merancang diet

Bagaimana Tips Merancang Diet yang Tepat?

Apakah Anda lelah karena diet Anda tidak kunjung berhasil? Berikut beberapa tips merancang diet yang tepat agar Anda segera mendapatkan hasil yang diinginkan.

Memang, menurunkan berat badan secara cepat bukan perkara mudah dan butuh perjuangan. Namun, bukan berarti tidak ada cara yang tepat dan simple untuk melakukannya.

Nah, berikut ini adalah cara merancang diet Anda sendiri yang mungkin dapat membantu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

merancang diet

Mengapa Anda perlu merancang diet untuk diri Anda sendiri?

Perlu untuk merancang diet sendiri karena diet tertentu tidak selalu efektif pada masing-masing orang. Berikut ini adalah cara merancang diet Anda sendiri yang tepat dan sehat, serta mungkin membantu Anda segera mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Bagaimana Tips Merancang Diet Sendiri

Untuk membuat rencana diet sendiri, terlebih dahulu Anda harus memahami makanan apa yang sehat. Menurunkan berat badan bukanlah tentang kelaparan atau berhenti makan, ini lebih tentang menuju pola makan yang sehat. Berikut adalah apa yang perlu Anda lakukan untuk merencanakan diet Anda.

Tips Merancang Diet Tahap 1

Hitung BMI Anda (Indeks Massa Tubuh). BMI adalah rasio tinggi badan dan berat badan Anda. Nilai ideal BMI harus berkisar antara 19 dan 25. Jika di bawah 19, Anda kekurangan berat badan. Sementara di atas 25 dalam kategori kelebihan berat badan. Catat BMI Anda saat ini dan juga skor BMI yang ingin Anda raih.

Tips Merancang Diet Tahap 2

Pada langkah kedua ketahui dan pahami tingkat aktivitas Anda. Kegiatan sehari-hari Anda dapat menentukan berapa banyak kalori yang Anda bakar. Jika Anda sering melakoni akitivitas fisik seperti berjalan kaki, Anda akan membakar kalori lebih banyak ketimbang orang yang hanya di dalam kendaraan yang terjebak macet.

Untuk menentukan bagaimana aktivitas dapat membakar kalori Anda, hitung BMR (Basal Metabolic Rate). BMR memberitahu Anda tentang tingkat tubuh Anda membakar kalori. Browsing untuk menemukan situs untuk membantu Anda menghitung BMR.

Tahap 3, Saatnya Merealisasikan Diet

Siapkan bahan-bahan yang segar ketika sarapan, makan siang, dan makan malam. Katakan tidak untuk makanan cepat saji. Makanan cepat saji mungkin membantu Anda mendapatkan rasa‘nyaman dan enak’ ketika mengunyah makanan, namun tidak memberikan nutrisi yang memadai. Bahkan, dalam jangka panjang makanan ini dapat memperburuk kesehatan.

Apapun makanan yang Anda konsumsi, pastikan untuk menghitung kalori yang ada di dalamnya. Anda dapat melakukan ini dengan baik menggunakan aplikasi seperti ‘Noom‘, website counter kalori, atau bahkan jurnal menghitung kalori yang sederhana.

Pastikan bahwa jumlah kalori yang Anda konsumsi lebih rendah dari BMR, ditambah beberapa ratus kalori. Tambahan beberapa ratus kalori adalah untuk aktivitas yang akan Anda lakukan. Sebagai contoh, jika Anda membakar 2000 kalori, maka diet Anda idealnya mengandung 1500 kalori.

Bagian pentingnya adalah Anda harus menyiapkan makanan yang mengandung nutrisi komplek. Seperti protein, karbohidrat alami, buah-buahan, lemak alami yang baik bagi tubuh, dan sayuran.

Sebagai contoh, siapkan porsi Anda dengan berisikan 1.500-2.000 kalori, 35 gram serat, 150 gram protein, dan 150 gram karbohidrat.

Jalani terus pola makan seperti ini dan amati bagaimana pengaruhnya pada tubuh Anda. Selain itu, barengi pula dengan olahraga agar mendapatkan tubuh yang ideal, serta kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. (ctr)

BACA JUGA: Sedang Melakukan Program Diet, atau Menyiksa Diri?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes