menurunkan berat badan dengan cepat

8 Cara Jitu untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Olahraga atau latihan rutin dan menjaga pola makan adalah cara utama untuk memangkas tumpukan lemak tubuh berlebih. Apa sudah cukup dengan dua hal itu saja jika ingin menurunkan berat badan? BELUM. Beberapa poin di dalam artikel ini akan menjelaskannya untuk Anda.

menurunkan berat badan dengan cepat

Apakah Anda kesulitan untuk mendapatkan perut ramping ideal? Atau sudah melakukan latihan rutin dan menjaga pola makan sehat namun berat badan belum kunjung turun?

Beberapa dari Anda mungkin ada yang mengalami masalah seperti ini. Untuk mengatasinya, bukan hanya dengan melakukan latihan rutin saja atau menjaga pola makan saja. Akan tetapi, ada beberapa hal penting lain yang tetap harus diperhatikan untuk membantu goal Anda. Berikut ini 8 hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin menurunkan berat badan:

1. Tambahkan Latihan HIIT Kardio

menurunkan berat badan dengan cepat

Apabila penurunan berat badan Anda cukup lambat, maka mulai sekarang kurangi jogging terlalu lama di atas mesin treadmill dan lakukan gerakan high intensity interval training (HIIT). Latihan dengan teknik ini adalah latihan kardio dengan menggunakan latihan intensitas tinggi dan sedang dalam tempo tertentu. Latihan kardio HIIT diciptakan untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

2. Kurangi Asupan Kalori

menurunkan berat badan dengan cepat

Langkah utama yang harus Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan dan memangkas lemak adalah harus menjaga defisit kalori. Artinya, Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada kalori yang Anda bakar per hari. Hal inilah yang sering terlewat bagi yang ingin menurunkan berat badan. Bagaimana caranya?

Sebaiknya, buatlah jurnal tentang menu makanan yang akan Anda konsumsi selama 3-4 hari ke depan. Kemudian pantau jumlah kalori pada makanan tersebut lalu kurangi 500 kalori. [Baca Juga: Menghitung Kalori Ketika Berolahraga Tidaklah Penting untuk Membuang Lemak]

3. Latihan Compound untuk Tingkatkan Produksi Testosteron

menurunkan berat badan dengan cepat

Jika Anda memiliki tumpukan lemak berlebih, terutama di sekitar perut, kemungkinan Anda memiliki kadar testosteron yang rendah. Selain dapat menimbulkan sejumlah penyakit, kekurangan hormon testosteron dapat mengganggu kehidupan seksual dan suasana hati (mood) Anda.

Untuk meningkatkan kadar testosteron, Anda harus fokus pada beban yang Anda angkat saat latihan beban. Juga, latihan compound yang melibatkan banyak kelompok otot juga perlu dilakukan untuk merangsang hormon pertumbuhan, termasuk testosteron. Contoh latihan compound yang dapat dilakukan antara lain squats, deadlifts, lunges, barbell press (flat bench atau overhead), heavy rows, dan carries.

Baca Juga: Maksimalkan Pertumbuhan Otot dengan Latihan Compound

4. Makan Lebih Banyak Protein

menurunkan berat badan dengan cepat

Protein sangat penting untuk membantu memangkas lemak. Yang pertama, protein dapat membantu mempertahankan otot Anda selama defisit kalori. Kedua, protein membuat Anda merasa kenyang cukup lama sehingga dapat mencegah Anda makan berlebihan serta mengonsumsi junk food.

Hal penting ketiga yang dapat diberikan protein adalah membantu meningkatkan pembakaran kalori. Konsumsilah setidaknya satu gram protein tiap pon berat badan Anda setiap hari. Sumber-sumber protein dapat didapat dari kacang-kacangan, telur, daging (tanpa lemak), yogurt, dan bubuk protein yang berkualitas. Apabila asupan protein dirasa kurang mencukupi, Anda dapat menambahkannya melalui suplementasi.

Note: Dengan suplementasi protein yang tepat untuk mendukung latihan rutin dan pola makan sehat, maka program penurunan berat badan Anda akan segera menunjukkan hasil yang memuaskan >> Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition

5. Jangan Lupa untuk Konsumsi Lemak

Dengan membakar lemak, bukan berarti Anda harus menghindari makanan yang berlemak. Ingat, tidak semua makanan yang mengandung lemak itu buruk. Ada juga lemak sehat atau lemak baik yang justru dapat membantu Anda memangkas timbunan lemak tubuh. Sumber lemak sehat antara lain dari lemak hewan, real butter (mentega), minyak kelapa, kacang-kacangan, dan buah seperti alpukat yang dapat membantu tubuh Anda tetap ramping dan lean.

Dengan konsumsi lemak sehat akan membantu Anda terasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar testosteron Anda. Sebaiknya, Anda mengonsumsi 30% kalori harian Anda dari lemak sehat. Dengan bergabung di PanduanDiet.com, Anda akan mendapatkan bimbingan pola makan dan diet yang sehat langsung dari ahlinya.

6. Jaga Asupan Cairan dan Hindari Dehidrasi

menurunkan berat badan dengan cepat

Kecukupan cairan dapat membantu Anda mendapatkan performa yang maksimal ketika latihan. Jika tidak, maka metabolisme tubuh Anda akan terhambat karena tubuh berusaha menghemat cairan. Apa yang akan terjadi jika tubuh Anda kekurangan cairan? Banyak gangguan yang akan muncul karena fungsi tubuh tidak berjalan dengan optimal, salah satunya adalah lapar.

Dehidrasi dapat berakibat tubuh kita merasa lapar. Ini karena terjadi kebingungan pada salah satu bagian otak yaitu hypothalamus. Minumlah segelas air saat Anda terasa lapar, kemudian tunggu 15-20 menit. Apabila rasa lapar Anda berkurang, maka itu karena tubuh Anda sedang dehidrasi.

Baca Juga: Berapa Banyak Cairan yang Dibutuhkan Selama Latihan?

7. Jangan Hindari Karbohidrat

menurunkan berat badan dengan cepat

Karena ingin menurunkan berat badan, maka tidak jarang yang menghindari makanan sumber karbohidrat. Kesalahan ini yang perlu diluruskan. Karbohidrat adalah sumber energi selain protein dan lemak. Tanpa karbohidrat, maka latihan Anda akan terasa menyiksa dan justru bisa jadi Anda tidak mendapat efek penting dari latihan. Namun, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Sumber karbohidrat seperti dari buah-buahan, biji-bijian mengandung banyak serat dan vitamin yang membantu menjaga tubuh Anda tetap ramping. Juga, karbohidrat akan membantu mengisi energi Anda pasca latihan.

8. Tidur Malam Minimal Selama 8 Jam

menurunkan berat badan dengan ccepat

Menjaga pola makan sudah, latihan rutin sudah, didukung suplementasi juga sudah, hal terakhir yang sering terlewat adalah mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian dari University of Chicago menyebutkan bahwa kurang tidur dapat melambatkan oksidasi lemak dan menyebabkan hilangnya otot hingga 60%.

Ya, kurang tidur akan dapat menghambat proses pemulihan dan produksi hormon pertumbuhan tubuh Anda. Puncak produksi hormon pertumbuhan adalah ketika Anda sedang tidur nyenyak di malam hari. Sebaiknya, tidur malam selama delapan jam setiap harinya untuk mendukung program penurunan berat badan Anda.

Note: Dengan latihan rutin dan pola makan sehat, serta didukung dengan suplementasi protein yang tepat, maka program penurunan berat badan Anda akan segera menunjukkan hasil >> Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition

BACA JUGA: 6 Cara Jitu Percepat Daya Pulih Otot Anda Pasca Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes