Stretegi Atur Pola Makan

Atur Pola Makan, Demi Tubuh Ideal Saat Liburan

Yeay, liburan telah tiba. Meski tak termasuk libur panjang, namun liburan akhir tahun untuk menyambut tahun baru dapat Anda gunakan sebagai momen berkumpul bersama keluarga dan kerabat dekat. Namun, yang menjadi tantangan ketika liburan adalah mempertahankan konsistensi Anda dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

Stretegi Atur Pola Makan

Ketika liburan, Anda tak sadar telah begitu banyak makan-makanan yang mengandung banyak kalori. Kebahagiaan ketika liburan telah membuat Anda lalai. Namun hal itu wajar, karena liburan ini merupakan momen sekali dalam setahun. Untuk itu, Anda perlu trik khusus. Berikut adalah strategi mengonsumsi makanan untuk mempertahankan berat badan Anda ketika liburan.

Berhenti Makan Setiap 3 Jam

Memang, ketika sedang melakukan program diet Anda akan direkomendasikan untuk lebih sering makan. Namun, hal itu tak berlaku ketika liburan. Libur membuat makan Anda tak terkontrol. Bahkan, porsinya pun juga berbeda dengan hari-hari biasanya. Itulah sebabnya, mengapa Anda perlu membatasi jendela makan Anda setiap tiga jam sekali. Hal ini disebut juga dengan puasa intermiten. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya Anda makan telah dicerna baik oleh lambung Anda. Dengan begitu makanan tidak akan menumpuk, sehingga pencernaan akan bekerja secara maksimal.

Mengonsumsi Protein Sebelum Datang ke Perayaan

Dengan cara ini, Anda akan merasa kenyang sebelum perayaan besar ketika liburan. Sehingga, Anda akan terhindar dari makan berlebihan yang tinggi karbohidrat dan makanan berlemak di sebuah pesta. Protein adalah nutrisi terbaik untuk Anda agar tetap kenyang dan meminimalkan penyimpanan lemak yang ada di tubuh Anda. Untuk itu, Anda tak bisa hanya mengandalkan sumber protein yang terkandung pada makanan. Itulah sebabnya, Anda membutuhkan suplemen dengan kandungan protein murni. Seperti yang ada pada suplemen Amino 2002 dari Ultimate Nutrition. Mengandung 6 gram protein murni per serving dengan kualitas terbaik (Isolate Protein) dan paling murni di dalam bentuk tablet amino untuk membantu meningkatkan massa otot.

Prioritaskan Makanan yang Kaya Nutrisi

Ketika Anda menghadiri sebuah pesta atau perayaan lainnya, maka Akan terdapat banyak minuman bersoda, dan banyak makanan yang mempunyai rasa manis. Boleh, tentu Anda boleh menyantapnya. Namun, sebelumnya terlebih dulu konsumsilah protein. Hal ini untuk menekan rasa lapar Anda. Bukan hanya itu, pilih juga menu sayur-sayuran demi menyeimbangkan nutrisi tubuh Anda.

Mulai Sekarang, Tidak Ada Makanan Penutup

Ketika Anda menghadiri sebuah pesta atau perayaan, maka Anda akan dijamu dengan berbagai kudapan yang lezat. Biasanya, tuan rumah telah menyiapkan makanan pembuka, hidangan utama, dan makanan penutup. Namun untuk menghindari banyak mengonsumsi karbohidrat, ada baiknya Anda hanya memilih hidangan utama.

Imbangi Makan Besar, Lakukan Latihan dengan Intensitas ‘Besar’

Jika Anda tak membatasi kalori saat menyantap banyak sajian di sebuah pesta, maka secara tidak langsung timbunan lemak Anda juga semakin besar. Untuk itu, lakukan latihan dengan mengeluarkan kekuatan anabolik untuk membantu Anda dalam hal kemajuan dan membangun otot Anda. Sebagai rekomendasi, lakukan latihan secara intens, fokuskan pada kelompok otot yang besar sebelum makan besar. Dengan begitu, tingkat metabolisme Anda akan meningkat sekitar 6-8 persen selama 24 jam. Namun, bukan berarti porsi makan Anda menjadi rakus. Jadi, jangan mulai makan berlebihan hanya karena Anda memiliki sesi latihan yang keras!

Memang, momen liburan seperti ini tentu Anda menginginkan ‘kebebasan.’ Tapi, semua kebebasan tentu akan dibatasi oleh norma maupun larangan-larangan lainnya. Begitu juga ketika Anda ingin memperoleh dan mempertahankan tubuh ideal. Pasti terdapat pantangan-pantangan yang tak boleh dilakukan. Jadi, tetaplah konsisten demi mendapatkan apa yang Anda idamkan. Selamat mencoba! (mee)

BACA JUGA: Agar Tubuh Makin Atletis Saat Malam Pergantian Tahun

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes