cara menurunkan berat badan

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Selain Berlari

Latihan kardio, salah satunya berlari adalah cara mudah yang direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Nah, berikut ini beberapa latihan selain lari yang juga efektif menurunkan berat badan.

cara menurunkan berat badan

Banyak jenis latihan kardio yang dapat dicoba untuk menurunkan berat badan, seperti berenang, treadmill, jogging, atau lari. Namun, lari lebih banyak disukai karena latihan yang sederhana dan mudah dilakukan di mana saja. Selain itu, lari juga tidak memerlukan peralatan khusus dan memerlukan waktu yang lama. [Baca juga: Cara Jitu Turunkan Berat Badan Cepat dengan Berlari]

Latihan selain lari yang efekti membakar kalori

Namun apakah lari saja sudah cukup? Memang, lari atau latihan kardio lain efektif untuk menurunkan berat badan. Apabila ditambah dengan latihan beban bagaimana hasilnya? Jika demikian, latihan yang Anda lakukan akan mendapat hasil yang lebih maksimal.

Kunci mudah untuk menurunkan berat badan adalah membakar kalori lebih banyak dari yang Anda konsumsi. Berikut ini beberapa latihan selain lari yang efektif untuk membakar kalori.

1. Kettlebell Swing

cara menurunkan berat badan

Kettlebell Swing merupakan latihan sederhana yang bekerja membakar lemak cukup maksimal. Tentu ini akan sangat membantu program penurunan berat badan Anda. Menurut penelitian dari University of Winconsin, Kettlebell Swing juga dapat menguatkan otot-otot di sekitar glutes dan paha depan.

2. Indoor Rowing

cara menurunkan berat badan

Laporan dari studi di Harvard University menyebutkan seorang pria dengan berat 185 pon atau sekitar 81,64 kilogram dapat membakar hingga 377 kalori per 30 menit indoor rowing. Ini artinya, dayung dapat membakar 12,5 kalori per menit.

3. Burpee

cara menurunkan berat badan

Studi yang dipresentasikan pada pertemuan American College of Sport Medicine menunjukkan bahwa melakukan burpee dengan cepat sangat membantu pembakaran lemak. Seperti melakukan burpee 10 set dalam waktu satu menit dapat membakar 14,3 kalori. Menurut studi tersebut, melakukan 10 repetisi dengan cepat dapat memicu metabolisme

4. Jumping Rope

cara menurunkan berat badan

Menurut laporan dari Compendium of Physical Activities, melakukan jump rope ringan misalnya 100-120 lompatan setiap menit dapat membakar sekitar 13 kalori per menitnya.

5. CrossFit Workout

cara menurunkan berat badan

Menurut penelitian dari Kennesaw State University, melakukan latihan CrossFit rata-rata dapat membakar 13 kalori per menit. Latihan ini sangat efektif karena terdiri dari tiga latihan seperti, pullup 5x, push up 10x, dan air squat 15x. Latihan ini bekerja untuk kelompok otot utama yang berbeda.

>> 5 Tahap Sukses Menurunkan Berat Badan <<

6. Tabata Jump Squat

cara menurunkan berat badan

Studi yang dilakukan Auburn University di Montgomery menunjukkan, peserta yang diminta melakukan latihan selama empat menit, yakni squat 20 detik kemudian istirahat 10 detik, dapat membakar hingga 13,4 per menitnya.

7. Battling Rope

Cara menurunkan berat badan

Studi dari College of New Jersey mencoba melakukan perbandingan beberapa gaya latihan. Hasilnya, latihan battling rope menjadi latihan yang paling tinggi tingkat konsumsi oksigennya dan sanggup membakar rata-rata 10,3 kalori per menit.

Lalu, Latihan Kardio Dulu atau Latihan Beban?

Pertanyaan selanjutnya adalah melakukan latihan kardio dulu atau latihan beban dulu? Ingin tahu mengenai jawabannya, silahkan simak video berikut!

Faktor utama lain setelah melakukan latihan adalah melalui pola makan yang tepat dan dukungan suplementasi. Mengapa suplementasi cukup penting? Karena tambahan suplemen dapat mempercepat proses pembakaran lemak tubuh Anda. Seperti menambahkan suplemen Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition akan sangat membantu memaksimalkan program penurunan berat badan yang dilakukan. Selamat berlatih.

BACA JUGA: Menurunkan Berat Badan itu Mudah kok!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes