Cegah Berat Badan Bertambah Saat Puasa

Cegah-Berat-Badan-naik-setelah-puasa

Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah waktu untuk meremajakan diri secara rohani. Namun, tak jarang orang mengeluhkan bahwa puasa sering menyebabkan naiknya berat badan. Berat badan yang naik membuat Anda lebih cepat lelah padahal Anda harus tetap terjaga untuk ibadah malam serta sahur, sehingga gangguan kondisi fisik ini pun bisa berdampak pada rohani.

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk menghindari kenaikan berat badan yang sering dialami oleh banyak umat Islam selama Ramadhan.

  1. Tetap makan sahur dengan menyertakan makanan tinggi protein. Kalori dari karbohidrat terbakar lebih cepat daripada protein. Padahal kelaparan tidak dapat dihindari selama hampir 14 jam berpuasa, namun Anda bisa menunda lapar dengan makan makanan kaya protein saat sahur dan karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti nasi merah, oatmeal atau sayur dan buah-buahan.
  2. Minumlah banyak air putih ketika Anda berbuka puasa. Sangat mudah mengalami dehidrasi dan tidak minum cukup air selama bulan Ramadhan. Air putih merupakan bagian penting dari diet sehat bahkan saat Anda sedang berpuasa. Dehidrasi yang dialami sering disalahartikan sebagai rasa lapar. Ketika kita mengalami dehidrasi saat berbuka puasa, maka kita akan merasa kelaparan. Saat berbuka minumlah dua gelas air putih sebelum makan menu berbuka Anda.
  3. Makanlah perlahan-lahan, secara sadar dan jangan berlebihan. Berbukalah dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi, bukan untuk memuaskan rasa lapar dan balas dendam Anda setelah seharian berpuasa.
  4. Membatasi makanan manis. Makanan dan minuman manis memang dibutuhkan saat memulai berbuka untuk mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh yang rendah agar kembali normal dengan cepat. Namun demikian, batasi kue, cake, sirup dan makanan manis lainnya setelah berbuka dan saat sahur. Karbohidrat simple yang terkandung di dalamnya dapat dengan mudah membuat tubuh gemuk karena karbohidrat ini mudah disimpan tubuh menjadi lemak. Minum air akan membantu mengisi perut Anda dan mengurangi rasa ingin berlebihan akan makanan manis. Dan tunggu untuk makan besar setelah sholat agar perut dapat berkomunikasi penuh dengan otak Anda.
  5. Menghindari ngemil di malam hari. Ketika bangun di malam kita berjalan ke dapur untuk menikmati semua makanan/minuman yang kita tidak dapat rasakan di siang hari. Cobalah hanya mengambil potongan kecil makanan kaya protein, daripada sepotong kue. Makan makanan kaya karbohidrat dan gula pada larut malam dapat meningkatkan kemungkinan karbohidrat ini disimpan sebagai lemak. Makan seporsi kecil makanan kaya protein seperti ikan, telur, kacang-kacangan dan sebagainya akan menyeimbangkan insulin Anda dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jadi mulailah berpuasa dengan pola makan yang baik untuk tujuan meningkatkan kesehatan, bukan malah menambah berat badan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes