makanan sehat, lemak sehat, jenis makanan sehat, makanan bernutrisi

6 Sumber Lemak yang Bantu Turunkan Berat Badan

Apakah Anda takut untuk makan makanan berlemak? Seharusnya Anda tidak perlu takut. Lemak sehat ternyata memberikan beragam manfaat kesehatan.

jENDELA MEE

Tubuh kita membutuhkan lemak yang cukup untuk mendukung metabolisme, meningkatkan kesehatan jaringan tubuh & kekebalan, memperbaiki produksi hormon, dan membantu nutrisi (seperti vitamin A dan D) terserap lebih cepat. Makanan berlemak dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak dan mata.

Dan ketika ingin menurunkan berat badan, kita sebaiknya harus memikirkan kesehatan kita secara keseluruhan. Fungsi otak, peradangan, dan fungsi metabolisme yang baik dapat berkontribusi terhadap menurunnya berat badan Anda. Berikut ini beberapa sumber lemak yang dapat meningkatkan massa otot dan membantu membakar lemak.

1. Ikan

Semakin tinggi lemak dalam ikan, semakin baik untuk menurunkan berat badan Anda. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, sarden, makarel yang penuh asam lemak omega-3. Menurut American Heart Association, kita sebaiknya harus makan setidaknya dua porsi ikan berlemak setiap minggu untuk mengimbangi rasio asam lemak omega-6 dan lemak omega-3. Nutrisi DHA dan EPA adalah dua nutrisi penting yang ditemukan dalam ikan yang dapat memberikan manfaat untuk mengurangi radang, meredakan nyeri sendi, mempercepat pemulihan setelah latihan, dan membakar lemak.

2. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil merupakan sumber lemak terbaik setelah mentega. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak dan minyak ini meleleh seperti mentega yang dicairkan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan memberikan asupan minyak kelapa yang cukup ini akan membantu tubuh melawan virus dan bakteri yang menyebabkan datangnya penyakit. Terlebih lagi, minyak ini dapat membantu tubuh melawan jamur dan candida. Minyak ini dapat mempengaruhi hormon tiroid dan mengontrol kadar gula dalam darah. Dua hormon ini sangat berperan untuk mengurangi berat badan Anda. Akhir-akhir ini, minyak kelapa ini diolah dan diproses menjadi lemak yang disebut lauric acid. Lauric acid adalah salah satu jenis medium chain triglyceride (MCT) yang merupakan sumber energi.

3. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun mampu mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah dan mencegah beberapa jenis kanker tertentu. Sebuah studi terbaru sebuah lembaga Neurologi menemukan bahwa memasak dengan minyak zaitun sehat dan memakainya untuk campuran salad dapat mengurangi risiko stroke. Saat berbincang tentang beberapa makanan yang baik untuk otak, minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini telah terbukti untuk membantu menurunkan lemak tanpa mengubah gaya hidup atau pola makan mereka.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan membakar lemak lebih banyak. Saat Anda dalam program diet, Anda bisa mengkombinasikannya dengan campuran brokoli untuk membantu menurunkan berat badan. Alpukat juga mampu memberikan banyak nutrisi bagi tubuh Anda.

5. Telur

Masih ingat berapa kali Anda membuang kuning telur karena takut badan menjadi gemuk? Pasti sudah berkali-kali bukan? Hal ini merupakan sesuatu yang sedikit menyesatkan karena sebenarnya kuning telur kaya akan asam lemak omega-3, viatmin B, kolin, dan nutrisi lain yang membantu meningkatkan fungsi otak, sistem saraf, dan sistem kardiovaskular.

Jadi, yang benar adalah bahwa kita perlu membatasi konsumsi kuning telur itu, bukan dengan menghindarinya sama sekali. Karena kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi, maka ada baiknya jika Anda batasi konsumsi kuning telur cukup 1 butir saja dalam sehari.

Menurunkan berat badan yang tepat bukanlah dengan membuang atau tidak memakan beberapa jenis makanan dan minuman tertentu. Karena diet yang sehat hanya bisa berhasil jika Anda menjaga pola makan dan teratur berolahraga. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Belum Mendapatkan Perut Sixpack? Ubah Kebiasaan Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes