7 Manfaat Berjalan Kaki

Berlatih di tempat fitness atau membeli peralatan fitness yang canggih untuk berlatih di rumah bukanlah suatu keharusan jika Anda ingin lebih sehat. Ada cara lain agar tubuh tetap fit serta membantu menurunkan berat badan. Anda bisa bersepeda, jogging, berjalan kaki atau berenang dan masih banyak lagi. Ini adalah kegiatan-kegiatan yang tidak mengharuskan Anda untuk membeli peralatan atau menyewa seorang trainer professional.

Yang perlu Anda lakukan adalah luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan-kegiatan fisik yang Anda sukai. Kegiatan-kegiatan ini memiliki banyak manfaat, bahkan lebih banyak daripada latihan di tempat fitness. Ini membantu Anda untuk memperkuat tubuh sekaligus menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa manfaat berjalan kaki, salah satu bentuk latihan yang paling mudah untuk dilakukan.

  1. Berjalan tanpa alas kaki akan memperkuat kaki dan jari-jari kaki Anda. Itu juga merupakan solusi terbaik untuk kaki yang datar. Ini akan sangat baik bagi kesehatan kaki Anda. Sebaiknya Anda lakukan kegiatan ini sekali dalam seminggu. Tidak ada salahnya berjalan bertelanjang kaki, jadi jangan malu untuk melakukannya. Anda bisa pergi ke sebuah taman pada pagi hari kemudian berjalanlah dengan bertelanjang kaki di atas rumput paling tidak selama 15 menit.
  2. Berjalan kaki juga akan memperkuat kaki dan sistem pernafasan Anda.
  3. Berjalan kaki merupakan salah satu latihan yang membuat semua bagian tubuh Anda bergerak. Bila Anda mencoba berjalan lebih cepat, ini akan meningkatkan denyut jantung Anda dan memberikan kebugaran secara fisik.
  4. Berjalan kaki dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda ketika kaki dan tubuh bagian bawah Anda bergerak. Hal ini juga membantu memperkuat kaki dan tubuh bagian bawah serta membuat sendi lebih fleksibel.
  5. Ketika berjalan kaki, semua bagian tubuh Anda bergerak dan Anda pun lebih cepat mengeluarkan energi. Ini akan membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan Anda. Berjalan kaki juga membantu Anda mengontrol berat badan dalam jangka waktu yang lama.
  6. Berjalan juga membantu mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, meningkatkan fungsi sistem pernafasan, membantu mengatasi hipertensi dan sebagai terapi rehabilitasi bagi yang telah mengalami serangan jantung. Berjalan kaki juga efektif dalam mencegah penyakit pernafasan.
  7. Berjalan adalah salah satu kegiatan yang tidak mengharuskan Anda untuk bergabung di gym atau membeli peralatan fitness yang mahal. Anda bisa berjalan kaki setiap saat dan terserah Anda berapa lama melakukannya.

Jadi tunggu apalagi? Mulailah berjalan kaki secara teratur sekarang juga!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes