Cek Metabolisme Anda!

Setelah tulisan saya terakhir tentang Pengaruh Metabolisme terhadap Pembakaran Lemak, banyak pertanyaan masuk tentang cara menghitung Kalori sehari-hari. Meskipun saya sudah memberikan rumus untuk perhitungannya, saya menyadari bahwa cara menghitung seperti itu kurang praktis. Mengetahui metabolisme Anda adalah yang terpenting dalam proses diet. Metabolisme tubuh Anda adalah mesin Anda dan  apabila mesin Anda tidak jalan dengan benar atau masih tersendat-sendat dan tidak lancar makan diet Anda 100% akan gagal. Lalu apakah yang selanjutnya harus Anda lakukan? Saya ingin menggarisbawahi bahwa hal ini HARUS Anda lakukan apabila Anda ingin mencapai berat ideal Anda.

Cara paling mudah untuk mengecek metabolisme Anda adalah dengan mengenali diri Anda sendiri, berapa kali Anda makan dalam sehari? Orang normal makan tiga kali sehari, dan ada tambahan snack sebanyak dua atau tiga kali. Sebagai contoh, apabila Anda sarapan pukul 7 pagi dan makan siang pukul 12 siang, biasanya Anda akan merasa lapar pada pukul 10. Saat itu lah Anda memakan snack Anda. Tetapi apabila ternyata Anda sehari cuma makan seali dua kali saja, bahkan Anda bisa mengatakan bahwa Anda tidak lapar, buat apa makan kalau tidak lapar, itu berarti metabolisme Anda belum disetel secara benar.

Atau banyak dari Anda yang mencoba mengatur diet Anda tetapi tetap saja tidak berhasil menurunkan berat badan walaupun sudah disertai dengan olahraga yang ‘menurut Anda’ juga sudah sangat berat, maka ada satu hal yang perlu Anda cari tahu, apakah metabolisme Anda sudah benar.

Dua hal yang paling penting dalam menilai metabolisme Anda. Yang pertama sudah sangat sering saya bahas yaitu frekuensi makan Anda dalam sehari. 5-6x adalah keharusan dalam meningkatkan metabolisme Anda. Dan yang kedua adalah berapa kalori yang Anda konsumsi dalam satu hari. Rumus untuk perhitungan kalori ada di artikel saya yang terakhir tetapi untuk cara yang lebih praktis adalah dengan mengunjungi website saya, www.duniafitnes.com. Pilih menu Tools dan gunakan BMR Calculator.

BMR Calculator disitu bisa Anda gunakan untuk menghitung kebutuhan Kalori Anda dalam sehari apabila Anda ingin menjaga berat badan Anda dan berapa kebutuhan Anda apabila ingin menurunkan berat badan. Masukkan Umur, Tinggi dan Berat Anda untuk mulai menghitung. Setelah Anda tahu kebutuhan Anda selama sehari, buatlah jurnal makanan yang Anda masukkan ke mulut Anda selama beberapa hari. Idealnya adalah 4-7 hari supaya Anda bisa mendapatkan nilai rata-rata dari makanan yang Anda konsumsi.

Kemudian Anda bandingkan jumlahnya dengan hasil perhitungan dari BMR Calculator. Apabila kalori dalam jurnal Anda terlalu besar berarti Anda akan bertambah gemuk. Dalam semua kasus client saya, sangat jarang untuk orang yang konsumsi kalorinya terlalu tinggi karena mereka sudah mencoba mengurangi makanannya. Yang sering terjadi adalah makanan yang mereka makan bahkan terlalu sedikit. Jauh lebih sedikit dari kalori yang seharusnya dikonsumsi. Apabila hal ini yang terjadi, tubuh Anda akan kekurangan gizi dan tidak akan bisa membakar lemak, bahkan kemungkinan yang sering terjadi adalah tubuh Anda malah akan menimbun lemak karena takut kelaparan. Usahakan konsumsi kalori Anda setiap harinya sesuai dengan perhitungan dari BMR Calculator Anda.

Anda harus menginvestasikan waktu Anda untuk belajar mengenali Kalori dari makanan yang Anda makan setiap harinya. Anda harus sekolah bertahun-tahun untuk bisa bekerja mencari nafkah, tentunya Anda harus belajar mengenali apa yang Anda konsumsi untuk mendapatkan berat dan bentuk badan yang ideal. Ketika Anda sudah berhasil mengatur makan mendekati kalori yang seharusnya tiap hari Anda makan, maka Anda sudah mulai mendekati proses perbaikan metabolisme Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes