6 Langkah Mengatasi Diet Plateau

Satu hal yang seringkali membuat frustasi saat menurunkan berat badan adalah ketika penurunan berat badan tiba-tiba terhenti sekalipun Anda sudah menjalani program diet dengan baik. Inilah yang disebut dengan diet plateau.

Nah, jika Anda sudah berada dalam fase tersebut, inilah yang harus Anda lakukan.

  1. Pacu motivasi Anda Tiap Hari
    Jika motivasi Anda mulai menurun, tuliskan semua alasan yang Anda inginkan sejak awal saat menurunkan berat badan. Kemudian lihatlah daftar tersebut setiap hari. Beritahukan kepada teman dan keluarga apa yang Anda lakukan, dan mintalah dukungan dari mereka.
  2. Hindari Perhitungan yang Membingungkan
    Hal yang sering terjadi adalah, Anda melebih-lebihkan tentang kalori yang Anda bakar dan meremehkan kalori yang telah Anda makan. Temukan kebiasaan di mana Anda sering mengkonsumsi kalori berlebihan seperti suka mengkonsumsi makanan yang manis-manis, makan dalam porsi besar, dan sebagainya. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Anda memiliki buku catatan khusus untuk mencatat semua makanan yang Anda makan setiap hari secara terperinci. Perlu Anda ingat, bahwa untuk menurunkan berat badansebanyak 0.5 kg, Anda harus memotong setidaknya 3.500 kalori per hari. Jika tidak mampu mengurangi makan, berarti Anda harus melakukan jalan cepat sebanyak 10 jam dalam seminggu, agar berat Anda turun di angka yang sama.
  3. Tambah Latihan Beban
    Meningkatkan aktivitas fisik seperti latihan beban sangat berguna dalam mengatasi berat badan yang stuck atau disebut diet plateau ini, karena latihan berguna untuk membakar kalori dan membangun otot. Semakin banyak otot yang dibangun semakin banyak pula lemak yang dibakar.
  4. Asuplah Kalori dari Protein
    Ada beberapa bukti bahwa mengganti kalori dari lemak dan karbohidrat dengan kalori dari protein dapat membantu menurunkan berat badan. Tidak perlu berlebihan, cukup 20% kalori harian dari protein yang Anda konsumsi tiap hari dan lihatlah hasilnya.
  5. Variasikan Latihan
    Banyak ahli fitnes menyatakan bahwa mengejutkan tubuh Anda dengan perubahan diet dan latihan, dapat merangsang penurunan berat badan kembali. Alasan ini cukup beralasan, mengingat tubuh kita memerlukan proses dan variasi bertahap agar tubuh tetap bersemangat dalam program ini. Daripada melakukan diet yang monoton, lebih baik Anda mencoba sesuatu yang baru seperti, melakukan latihan aerobik dengan latihan beban ringan, jika selama ini olahraga Anda hanya aerobik. Sedikit perubahan mungkin akan membuat Anda tetap bersemangat dan terhindar dari kebosanan sekaligus membuat tubuh tetap beradaptasi dengan program Anda.
  6. Ketahui Kapan Anda Harus Berhenti
    Diet plateau sebenarnya merupakan kesempatan bagi Anda untuk memprediksi apakah program penurunan berat Anda di masa mendatang berguna ataukah tidak, dan juga untuk mempertimbangkan kembali apakah saat ini Anda benar-benar sudah berada dalam berat badan yang sehat sehingga tidak perlu turun berat badan lagi. Jika Anda memutuskan untuk berhenti maka tujuan Anda adalah menjaga dengan sebaik mungkin hasil yang telah Anda capai dan menjaga tubuh Anda dalam bentuk ideal.

Nah, jika Anda mengalami plateau, lakukanlah cara di atas untuk mengatasinya. Dan perlu Anda ingat, makanlah dengan nutrisi seimbang dan jadilah lebih aktif secara fisik untuk kesehatan Anda.

BACA JUGA : Menganggap Diri Gemuk Bisa Picu Kegemukan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes