dalam waktu yang lama, itu akan membosankan. Apalagi jika Anda melakukannya hanya di atas treadmill atau sepeda statis.

Solusinya adalah lakukan HIIT atau High Intensity Interval Training.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Obesity menyebutkan bahwa orang yang melakukan HIIT secara rutin selama 15 minggu berhasil menurunkan berat badan dan kehilangan lemak lebih banyak daripada mereka yang melakukan latihan kardio di atas 40 menit.

Dengan melakukan HIIT secara rutin dalam beberapa minggu akan membantu meningkatkan kardiorespirasi dan kekuatan otot Anda.

Tentu saja, ini akan membantu meningkatkan durasi latihan Anda menjadi lebih lama.

Namun perlu diingat, HIIT bukan hanya kegiatan untuk meningkatkan daya tahan, fokus pada lakukan secara singkat namun sangat ‘membara’.

Selain efektif membakar lemak, HIIT juga dapat meningkatkan perkembangan serabut otot (fast twitch fiber).

Namun, masih ada beberapa orang yang menghindari HIIT karena mereka percaya bahwa semua kalori yang dikeluarkan berasal dari glikogen otot dan bukan dari asam lemak.

Hal itu benar. Tapi, banyak yang melupakan satu hal penting yaitu hilangnya lemak terjadi karena proses yang disebut lipolisiss. Lipolisis ini terjadi selama pengeluaran energi melebihi asupan kalori.

Karena itu, apabila Anda ingin menurunkan berat badan hal penting adalah defisit kalori dan ini dapat diraih dalam waktu yang sedikit dengan intensitas yang tinggi.

Dukungan Suplemen untuk Membentuk Tubuh Ideal

membentuk tubuh ideal

Pola makan pastinya sangat penting untuk membentuk tubuh ideal Anda.

Asupan nutrisi yang seimbang akan memaksimalkan program Anda dan tentunya akan mewujudkan goal fintes Anda lebih cepat jika diimbangi dengan latihan yang rutin.

Namun jika kebutuhan nutrisi Anda tidak mencukupi melalui makanan sehari-hari, Anda bisa menambahkannya melalui suplementasi.

Ya, suplemen merupakan nutrisi tambahan yang kurang atau tidak Anda dapat melalui makanan. Solusinya adalah dengan suplementasi.

Lalu suplemen apa yang tepat untuk membantu membentuk tubuh ideal?

Banyak suplemen yang beredar yan sesuai dengan goal masing-masing. Tapi jika Anda ingin bentuk tubuh menjadi lebih ideal, maka kebutuhan protein sangatlah penting bagi tubuh Anda.

Tambahkan suplemen pembakar lemak untuk membantu mendongkrak energi selama latihan sehingga pembakaran lemak tubuh menjadi lebih maksimal.

Kabar baiknya, kedua suplemen ini bisa Anda dapat dari ALL IN ONE FAT LOSS SOLUTION yang berisikan paket lengkap untuk membantu pembentukan tubuh menjadi lebih ideal.

Suplemen ini terdiri dari Prostar 100% Whey Protein dan Ultra Ripped Fast Acting Formula yang merupakan produk best seller dari Ultimate Nutrition dan sudah dipercaya oleh banyak fitness mania.

Semakin cepat Anda beli produk ini semakin cepat manfaat produk ini bisa Anda gunakan.

Anda juga bisa download GRATIS ebook ini untuk dapatkan tips-tips latihan dan pola makan untuk menjaga bentuk tubuh Anda tetap ideal di tahun yang baru.

membentuk tubuh ideal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes