membakar kalori

Berapa Kalori yang Dibakar Selama Olahraga?

Selain menjaga pola makan, olahraga rutin adalah langkah utama untuk menurunkan berat badan. Olahraga adalah cara yang paling ampuh untuk membakar kalori dan mengusir lemak membandel. Tapi tahukah Anda berapa kalori yang dibakar selama berolahraga?

membakar kalori

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, olahraga adalah hal utama yang paling direkomendasikan untuk dilakukan selain pola makan. Mengapa harus berolahraga?

Olahraga untuk Membakar Kalori

Teori menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi tumpukan lemak tubuh. Lemak tubuh itu sendiri berasal dari kalori berlebih yang tertimbun. Jadi misalnya kita makan-makanan yang mengandung 1.200 kalori per hari, tapi tiap harinya kita hanya bisa membakar 1.000 kalori. Maka defisit kalori tersebut akan dapat menjadi timbunan lemak.

Lalu bagaimana solusinya? Kalori berlebih yang tertimbun merupakan penyebab lemak tubuh. Jika tidak segera dibakar, maka kalori tersebut akan memicu bertambahnya berat badan. Olahraga dan aktivitas fisik merupakan cara tepat untuk membakar kalori berlebih.

>> 4 Latihan yang Membakar Kalori Lebih Banyak << Olahraga atau aktivitas fisik apa dan berapa kalori yang dapat dibakar?membakar kalori

TIPS

1. Tas Ransel

Jalan kaki menjadi salah satu olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Laporan dari American College of Sports Medicine menyebutkan bahwa jika ingin pembakaran lemak lebih maksimal dengan jalan kaki, jangan lupa bawa tas ransel dengan beban 20 persen dari berat Anda.

2. Makan 5-6 kali Sehari

Peneliti dari University of Toronto mengatakan bahwa untuk membakar kalori lebih banyak, makanlah 5 kali sehari dalam porsi kecil. Tiga menu makan harus mengandung kombinasi tinggi protein, rendah karbohidrat, dan lemak sehat.

3. Interval Training

Studi dari University of New South Wales menemukan, latihan dengan intensitas tinggi selama delapan detik diikuti dengan latihan intensitas rendah selama 12 detik efektif membakar lemak tubuh. Menurut peneliti, latihan interval dapat diterapkan misalnya di eliptical trainer atau sepeda stasioner.

4. Latihan Beban

Selain untuk membantu pembentukan dan perkembangan otot, latihan beban juga efektif untuk membakar lemak. Semakin besar otot, semakin tinggi metabolisme dalam tubuh. Sebaiknya melakukan latihan beban sebelum latihan kardio. Profesor fisiologi latihan di West Virginia University, Gregory Haff, Ph.D mengatakan, latihan beban dengan menggunakan dumbbell bisa mengaktifkan lebih banyak serat otot daripada alat bermesin.

5. Teh Hijau

Studi dari Anglia Ruskin University yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition mengatakan, minum enam hingga tujuh gelas teh hijau per hari akan meningkatkan energi sebanyak 10,9 persen dan pembakaran lemak hingga 25 persen.

6. Istirahat yang Cukup

Dengan istirahat yang cukup, maka latihan Anda juga akan dapat berjalan maksimal, pembakaran lemak pun akan optimal. Studi yang dipublikasikan di Medicine of Sport in Science & Exercise mengatakan bahwa gangguan tidur bisa mengganggu performa latihan seseorang.

SUPLEMENTASI

Suplemen merupakan penunjang latihan Anda. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, maka suplemen pembakar lemak sangat dianjurkan. Baca juga artikel Cara Memilih dan Memaksimalkan Suplemen Pembakar Lemak. Banyak varian suplemen pembakar lemak yang beredar di pasaran. Pilihlah suplemen yang tepat bagi Anda. Seperti Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition yang membakar lemak dengan cepat, meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, serta menekan nafsu makan Anda. Yang perlu diingat, suplemen pembakar lemak bersifat sebagai penunjang program latihan Anda, jadi pilihlah dan konsumsilah suplemen dengan bijak.

Cara terbaik untuk membakar kalori adalah dengan berolahraga. So, sudahkah Anda berolahraga hari ini?

BACA JUGA: Latihan Sederhana Membentuk Otot Dada Bagi Pemula

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes