Atur Jam Makan Anda

Atur jam makan anda

Makan dan minum adalah kebutuhan manusia yang sangat mendasar. Asupan makanan bagi para atlet, orang yang aktif berlatih, dan kegiatan fisik lainnya tentu berbeda dengan asupan makanan dan pola makan orang secara umum. Orang yang aktif haruslah pandai mengatur waktu makan agar kebutuhan gizi dan metabolisme tetap stabil.

Pengaturan waktu makan ini berguna untuk mengimbangi pola latihan pada waktu-waktu latihan tertentu. Anda dapat menekan nafsu makan lebih lama jika mengatur pola makan 1 jam sebelum berolahraga. Orang yang berlatih pagi hari akan membutuhkan asupan makanan yang berbeda dengan orang yang gemar berlatih siang atau sore hari. Mengapa demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Latihan Pagi Hari
    » Sebelum Latihan
    Latihan setelah perut kosong semalaman membuat Anda merasa lesu dan lapar di pagi hari. Sebelum melakukan latihan di pagi hari, cobalah makan sesuatu 30-60 menit pada malam hari sebelum berolahraga seperti yogurt rendah lemak dengan ½ porsi buah-buahan cincang agar pada pagi harinya Anda tetap fresh.
     
    » Setelah Latihan
    Sarapan dengan porsi kecil yang berisi karbohidrat dan protein satu jam setelah latihan untuk menyimpan energi. Cobalah makan roti bakar yang diisi dengan dua butir telur atau 1 cangkir sereal dengan susu rendah lemak atau susu kedelai.
     
  2. Latihan Siang Hari
    » Sebelum Latihan
    Bagi Anda yang berlatih fitness di gym pada siang hari, penuhi nutrisi tubuh Anda dengan makanan yang tepat. Cobalah makan secangkir sup yang kaya protein berisi ayam dan kacang-kacangan yang disertai dengan karbohidrat dari nasi merah atau roti gandum. Hal ini menjaga metabolisme Anda maksimal dan tubuh tetap terhidrasi.
     
    » Setelah Latihan
    Waktu yang tepat untuk makan berat di siang hari. Masukkan protein dan serat terbaik dalam menu makan Anda seperti selai kacang dan pisang di roti gandum, atau ayam dan daging sapi sebagai tambahan dalam salad sayur.
     
  3. Latihan Sepulang Kerja
    » Sebelum Latihan
    Anda akan malas melakukan latihan di sore hari dengan perut yang kosong. Sekitar jam 4 sore, makanlah snack sehat yang bergizi tinggi seperti oatmeal dengan taburan kacang dan kismis atau buah kering lainnya, atau satu buah apel dengan 2 sendok makan selai kacang.
     
    » Setelah Latihan
    Satu porsi buah potong atau jus buah dan segelas protein shake sangat baik untuk mengganti energi bagi tubuh Anda. Lalu cobalah untuk makan malam satu jam setelah latihan. Studi menunjukkan bahwa para atlet yang makan lebih dari satu jam setelah latihan cenderung untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak yang dampaknya buruk bagi kesehatan.

Sesuaikan pola makan dan waktu latihan Anda untuk menjaga metabolisme dan energi. Pertimbangkan untuk memasukan suplemen sebagai salah satu menu tambahan agar latihan Anda lebih maksimal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes