menurunkan berat badan

Ada Apa Dibalik Penurunan Berat Badan?

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan namun bingung untuk memulai dari mana? Mungkin Anda ingin tahu terlebih dahulu mengenai ilmu yang berada di balik penurunan berat badan.

menurunkan berat badan

Sederhananya, jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda harus membakar kalori yang lebih banyak dari yang Anda konsumsi.

Kalori

Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kalori ada pada lemak, karbohidrat, dan protein.

Tubuh kita membutuhkan energi agar berfungsi dengan baik. Ketika kalori ini berlebihan, maka kalori akan tersimpan dan dapat diubah menjadi lemak.

Metabolisme

Sekarang apa itu metabolisme dan perannya pada penurunan berat badan?

Mayo Clinic mendefinisikan metabolisme sebagai proses dimana tubuh mengubah apa yang Anda makan dan minum menjadi energi. Selama proses biokimia yang kompleks ini, kalori dalam makanan dan minuman yang dikombinasikan dengan oksigen untuk melepaskan energi yang diperlukan tubuh.

Anda pasti sudah mendengar bahwa metabolisme yang lambat dapat menambah berat badan. Ketika Anda membakar semua kalori yang Anda konsumsi, tubuh Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk mengumpulkan lemak dan mengurangi kemungkinan kenaikan berat badan.

Basal Metabolic Rate (BMR)

Pertanyaan berikutnya mungkin yang adalah apa BMR itu? BMR tergantung pada beberapa faktor seperti tinggi badan, ukuran tubuh, komposisi, usia, dan jenis kelamin. Setiap faktor menentukan berapa banyak kalori yang dapat Anda konsumsi dan dibakar. Cara mudah adalah kalikan berat badan Anda (dalam pon) dengan 10.

Dua faktor lain yang berkontribusi terhadap kebutuhan kalori Anda adalah pola makan dan aktivitas fisik. Pada dasarnya, BMR Anda hanya menyumbang 70% dari kebutuhan kalori Anda. Sisanya terdiri dari energi yang dibutuhkan untuk mengkonsumsi makanan dan seberapa aktif Anda sepanjang hari.

Berat Badan Turun

Sekarang bagaimana kita menurunkan berat badan? Untuk menurunkan berat badan kita perlu membalikkan keseimbangan energi. Kita harus menggunakan lebih banyak energi daripada yang kita konsumsi dan menciptakan defisit energi.

Faktor lainnya

Ini semua terdengar begitu sederhana, logis, dan rasional. Namun, ada faktor-faktor lain yang harus diperhitungkan ketika mencoba untuk menurunkan berat badan.

1. Kurang Makan

Ya, ini adalah salah satu penyebab utama kenaikan berat badan yang kerap diabaikan. Ketika Anda tidak mengkonsumsi kalori sebanyak yang dibutuhkan tubuh, hal itu akan membuat tubuh Anda resah.

Solusinya adalah makan dalam porsi kecil. Banyak pelatih diet merekomendasikan makan 6 kali porsi kecil dalam sehari.

2. Stres

Stres dan kurang istirahat juga mengacaukan apa yang dikonsumsi dan energi tubuh. Terlalu banyak kegiatan yang melelahkan akan membuat tubuh Anda lama untuk pulih.

Solusinya adalah mulai melakukan relaksasi dan meditasi. Anda harus memiliki waktu tidur delapan jam sehari. Hal itu akan membantu Anda mengurangi stres dan juga mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Ketidakseimbangan Hormonal

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan bahkan dapat menghambat upaya penurunan berat badan Anda. Itulah sebabnya kebanyakan wanita bertambah berat badannya menjelang menopause.

Solusi untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon adalah Anda harus mulai melakukan yoga. Tapi lebih baiknya lagi adalah Anda meminta saran dari ahli medis.

Jadi ini adalah ilmu dasar di balik penurunan berat badan (tidak termasuk faktor genetik). Penurunan berat badan akan cepat terwujud jika pola makan benar, olahraga, dan tidur yang berkualitas. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Apa Golongan Darahmu? Ini Makanan yang Tepat Untukmu!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes