Angka di Timbangan Belum Berubah? Itu Bukan Berarti Penurunan Berat Badan Anda Gagal!

Jika Anda sudah melakukan program penurunan berat badan, mungkin Anda akan sering mengukur berat badan Anda di atas timbangan. Lalu apa yang Anda dapatkan, apakah sudah turun atau belum berubah?

Memiliki perut buncit dapat membuat kepercayaan diri menurun. Selain itu, memiliki timbunan lemak berlebih dalam tubuh juga berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit. Karena itu, sangat penting untuk menjaga berat badan dengan ideal. Cara sederhananya adalah dengan mengatur pola makan, olahraga teratur, dan juga istirahat yang cukup.

Anda sudah melakukan cara di atas namun angka di timbangan belum berubah? Apakah masalah ini juga sedang menimpa Anda? Tak perlu khawatir, mari kita cari solusinya!

Baca Juga: Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Ini Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Matcha

Anda Ingin Menurunkan Berat Badan atau Mengencangkan Tubuh?

Timbangan4

Hal pertama ketika Anda ingin menurunkan berat badan, apakah yang Anda maksud adalah ingin memiliki tubuh lebih kencang, atau memang ingin memangkas timbunan lemak. Ada perbedaan besar antara menurunkan berat badan dan mengurangi lemak.

Berat badan Anda adalah total dari berat tulang, organ, otot, lemak, air, serta makanan yang belum tercerna.

Secara garis besar, berat badan Anda mungkin saja dapat turun jika Anda selesai dari toilet. Namun, apakah itu berarti lemak Anda juga menurun? Sama sekali tidak!

Tahukah Anda Bahwa Otot TIDAK Lebih Berat dari Lemak?

Bayangkan, satu kilogram kapas dan satu kilogram besi memiliki berat yang sama. Tapi keduanya tentu memiliki massa yang berbeda. Kasus seperti ini sama dengan otot dan lemak. Jika massa otot lebih padat maka akan banyak memakan ruang dalam tubuh Anda. Ini akan membuat tubuh Anda terlihat lebih kencang.

Otot akan sangat membantu memangkas lemak. Ibaratnya, otot Anda adalah mesin mobil. Apabila ingin mobil mesin berjalan, maka mesin membutuhkan bahan bakar. Bahan bakarnya sendiri adalah kalori. Dan jika ingin memangkas lemak, maka tubuh Anda harus membakar kalori lebih banyak dari yang Anda konsumsi. Semakin banyak otot yang terbentuk, maka semakin banyak kalori yang dibutuhkan agar tubuh berfungsi maksimal. Itulah dasar metabolisme tubuh Anda!

Ketika Anda memulai latihan beban pertama kali, sangat mungkin perkembangan otot Anda akan terlihat sedikit. So, jika otot Anda mulai berkembang dan kehilangan lemak, sangat mungkin berat badan Anda tidak berubah, namun menjadi lebih kencang.

Baca Juga: 4 Metode Latihan Terbaik untuk Pangkas Lemak Tubuh Berlebih

Timbangan3

Mengapa Berat Badan Anda Setiap Saat Dapat Berubah?

Dengan menimbang berat badan Anda dari waktu ke waktu, maka jarum atau angka pada timbangan akan mengalami perubahan. Ada beberapa penyebab, antara lain:

Makanan

Makanan memiliki berat dan ketika makanan tersebut tidak segera ‘dihilangkan’, maka makanan tersebut dapat disimpan dalam sistem pencernaan Anda. Setelah makan besar segeralah timbang badan Anda, maka berat badan Anda akan bertambah. Sebaliknya, jika Anda BAB maka berat Anda dapat berkurang.

Air

Banyak makanan yang mengandung air, baik karbohidrat maupun natrium. Untuk setiap 1 gram karbohidrat, tubuh Anda akan menerima 3 gram air. Jadi, jika Anda makan beberapa makanan yang kaya karbohidrat maka berat badan Anda akan bertambah.

Ketika Para Wanita Datang Bulan

Bagi wanita, siklus menstruasi memiliki pengaruh pada berat badan Anda melalui perubahan retensi air. Jadi sebaiknya, timbang berat badan Anda setiap bulan, atau membandingkan setiap minggu dari siklus menstruasi (misalnya minggu ke-1 dengan minggu ke-5, atau minggu ke-2 dengan minggu ke-6, dan seterusnya).

Alkohol

Alkohol tidak membantu Anda kehilangan lemak. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa minum alkohol dapat menurunkan berat badan. Namun, penurunan berat badan yang terjadi karena alkohol dapat membuat dehidrasi.

Lalu Cara Terbaik Seperti Apa untuk Mengukur Program Fat Loss Anda?

Ada beberapa metode alternatif untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan program penurunan berat badan yang Anda lakukan.

Timbangan2

1. Ukur Pinggang
Karena tidak mengetahui lemak mana yang sudah berhasil Anda pangkas, maka sebaiknya gunakan pengukur di sekitar pinggang, pinggul, paha, dan lengan atas.

2. Membeli Pakaian
Memang cara ini sedikit kurang akurat dan sedikit boros, tapi cara ini juga cukup ampuh untuk memantau perkembangan program Anda. Coba membeli pakaian yang sama namun lihat perbedaan ukurannya.

3. Pantau Perkembangan Fisik Tubuh Anda
Agar Anda melihat perkembangan dari tubuh Anda, coba ambil foto tubuh Anda di tempat yang sama serta memakai pakaian yang sama.

Jika memang belum terjadi perubahan pada berat badan, Anda tidak perlu khawatir karena penurunan berat badan adalah sebuah proses. Apabila rutin melakukan latihan, mengatur pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup, maka Anda akan segera mendapatkan hasilnya.

BACA JUGA: 8 Cara Jitu untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes