latihan beban saat puasa

Cara Mencegah Makan Berlebih Setelah Latihan

Latihan dan makan makanan yang sehat adalah dua hal yang benar-benar berhubungan satu sama lain untuk mendukung kesehatan Anda.

Sebuah studi menunjukkan bahwa berolahraga dapat mengekang keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat dan membuang keinginan untuk berpesta makan. Hasilnya, penurunan berat badan lebih cepat, hasil fitnes yang lebih baik, dan hidup menjadi lebih sehat. Namun,terkadang orang-orang akan makan berlebih setelah mereka melakukan latihan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda, Berikut adalah enam cara untuk mengendalikan nafsu makan Anda setelah melakukan latihan.

Gmbar 1 Jaga Makan

1. Pilihlah latihan yang Anda suka

Jika Anda menganggap latihan Anda adalah suatu hukuman, Anda akan lebih mudah untuk berpikir bahwa Anda akan pantas mendapat hadiah, namun hadiah tersebut biasanya adalah makanan yang berkalori. Menurut penelitian tahun 2014 dari Cornell University Food and Brand Lab. Anda akan berpikir, “Hei, latihan ini sugguh berat, saya pantas mendapat es krim cone ini.” Namun, jika Anda berpikir bahwa latihan Anda adalah suatu hal yang menyenangkan, Anda tidak merasa perlu untuk membalas dengan makan yang berlebihan setelah Anda meninggalkan gym. Para peneliti bahkan menemukan bahwa semakin Anda berpikir latihan tersebut menyenangkan, semakin sedikit Anda makan dessert saat jam makan dan semakin sedikit Anda makan snack yang tidak bergizi.

Gmbar 2 Jaga Makan

2. Lakukan interval latihan yang intens

Dalam sebuah studi di University of Western Australia, pria yang menyelesaikan 30 menit interval latihan intens, makan 170 kalori lebih sedikit sekitar satu jam setelah berolahraga, daripada mereka yang melakukan olahraga ringan untuk jumlah waktu yang sama. Para peneliti percaya melakukan interval latihan yang intens dapat menurunkan kadar hormon ghrelin yang merangsang kelaparan, sekaligus meningkatkan kadar laktat darah dan glukosa darah yang keduanya dapat menekan asupan makanan jangka pendek. Lakukan dengan 1: 4 rasio istirahat, misalnya, berlari pada kecepatan tertinggi selama satu menit dan kemudian lakukan jogging untuk pemulihan secra perlahan selama empat menit. Itulah rasio yang digunakan dalam penelitian ini.

Gmbar 3 Jaga Makan

3. Minum

Dehidrasi sering menyamar sebagai rasa lapar menurut review dari Purdue University. jika Anda berkeringat saat latihan di gym, tapi tidak minum yang cukup untuk menebus kehilangan cairan, Anda bisa dengan mudah mengalami dehidrasi Untuk mengetahui berapa banyak air yang Anda butuhkan selama latihan, cobalah menimbang diri sendiri sebelum dan sesudah keringat Anda keluar. Jika berat Anda berkurang setelah latihan, berarti Anda perlu asupan cairan.

Gmbar 4 Jaga Makan

4. Yoga

Melakukan latihan Yoga bisa menjadi suatu hal yang bagus. Yoga berhubungan dengan latihan kesadaran tubuh dan hal ini bisa membuat Anda mengetahui perbedaan antara rasa lapar yang sebenarnya dengan perasaan sesaat ingin makan sesuatu. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat mengurangi perilaku pesta makan yang berlebihan sampai dengan 51 persen. Tidak hanya dapat membuat Anda peka terhadap tubuh Anda sendiri, tetapi yoga dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap perasaan kenyang sehingga Anda tidak makan berlebihan.

Gmbar 5 Jaga Makan

5. Get on your feet

Bukan meremehkan berenang dan bersepeda, tetapi untuk menjaga nafsu makan Anda tetap terkendali, latihan melawan gravitasi lebih efektif seperti weight bearing exercise yang berfokus pada kaki, menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Appetite. Ketika peneliti meminta beberapa orang untuk melakukan lompat tali (weight bearing exercise) atau bersepeda di stationary bike (latihan non-weight bearing), mereka menemukan bahwa orang yang melakukan latihan lompat tali mengalami penurunan nafsu makan lebih besar pasca latihan. Hal tersebut bisa terjadi mungkin karena latihanlatihan tersebut lebih menekankan pada otot dan tulang Anda. Coba lakukan latihan angkat beban, berlari, atau mencoba kelas kickboxing untuk menjaga nafsu makan Anda tetap terkendali.

Gmbar 6 Jaga Makan

6. Makan snack sebelum latihan

Ternyata, makan snack sebelum latihan dapat membuat nafsu makan pasca latihan Anda berkurang, menurut penelitian dari Loughborough University di U.K. Plus, jika Anda berolahraga dengan beberapa sumber energi di dalam tubuh, Anda akan lebih mampu untuk melakukan latihan yang berintensitas tinggi , hal tersebut sangat penting untuk membakar kalori, membangun otot, dan, ya, mengurangi nafsu makan Anda. Namun, snack yang Anda makan harus snack yang sehat tentunya.(pin)

BACA JUGA: Sudah Siap Ucapkan Selamat Tinggal pada Perut Buncit?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes