Apakah Pekerjaan Anda Bisa Membuat Gemuk?

Apakah Anda sadar bahwa pekerjaan bisa membuat berat badan Anda bertambah? Ada banyak alasan mengapa pekerjaan Anda dapat mempengaruhi ukuran pinggang Anda. Pekerja yang menghabiskan berjam-jam duduk di meja dan memiliki tingkat stres yang tinggi memiliki kesempatan naiknya berat badan lebih rentan.

Headline Kerja

Pekerjaan yang Anda jalani kadang benar-benar memerlukan diet dan aktivitas fisik seperti olahraga. Berikut ini Katherine Tryon, seorang dokter dengan Vitality Institute menunjukkan beberapa faktor potensial yang mengaitkan pekerjaan Anda dengan naiknya berat badan.

Berjam-jam Duduk

Penyebab yang paling jelas dari naiknya berat badan yang berhubungan dengan pekerjaan adalah karena kurangnya aktivitas fisik. Survei CareerBuilder menunjukkan bahwa terlalu lama duduk menjadi alasan urutan pertama yang menyebabkan lingkar pinggang semakin bertambah. Meskipun ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang berdiri atau berjalan setidaknya lima menit akan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, tapi sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2013 gagal menemukan hubungan yang kuat antara waktu yang dihabiskan untuk duduk dengan tingkat obesitas.

Stres

Saat Anda tertekan dengan pekerjaan, Anda cenderung akan stres. Tingginya kadar hormon stres kortisol dapat memicu untuk lebih banyak mengonsumsi lemak dan gula. Hal ini akan menyebabkan tubuh menyimpannya di bagian tengah tubuh. Dan sebuah studi pada tahun 2014 di Jerman menemukan bahwa stres karena pekerjaan merupakan faktor yang berisiko untuk timbulnya penyakit diabetes tipe 2.

Bekerja Hingga Larut Malam

Bekerja hingga larut malam dan mengganggu jadwal tidur Anda bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Dalam 2013 University of Pennsylvania studi, orang dewasa yang hanya mendapat empat jam tidur malam selama lima malam berturut-turut memiliki berat badan yang lebih daripada orang-orang yang tidur selama delapan jam.

Orang dewasa yang melakukan beberapa pekerjaan bekerja di pagi hari, atau yang bolak-balik karena jarak yang lebih jauh lebih mungkin untuk tidak tidur dengan waktu yang ideal.

Pilihan Makan Siang

Biasanya menu pilihan makan siang Anda di kantor lebih banyak dikemas dengan makanan olahan dan tidak terlalu banyak pilihan. Makanan olahan yang biasanya banyak mengandung lemak dan tinggi gula secara tidak langsung akan berkontribusi terhadap menumpuknya lemak dalam tubuh.

Setoples Permen Di Meja Kerja

Tak dapt dipungkiri bahwa kebanyakan meja di setiap kantor, banyak orang yang memiliki toples berisikan permen. Kita tahu bahwa ketika Anda meletakkan sesuatu yang lezat di dekat layar komputer, Anda tidak sadar akan memakannya lebih banyak daripada jika Anda menyimpannya di laci meja. Meskipun kecil, permen tinggi akan pemanis buatan yang bukan saja hanya mempengaruhi berat badan Anda, tapi permen juga berbahaya bagi kesehatan Anda. Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan hanyalah dengan menyingkirkan stoples tersebut dan menyiapkan camilan yang sehat sebagi penggantinya.

Lift

Kapan terakhir kali Anda menaiki tangga di tempat kerja? Karena perkembangan zaman yang semakin maju, lift dijadikan alat yang mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda. Padahal menaiki tangga akan lebih banyak membakar kalori daripada menaiki lift.

Demikian faktor-faktor yang potensial dalam pekerjaan Anda yang secara tidak langsung juga berkontribusi terhadap kenaikan berat badan yang Anda rasakan.(mee)

BACA JUGA: Pria Tambun Dapat Lebih Lama Bertahan di ‘Atas Ranjang’?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes